ARTIKEL
 

33 Perusahaan & Saham Sektor Energi Terdaftar di BEI

by Estrin Vanadianti Lestari - 22 Feb 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Indonesia kaya akan sumber daya alam, penghasil energi! Ya, penyataan itu memang benar adanya. Bahkan, saat ini sudah ada banyak perusahaan energi di Indonesia, baik sudah melantai di bursa efek maupun belum.

Kalau mau mengincar saham perusahaan energi di Indonesia, maka kamu harus tahu dan paham, perusahaan apa saja yang masuk sebagai perusahaan energi.

 

Definisi Perusahaan Energi

Perusahaan energi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi, distribusi, dan penjualan energi. Energi yang dimaksud dapat berupa minyak bumi, gas alam, batubara, listrik, panas bumi, tenaga surya, angin, dll.

Perusahaan energi dapat berbentuk perusahaan milik negara atau perusahaan swasta yang beroperasi dalam skala nasional maupun internasional.

Perusahaan energi memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara karena dapat memberikan sumber daya yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas ekonomi dan kebutuhan dasar masyarakat. 

 

Produk yang Dihasilkan Perusahaan Energi

Produk yang dihasilkan oleh perusahaan energi dapat beragam tergantung jenis perusahaan yang dimaksud. Beberapa contoh produk yang dihasilkan oleh perusahaan energi antara lain:

  • Minyak Bumi dan Gas Alam: Perusahaan energi yang bergerak dalam bidang produksi minyak dan gas bumi akan menghasilkan produk minyak mentah, gas alam, dan produk turunan minyak seperti bensin, solar, dan LPG.
  • Batubara: Perusahaan energi yang bergerak dalam bidang produksi batubara akan menghasilkan produk batubara untuk digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik dan industri.
  • Listrik: Perusahaan energi yang bergerak dalam bidang produksi dan distribusi listrik akan menghasilkan produk listrik yang dapat digunakan oleh masyarakat dan industri.
  • Energi Terbarukan: Perusahaan energi yang bergerak dalam bidang produksi energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan panas bumi akan menghasilkan produk listrik yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan.
  • Pupuk: Perusahaan energi yang bergerak dalam bidang produksi pupuk akan menghasilkan produk pupuk yang dapat digunakan untuk pertanian.
  • LNG: Perusahaan yang bergerak dalam bidang importasi gas alam cair akan menghasilkan produk LNG (Liquefied Natural Gas)
  • Produk Petrokimia: Produk yang dihasilkan dari proses pengolahan minyak mentah menjadi produk-produk kimia.

Nah, kalau sudah tahu jenis-jenis produk energi yang dihasilkan, pasti sudah punya bayangan dong, perusahaan apa saja, yang masuk sebagai perusahaan energi di Indonesia?

Contohnya mudahnya adalah PT Pertamina, yang menghasilkan minyak bumi dan gas, sebagai energi berupa pembakaran untuk kebutuhan sehari-hari, seperti untuk bahan bakar kendaraan.

Apa cuma PT Pertamina? Tentu tidak! Yuk intip deretan perusahaan energi di Indonesia, khususnya yang sudah resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

33 Perusahaan Energi di Indonesia Terdaftar BEI

 

  1. PT Adaro Energy Tbk - ADRO

PT Adaro Energy Tbk adalah perusahaan swasta yang beroperasi pada Juli 2005, dan bergerak dalam bidang pertambangan, perdagangan, jasa kontraktor pengembangan, infrastruktur hingga logistik batubara, dengan kode saham ADRO. ADRO IPO pada tanggal 16 Juli 2008, dan per tanggal 24 Januari 2023, harga per lembarnya adalah Rp3.240.

 

  1. PT Bayan Resource Tbk - BYAN

Sama seperti ADRO, PT Bayan Resources Tbk dengan kode saham BYAN, adalah salah satu produsen batu bara di Indonesia. Ia dikenal memproduksi batu bara sulfur ramah lingkungan, yang berlokasi di Kalimantan Timur dan Selatan. Saham BYAN IPO pada tanggal 12 Agustus 2008., dan harga per lembarnya saat ini adalah Rp21.675 (24 Januari 2023).

 

  1. Delta Dunia Makmur Tbk - DOID

Selanjutnya ada perusahaan energy PT Delta Dunia Makmur Tbk, yang fokus investasi pada jasa penambangan. Perusahaan dengan kode saham DOID ini mulai beroperasi pada tahun 1992, dan saat ini harga per lembarnya berada di angka Rp300 (24 Januari 2023).

 

  1. Indika Energy Tbk - INDY

Hampir sama dengan DOID, PT Indika Energy Tbk juga merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, konstruksi, pertambangan, transportasi dan jasa. Perusahaan dengan kode saham INDY ini mulai beroperasi pada tahun 2004, dan harga per lembarnya saat ini adalah Rp2.630 (per 24 Januari 2023).

 

  1. Harum Energy Tbk - HRUM

Perusahaan yang mulai beroperasi pada tahun 2007 ini, bergerak dalam bidang operasi dan investasi pada industri pertambangan, perdagangan dan jasa batu bara, melalui anak perusahaan. Harga saham HRUM saat ini adalah Rp1.755 per lembar (per 24 Januari 2023).

 

  1. GTS Internasional Tbk - GTSI

Didirikan pada tahun 1986, perusahaan ini dulunya adalah PT Humpuss Intermoda Transportasi (PT HIT). Bergerak di bidang bisnis pengiriman LNG (gas alam cair), tahun 2013 PT GTSI memutuskan menjadi entitas terpisah dari mitranya. Saat ini, harga saham GTSI per lembarnya adalah Rp55 (24 Januari 2023).

 

  1. AKR Corporindo Tbk - AKRA

PT AKR Corporindo Tbk dengan kode saham AKRA ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi minyak bumi kepada pelanggan industri, lalu juga distribusi sekaligus perdagangan produk kimia yang biasa digunakan oleh industri di Indonesia. Saham AKRA IPO pada tanggal 3 Oktober 1994 dan harga saat ini adalah Rp1.325 (24 Januari 2023).

 

  1. Darma Henwa Tbk - DEWA

Sebelum menjadi PT Darma Henwa Tbk, dulunya perusahaan Iin bernama PT HWE Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa kontraktor penambangan umum, yang mulai beroperasi pada tahun 1996. Saham DEWA IPO pada 26 September 2007, dan saat ini harga per lembarnya adalah Rp55 (24 Januari 2023).

 

  1. Elnusa Tbk - ELSA

Perusahaan dengan kode saham ELSA ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa hulu migas, dan melakukan investasi saham pada anak perusahaan dan perusahaan Joint venture yang juga bergerak di beberapa industri. Harga saham perusahaan yang IPO pada 6 Februari 2008 ini, adalah Rp318 per lembarnya (24 Januari 2023).

 

  1. Dian Swastatika Sentosa Tbk - DSSA

Perusahaan yang mulai beroperasi secara komersial pada 1998 ini, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan listrik, perdagangan, real estat, infrastruktur, dan jasa konstruksi. Saham DSSA sendiri IPO pada 10 Desember 2009, dan saat ini harga per lembarnya mencapai Rp38.000 (per 24 Januari 2023).

 

Sisanya ada di tabel ini yaa ..

 

23 Saham Energi di Indonesia

(Note: harga diambil pada tanggal 21 Februari 2023)

 

Nama Perusahaan

Kode

Harga 1 lembar

Indo Tambangraya Megah Tbk. ITMG Rp35,150
Golden Energy Tbk. GEMS Rp6,500
Prima Andalan Mandiri Tbk. MCOL Rp6,450
Petrosea Tbk. PTRO Rp5,050
Bukit Asam Tbk. PTBA Rp3,520
Perusahaan Gas Negara Tbk. PGAS Rp1,570
Samindo Resources Tbk. MYOH Rp1,520
Medco Energi Internasional Tbk. MEDC Rp1,065
Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. MBSS Rp1,045
Sillo Maritime Perdana Tbk. SHIP Rp1,000
Rukun Raharja Tbk. RAJA Rp940
Dana Brata Luhur Tbk. TEBE Rp755
RMK Energy Tbk. RMKE Rp745
Pelita Samudera Shipping Tbk. PSSI Rp625
TBS Energi Utama Tbk. TOBA Rp550
Resource Alam Indonesia Tbk. KKGI Rp398
Wintermar Offshore Marine Tbk. WINS Rp272
Indo Straits Tbk. PTIS Rp242
Soechi Lines Tbk. SOCI Rp182
Logindo Samudramakmur Tbk. LEAD Rp62
Ulima Nitra Tbk. UNIQ Rp61
Plataran Nasional Bina Buana Tbk BBRM Rp55
Sky Energy Indonesia Tbk. JSKY Rp52

 

Mau beli saham sektor energi? Buat pemula, kamu bisa coba buat beli saham yang nggak mahal-mahal dulu, sambil belajar, dan memahami grafik pelan-pelan.

Kamu, bisa beli saham yang kecil-kecil dulu. Bahkan, mulai dari Rp100 ribu! Jangan lupa, cari platform investasi yang aman dan terpercaya, seperti InvestasiKu untuk beli saham!

Selain aman dan terpercaya, InvestasiKu juga memiliki fitur-fitur unggul, yang mungkin tidak dimiliki platform investasi lain.

Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan point di setiap transaksinya lho! Point bisa kamu gunakan, untuk membeli saham, obligasi atau reksadana, dan juga untuk belanja di jaringan CT Corp!

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO