ARTIKEL
 

Review Saham UNTR: Sejarah, IPO, & Dividen

by Estrin Vanadianti Lestari - 06 Dec 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Kamu sudah tahu, kalau saham dengan kode UNTR itu, merupakan salah satu saham yang harganya mahal? Oke, buat Kawan Visto yang belum tahu, yuk kenalan lebih dalam lagi dengan saham UNTR.

Jadi, UNTR adalah saham yang diterbitkan dari PT United Tractors Tbk, yang bergerak di bidang distributor alat berat terkemuka dan terbesar di Indonesia. PT United Tractors Tbk ini, menyediakan produk alat berat dari berbagai merek-merek terkenal di dunia.

Sebut saja seperti:

  • Komatsu
  • UD Trucks
  • Scania
  • Bomag
  • Tadano
  • Komatsu Forest

 

Kapan United Tractor Berdiri?

PT United Tractor sendiri, pertama kali didirikan pada tanggal 13 Oktober 1972, dan perusahaan ini terus mengalami perkembangan yang pesat. Hingga akhirnya, PT United Tractor mencapai tonggak bisnisnya, dengan melakukan IPO pada tanggal 19 September 1989.

Perusahaan tersebut diketahui mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya sebagai PT United Tractors Tbk dengan kode saham UNTR. Selain itu, PT Astra International Tbk juga mejeng sebagai pemegang saham mayoritas di perusahaan ini.

 

Bergerak di Bidang Apa Perusahaan UNTR

Tidak bergerak hanya di satu unit bisnis kontraktor saja, UNTR ternyata menjalankan usahanya melalui lima unit bisnis utama.Mulai dari Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan, Pertambangan, Industri Konstruksi, dan Energi.

Nah, jika dilihat berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, untuk ruang lingkup kegiatan usaha UNTR, beserta entitas anak usahanya meliputi:

  • Penjualan dan penyewaan alat berat (Mesin konstruksi) beserta pelayanan purna jual
  • Penambangan dan kontraktor penambangan
  • Rekayasa
  • Perencanaan
  • Perakitan, dan pembuatan komponen mesin, alat, peralatan, dan alat berat
  • Pembuatan kapal serta jasa perbaikannya
  • Penyewaan kapal dan angkutan pelayaran
  • Industri konstruksi
  • Pembangkit listrik
  • Industri perikanan

 

PT United Tractor (UNTR) Anak Usaha dari ASTRA

Jika bicara saham dengan harga termahal di Indonesia, saat ini masih dipegang oleh BYAN, dan UNTR pun masuk sebagai salah satunya. Tapi, kalau bicara tentang salah satu grup bisnis terbesar dan terkemuka di Indonesia, UNTR juga masuk kedalam salah satunya.

Bagi yang belum tahu, PT United Tractors ini merupakan anak usaha dari PT Astra International Tbk (“Astra”). Saat ini, Astra menjadi salah satu grup usaha terbesar dan terkemuka di Indonesia.

Lingkup bisnis dari PT Astra International Tbk juga tidak hanya sebatas transportasi, tapi berdiri dengan jaringan layanan, menjangkau berbagai industri dan sektor. Jadi lingkup bisnisnya sangat luas ya guys, bahkan ada produk asuransi juga!

Saat ini, Astra sendiri memiliki saham UNTR sebesar 59,5% dan sisa sahamnya, dimiliki oleh publik.

 

Sejarah Saham UNTR dan Anak Bisnisnya

Tidak sampai di situ, karena masih ada sejarah lainnya dari saham UNTR yang perlu kamu ketahui, agar ketika kamu ingin memiliki saham ini, kamu sudah tahu babat, bibit, bobotnya.

Jadi, selain anak dari Astra, PT United Tractors (UNTR) ternyata juga memiliki anak perusahaan, bernama Acset Indonusa Tbk (ACST).

Perusahaan ini, dimiliki secara tidak langsung melalui PT Karya Supra Perkasa, di mana PT Karya Supra Perkasa (KSP) ini, juga tercatat di BEI dengan status perseroan terbatas.

Tidak hanya itu, semakin berkembang, PT United Tractor juga mengakuisisi beberapa perusahaan lainnya. Berikut informasinya:

  • 2008: PT United Tractor mengakuisisi PT Tuah Turangga Agung (TTA), lalu mendirikan PT Multi Prima Universal, sebuah layanan penyewaan mesin dan penjualan mesin bekas.

  • 2012: PT Tuah Turangga Agung (TTA) mengakuisisi PT Borneo Berkat Makmur. PT Piranti Jaya Utama memegang konsesi pertambangan di Kapuas, Kalimantan Tengah. Pada tahun yang sama, United Tractor Pandu Engineering (UTPE) mengakuisisi PT Perkasa Melati (saat ini menjadi PT Patria Maritime Perkasa) dan memasuki industri pembuatan dan perbaikan kapal di Batam, Kepulauan Riau.

  • 2014: Perusahaan melakukan restrukturisasi industri pertambangan, dimana seluruh anak perusahaan di bidang pertambangan dialihkan ke TTA, di mana perusahaan dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA), masing-masing memiliki 40-60% saham TTA.

  • 2015: Perusahaan melakukan akuisisi saham mayoritas, yakni PT Acset Indonusa Tbk dan mengekspansi ke sektor konstruksi. Selain itu, PAMA juga mengakuisisi 80% saham PT Sumbawa Jutaraya, perusahaan tambang emas yang berbasis di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

  • 2015: Perusahaan mendirikan PT Unitra Persada Energia untuk berekspansi ke pembangkit listrik. Pada tahun 2016, TTA mengakuisisi 80,1% saham PT Suprabari Mapanindo Mineral, sebuah waralaba pertambangan kokas yang berbasis di Kalimantan Tengah. (SNP).

 

Baca Juga: Top Gainer Saham: Pengertian & Strategi Tradingnya

 

Berapa dividen UNTR 2022?

Ada banyak emiten yang menginformasikan, bahwa sepanjang Oktober 2022 ingin membagikan dividen. Adapun, PT United Tractors Tbk (UNTR) memiliki jadwal cum date dividen pada 4 Oktober 2022 dengan recording date pada 6 Oktober 2022.

Berapa dividen yang diberikan saham UNTR di tahun 2022 ini? Saham UNTR membagikan dividen senilai Rp818 per saham, di mana hal tersebut merupakan dividen interim, yang akan dibagikan pada 24 Oktober 2022.

Saat IPO pada tahun 1989, UNTR menawarkan sahamnya kepada publik, melalui penawaran umum perdana sebanyak 2.700.000 saham, dengan nilai nominal Rp1.000 dan Rp7.250 per saham.

Saat ini, harga saham UNTR adalah Rp29.750 per 29 November 2022, dengan nilai transaksi Rp3,7 miliar, dan nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp113,3 triliun.

Gimana? Tertarik untuk beli saham UNTR? Yuk, beli saham UNTR pertamamu melalui platform saham online InvestasiKu! Investasi? Ya InvestasiKu!

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO