ARTIKEL
 

Apa Itu Tick Saham dan Butuh Berapa untuk Take Profit?

BY Josua Lois Sinaga - 9/29/2022 1:08:00 PM - 3 MINS READ

 

Hai trader, untuk take profit kamu butuh berapa tick sih?

Nah, Kawan Visto sudah tahu belum, apa itu tick saham? Apa gunanya trader memahami istilah tick?

Pasalnya, istilah tick ini sering digunakan khususnya oleh para scalper atau trader harian, sebagai kemampuan dalam meraup keuntungan (take profit) atau agar mereka tidak merugi.

Dalam analisa tick saham, banyak juga para trader, yang menggunakan istilah fraksi harga saham. Jadi, kalau kamu nemu istilah tick dan fraksi, jangan bingung ya, karena maksudnya sama!

Nah, biar makin paham, yuk simak pengertian dari tick saham serta istilah lainnya yang berkaitan dengan tick.

 

Apa Itu Tick Saham?

Tick sendiri adalah sebuah pergerakan harga satu poin, baik bergerak ke atas maupun ke bawah, dari suatu saham yang bisa dilihat pada kolom bid dan offer.

Jadi, satu tick harga saham, nilainya akan berbeda dari harga saham tersebut, dan akan berbeda pula dalam hal persentasenya.

Sehingga, saham-saham yang memiliki harga murah, nilai persentasenya lebih besar, jika dibandingkan saham-saham yang harganya mahal.

Tick saham juga bisa disebut sebagai batasan satuan kelipatan harga saham, yang diperbolehkan di dalam aktivitas trading saham.

Satu tick harga saham, juga akan berbeda dengan satu tick di harga saham yang lainnya. Tapi, ada juga yang sama. Misalnya, satu tick harga di saham X, berbeda dengan satu di harga saham Y.

 

Aturan Tick Harga Saham Dibuat Oleh BEI

Aturan tick harga saham sendiri dibuat atau dikelompokkan oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia. Gunanya BEI bikin aturan ini buat apa? Yakni untuk melancarkan aktivitas perdagangan saham, agar lebih teratur sesuai mekanisme pasar saham.

Berikut kelompokkan tick atau fraksi harga saham dari BEI:

 

tabel tick saham

 

Maksud dan cara baca tabelnya gimana sih?

Jadi gini, untuk harga saham mulai dari 50-200, perbedaan satu tick-nya sama dengan Rp1. Untuk harga saham mulai dari 200-500, satu tick-nya sama dengan Rp2, begitupun seterusnya seperti yang tertera dalam tabel.

Nah, di sinilah para trader bisa mengetahui jumlah tick yang dibutuhkan, sesuai dengan saham yang dipilih, agar bisa mendapatkan keuntungan (take profit).

Di dalam praktiknya, harga saham yang murah, seperti Rp50 - Rp500 per lembar, mayoritas akan cenderung bergerak lebih bebas, jika dibandingkan dengan harga saham yang mahal.

Mengapa? Karena, para trader ritel atau MI (Manajer Investasi), dipastikan mampu untuk membeli saham-saham murah tersebut.

Sehingga, bisa membantu menggerakkan harga saham, baik hingga mencapai ARA (Auto Reject Atas) atau ARB (Auto Reject Bawah). Apalagi jika ada pemberitaan terkait saham tersebut, yang berdampak pada pergerakan harga saham.

 

Baca juga: Cara Mengetahui Harga Wajar Saham

 

Gunanya Tick dalam Saham

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa tick saham sendiri bisa dilihat pada kolom bid dan offer. Di kolom tersebut, trader bisa melihat jumlah bid dan offer lots, hingga split (jumlah orang yang sedang antri harga saham).

Cara melihat analisa bid offer juga mudah, yakni kalau banyak yang beli (angka bid tinggi), maka harga saham cenderung naik. Begitupun sebaliknya, jika banyak yang jual (angka offer tinggi), maka harga saham cenderung turun.

Lalu apa hubungannya analisa bid offer dengan tick saham?

Nah, sebagai trader harian, kamu bisa gunakan kedua analisa ini secara bersamaan. Yakni analisa tick dan analisa bid offer, yang dinamakan analisa Tape Reading.

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK