ARTIKEL
 

Cyclical Stock adalah: Karakteristik Khusus Beserta Contohnya!

by Dany Mauriz Gibran - 20 May 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Cyclical stock adalah saham yang harganya dipengaruhi oleh makroekonomi secara keseluruhan. Mereka cenderung naik selama ledakan ekonomi dan ekspansi, namun cenderung turun selama resesi.

Jika terjadi ekspansi bisnis atau pemulihan ekonomi, cyclical stock adalah saham yang bisa meningkat berkali-kali lipat. Karena, produk atau layanan dari emiten tersebut banyak masyarakat butuhkan.

Sebaliknya, jika resesi ekonomi terjadi, cyclical stock adalah saham yang mudah terjun secara drastis. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh perusahaan yang labanya ikut tergerus ketika gejolak ekonomi datang.

Ini berarti, cyclical stock adalah saham pergerakan harganya memiliki tingkat fluktuasi yang tinggi.

Mau Beli Saham Cyclical Stocks? Gampang! Download Aplikasi InvestasiKu aja!

 

Contoh Cyclical Stocks

Contoh soal dari cyclical stock adalah maskapai penerbangan. Ketika ekonomi kuat, masyarakat mampu melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang rute domestik sampai mancanegara.

Tetapi ketika masa-masa sulit seperti pandemi, orang-orang tidak melakukan perjalanan dan lebih memilih untuk fokus memiliki persediaan yang cukup. Akibatnya, perusahaan penerbangan mengalami kerugian yang cukup serius. Bahkan, hampir gulung tikar.

Setelah itu, saham perhotelan adalah contoh serupa. Sekali lagi, orang-orang cenderung mengurangi perjalanan dan menginap di hotel selama resesi. Atau, jika mereka pergi ke suatu tempat, mereka akan lebih cenderung tinggal bersama teman, keluarga, atau bahkan tidak menginap sama sekali daripada membayar untuk menginap di hotel.

Contoh bagus lainnya dari cyclical stock adalah pabrikan otomotif. Ketika waktu sedang bagus, Anda lebih cenderung berbelanja secara royal pada mobil baru ketika yang lama baik-baik saja. Tetapi ketika keadaan tidak begitu baik, Anda cenderung hanya memperbaiki mobil Anda saat ini.

 

Cyclical Stock Adalah Saham yang Memiliki Ciri-Ciri Khusus

Cyclical Stock adalah saham yang kebanyakan investor anggap fluktuatif daripada saham non-siklus atau defensif. Emiten tersebut cenderung lebih stabil selama periode resesi ekonomi. Namun, mereka menawarkan potensi pertumbuhan yang lebih besar karena mereka cenderung mengungguli pasar selama periode pemulihan ekonomi.

Investor yang mencari pertumbuhan jangka panjang dengan volatilitas terkelola cenderung menyeimbangkan portofolio mereka dengan campuran saham siklis dan saham defensif.

 

Saham Siklus vs Non-siklus

Kinerja cyclical stock adalah memiliki kecenderung untuk berkorelasi terhadap kondisi perekonomian suatu negara. Berbeda dengan saham non-siklus.

Saham-saham ini cenderung mengalahkan pasar terlepas dari tren ekonomi, bahkan ketika ada perlambatan ekonomi.

Saham non-siklus punya istilah sebagai saham defensif, kumpulan surat berharga ini termasuk dalam kategori kebutuhan pokok konsumen. Dengan barang dan jasa yang terus dibeli masyarakat melalui semua jenis siklus bisnis, bahkan pada saat krisis ekonomi.

Perusahaan yang berurusan dengan makanan, gas, dan air adalah contoh dari mereka yang memiliki stok non-siklus, seperti Walmart. 

Menambahkan saham non-siklus ke dalam portofolio bisa menjadi strategi yang bagus bagi investor. Karena membantu lindung nilai terhadap kerugian yang perusahaan alami selama perlambatan ekonomi.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO