ARTIKEL
 

Sideways Pada Saham: Identifikasi Trend dan Strategi Trading

by Dany Mauriz Gibran - 02 Dec 2021 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Sideways saham adalah sebuah tren pergerakan saham yang menunjukkan kondisi ketika harga saham berada pada kisaran yang sama, pada periode tertentu.

Nah, Kawan Visto yang sedang trading, pasti tahu kondisi sideways pada saham, yang mungkin sering ditemui. 

Sideways pada saham juga bisa digambarkan sebagai pergerakan yang tidak membentuk titik tertinggi, atau penembusan di atas harga tertinggi sebelumnya. Jika hal tersebut terjadi, maka akan menunjukkan breakout resistance. 

Begitupun sebaliknya, di mana sideways juga merupakan pergerakan yang tidak membuat titik terendah di bawah level support sebelumnya. 

Tapi, jika suatu saat harga saham menembus area support dan menutup harganya disitu, kemungkinan akan menjadi trend bearish.

Nah, tren datar juga sering ditemukan pada pasar saham, diantaranya IHSG, LQ45, atau IDX30. Tidak hanya saham, 

Namun, sideways juga tidak hanya bisa terjadi pada aset saham. Karena, tidak menutup kemungkinan bahwa sideways juga bisa terjadi pada instrumen investasi apapun, termasuk obligasi, komoditas, sampai valuta asing.

 

Baca juga: Ciri Saham yang Akan Masuk ke Fase Sideways Panjang

 

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Trend Sideways?

Untuk mengetahui trend sideways, caranya gampang! Kamu hanya perlu mengetahui level support dan resistance terlebih dahulu. Caranya, yakni dengan cara menggambar garis pada area tersebut.

Biasanya, pada trend yang sedang datar, area support adalah tempat yang dipilih pembeli, untuk masuk kembali. Sehingga, mereka tidak akan membiarkan harga jatuh di bawah level itu.

Pasar sideways pada saham adalah suatu harga yang terhimpit, pada dua level resistance dan support tersebut.

Terkadang, mungkin juga akan naik ke atas atau ke bawah level tersebut, tetapi tidak serta merta menembus level, yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Jika harga melebihi area resistance, kemudian menembus harga tertinggi sebelumnya, maka pasar sideways akan berakhir dan membuat trend baru yang bernama uptrend.

Sebaliknya, jika harga jatuh melewati area bawah level support, ini menandakan akhir dari pasar sideways, yang menjadi awal trend turun atau downtrend.

 

Baca juga: Volume Saham: Penjelasan, Cara Baca, & Strategi Indikator

 

Strategi Trading saat Sideways pada Saham

Kalau pasar lagi sideways, gimana cara tradingnya? Nah, jika pasar sideways pada saham terjadi, hal tersebut adalah salah satu kondisi yang mungkin sulit untuk menghasilkan keuntungan, terlebih bagi trader harian.

Bahkan, jika kamu bertemu dengan kondisi market seperti ini, akan lebih baik menunggu sampai ada konfirmasi breakout support atau resistance.

Untuk melakukan strategi saat sideways, diharapkan kamu bisa lebih sabar. Karena, jika kamu sabar, pasar akan mengungkapkan arah mana yang akan dituju selanjutnya.

Hal ini sangat penting untuk memperhatikan sentimen, yang membuat pasar tersebut menembus area bawah atau atas. Jika kamu ragu, cara terbaik untuk trading saat sideways pada saham adalah dengan melakukan diversifikasi. 

Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan terlalu banyak uang atau mendapatkan terlalu banyak saat breakout.

Sebagian besar investor menunjukkan bahwa lebih penting untuk memiliki alokasi aset yang tepat. Daripada mencoba dan mengatur waktu pasar dengan benar.

Saat pasar bergerak secara datar, inilah saat yang tepat untuk menyeimbangkan kembali alokasi kamu.

 

Kelebihan Trading Saat Sideways Pada Saham

 

1. Struktur Market Jelas

Kelebihan momen sideways pada saham yang pertama adalah memiliki level support dan resistance yang jelas. Di mana, bisa menghilangkan kebingungan pada saat menetapkan entri dan menutup transaksi. 

Misalnya, seorang trader dapat membeli saham ketika harganya menguji support. Setelah itu, mereka menentukan target keuntungan pada resistance terdekat.

Letak stop-loss yang kalian tentukan, harus dibawah level support terdekat dan dilebihkan sedikit kebawah.

 

2. Risiko dan Kontrol

Kelebihan yang selanjutnya adalah terkait risiko dan kontrol, di mana pedagang bisa mengambil keuntungan pada saat sideways. Namun, keuntungan tersebut relatif kecil ketika kondisi tersebut.

Oleh karena itu, setiap perdagangan, biasanya tidak dibuka selama lebih dari beberapa hari atau minggu. 

Hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan posisi terkena dampak negatif, oleh trend bearish atau peristiwa berita yang tidak terduga, seperti ekonomi yang buruk. 

Trading di pasar sideways, memungkinkan trader untuk menutup posisi terbuka sebelum pengumuman perusahaan, seperti laporan pendapatan, dan masuk kembali saat harga saham kembali ke support.

 

Batasan Trading Sideways pada Saham

 

1. Biaya Transaksi Lebih Tinggi

Pada perdagangan di pasar sideways, biasanya menghadirkan lebih banyak peluang perdagangan, daripada perdagangan tren.

Saat harga saham bergerak dalam kisaran, pedagang dapat terus membeli di support dan menjual di resistance.

Perdagangan yang sering menghasilkan komisi yang memakan keuntungan pedagang. Trader yang menggunakan strategi rentang-terikat tidak memiliki keuntungan membiarkan keuntungan mereka berjalan untuk mengimbangi biaya komisi.

 

2. Memakan Waktu

Sering membeli dan menjual sekuritas untuk mencari keuntungan di pasar sideways memakan waktu. Trader perlu menentukan entry dan exit mereka serta menempatkan order stop-loss.

Setelah memasuki perdagangan, itu harus dipantau dengan cermat untuk memastikan eksekusi yang benar. Banyak pedagang punya strategi yang efisien agar perdagangan mereka tidak menghabiskan banyak waktu. Juga, untuk menghindari duduk di depan monitor sepanjang hari.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO