BISNIS
 

5+ Perusahaan Kosmetik dan Skin Care Terbesar di Indonesia

by Rifda Arum Adhi Pangesti - 08 Jul 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Dewasa ini, muda-mudi sudah makin aware dengan kesehatan kulit wajah maupun tubuh mereka. Alhasil, industri kosmetik dan skincare pun mengalami pertumbuhan pesat. Perusahaan kosmetik dan skincare lokal ini berlomba-lomba membuktikan bahwa produk mereka berkualitas serta cocok untuk kebutuhan kulit konsumen Indonesia. 

Nama-nama perusahaan ternama seperti PT Paragon, Mustika Ratu, dan PT Ika Farma menjadi contoh bahwa produk lokal juga mampu bersaing dengan impor. Memangnya, apa saja sih perusahaan kosmetik dan skincare terbesar di Indonesia? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Perusahaan Kosmetik dan Skin Care Terbesar di Indonesia

 

1. PT Paragon Technology and Innovation

Perusahaan kosmetik dan skincare terbesar di Indonesia pasti PT Paragon Technology and Innovation. Mulanya bernama PT Pusaka Tradisi Ibu sejak tahun 1985 oleh Nurhayati Subakat. FYI, Beliau memang lulusan jurusan farmasi sehingga segala produknya selalu dikembangkan sebaik-baiknya dengan memperhatikan kondisi kulit masyarakat Indonesia.

Banyak merek terkenal dari perusahaan ini yang masih populer di pasaran seperti Emina, Wardah, Emina, Make Over, Kahf, dan lainnya. Emina ditargetkan untuk para remaja yang tengah belajar skincare dan kosmetik. Wardah ditargetkan pada konsumen muslim. Make Over ditargetkan untuk wanita dewasa yang selalu mengikuti tren kecantikan terkini. Sementara merek Kahf ditujukan untuk para laki-laki. 

 

2. PT Mustika Ratu Tbk (MRAT)

PT Mustika Ratu Tbk, didirikan oleh Mooryati Soedibyo pada tahun 1975, terkenal dengan produk-produk berbasis ramuan tradisional Jawa. Didirikan sejak tahun 1975 oleh Mooryati Soedibyo. Perusahaan ini bahkan sudah memperluas distribusi produknya hingga luar negeri. Mulai dari Selandia Baru, AS, Kanada, Tiongkok, dan Bulgaria. 

Pada tahun 2021, perusahaan kosmetik dan skincare ini membagi menjadi 2 bidang divisi yakni Kecantikan dan Perawatan Tubuh; dan Jamu & Perawatan Kesehatan. 

Merk yang paling terkenal adalah Mustika Ratu untuk semua produk skincare, hair care, dan make-up; serta Oral Care untuk produk kesehatan. 

 

3. PT Vitapharm

Produk kecantikan dan skincare legendaris, Viva Cosmetics, dinaungi oleh perusahaan ini sejak tahun 1962. Viva Cosmetics menawarkan berbagai produk kecantikan dan skincare dengan harga relatif murah, tetapi tetap berkualitas. Mulai dari hand serum, face mask, eyeliner, fresh cleanser, hingga color correcting primer. 

 

4. PT Martina Berto Tbk (MBTO)

PT Martina Berto Tbk didirikan sejak tahun 1988 dengan merek paling terkenal adalah Marta Tilaar. Merek ini berfokus pada produk kecantikan, skincare, dan obat tradisional. Produk-produknya menggabungkan bahan-bahan alami lokal dengan teknologi mutakhir. 

Beberapa merek yang masih dikenal di drugstore: Sariayu, Dewi Sri Spa, Mirabella, Rudy Hadisuwarno, Professional Artist Cosmetics, dan lainnya. 

 

Baca Juga: Perusahaan Kosmetik di Indonesia, Tertarik Beli Sahamnya?

 

5. PT Kino Indonesia Tbk (KINO)

PT Kino Indonesia Tbk juga menjadi perusahaan kosmetik dan skincare terbesar di Indonesia, yang bahkan turut memproduksi makanan serta minuman. Didirikan oleh Harry Sanusi sejak tahun 1991. Saat ini, karyawannya telah mencapai lebih dari 4 ribu orang. 

Dapat dikatakan, PT Kino Indonesia Tbk ini raksasa untuk ukuran perusahaan kosmetik dan skincare. Berikut ini beberapa merek dan produk yang dihasilkan perusahaan tersebut:

  • Perawatan rambut: Ellips, Samantha, Sasha, 
  • Skincare: Ovale, Ristra
  • Parfum: Eskulin
  • Perawatan bayi: Sleek Baby
  • Perawatan anak: Eskulin Kids, B&B, Master Kids
  • Obat-obatan: Cap Kaki Tiga Pharma, Q-Life
  • Makanan ringan: Kino Nastar, Snackit Pia 100, Snackit Marshmallow
  • Permen: Kino Candy, Chew Chew Ball

 

6. PT Mandom Indonesia Tbk (TCID)

Sebenarnya, induk perusahaan ini adalah Mandom Corporation dari Jepang. Namun, cabangnya di Indonesia telah beroperasi sejak tahun 1969. Merek yang paling terkenal adalah Gatsby dan Pixy. 

Gatsby menjadi produk perawatan rambut dan tubuh untuk kalangan pria muda. Sementara Pixy menjadi produk kosmetik dan skincare untuk kalangan wanita. 

 

7. PT Rohto Laboratories Indonesia

Sama seperti sebelumnya, PT Rohto Laboratories juga memiliki induk perusahaan di Jepang yang kemudian bercabang di Indonesia. PT Rohto Laboratories Indonesia masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 1934 dengan berbagai produk kecantikan, skincare, dan kesehatan. Berikut ini beberapa merek dan produk dari perusahaan:

  • Obat mata: Rohto
  • Haircare: Selsun
  • Health care: Mentholatum AD
  • Lip care: Lip Ice, Lip On Lip, Khalisa
  • Skincare: Hada Labo, Oxy, Skin Aqua, Acnes Treatment

 

8. PT Natural Nutrindo

PT Natural Nutrindo adalah perusahaan yang menaungi merek Sensatia Botanicals, produk skincare premium yang berbasis bahan-bahan alami. Didirikan sejak tahun 2000 yang mulanya hanya memproduksi sabun mandi dari minyak kelapa. 

Berbagai produk Sensatia Botanicals ini berupa facial cleanser, facial scrub, moisturizer, facial serum, massage oil, deodorant, bubble bath, body lotion, pasta gigi, hingga kebutuhan bayi dan ibu hamil. 

Sensatia Botanicals menawarkan berbagai produk perawatan kulit yang alami dan ramah lingkungan, yang telah mendapatkan pengakuan di pasar internasional. 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO