BISNIS
 

27+ Daftar Perusahaan Tambang Batubara di Kalimantan Timur

by Rifda Arum Adhi Pangesti - 28 Jun 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Pulau Kalimantan tak hanya terkenal dengan hasil hutannya saja, tetapi juga hasil tambang. Ada banyak perusahaan tambang khususnya batubara di Kalimantan Timur yang kebanyakan milik swasta. 

Produksi tambang batubara di Kalimantan Timur ini mampu mencapai angka lebih dari 50 juta ton setiap tahunnya. Angka tersebut meningkat setiap tahunnya bahkan kadang melebihi dari target. 

Pada Juli 2023 silam saja, produksi batubara di Indonesia mampu mencapai lebih dari 360 juta ton. Jumlah tersebut diklaim melebihi 51,93% dari target awal. Nah, berikut ini perusahaan tambang batubara di Kalimantan Timur.

27+ Perusahaan Tambang Batubara di Kalimantan Timur

  1. PT Bayan Resources Tbk (BYAN)
  2. PT Kaltim Prima Coal (KPC)
  3. PT Kideco Jaya Agung
  4. PT Berau Coal
  5. PT Multi Harapan Utama (MHU)
  6. PT Anugerah Bara Kaltim
  7. PT Adimitra Baratama Nusantara
  8. PT Kaltim Diamond Coal
  9. PT Alam Jaya Pratama
  10. PT Insani Bara Perkasa
  11. PT Gunung Bayan Pratamacoal
  12. PT Indominco Mandiri
  13. PT Mahakam Sumber Jaya
  14. PT Singlurus Pratama
  15. PT Trubaindo Coal Mining
  16. PT Santan Pratama 
  17. PT Jembayan Muara Bara
  18. PT Kartika Selabumi Mining
  19. PT Bharinto Ekatama
  20. PT Kideco Jaya Agung
  21. PT Arzara Baraindo Energitama
  22. PT Pasir Prima Coal Indonesia
  23. PT Gunungbayan Pratamacoal
  24. PT Karya Borneo Agung
  25. PT Madani Citra Mandiri
  26. PT Multi Harapan Utama
  27. PT Bara Kumala Sakti
  28. PT Interex Sacra Raya

 

Baca Juga: Daftar Perusahaan Milik Prabowo Subianto, Presiden Terpilih RI

 

Mengapa Kalimantan Timur Memiliki Banyak Tambang Batubara?

Setidaknya, terdapat lebih dari 20 perusahaan tambang batubara di Kalimantan Timur yang kemudian menyumbang produksi bahan tambang jutaan ton. Meskipun banyak perusahaan tambang batubara yang legal dengan izin resmi pemerintah, tetapi tidak sedikit pula yang ilegal. Sekitar 41% total cadangan batubara berada di Kalimantan Timur. 

Alasan mengapa di Kalimantan Timur memiliki banyak tambang batubara adalah karena faktor pembentukan alam pada wilayah tersebut. 

FYI, batubara adalah sumber daya alam yang terbentuk dari endapan organik sisa tanaman dalam waktu lama (bahkan hingga jutaan tahun) tanpa tekanan apapun. Bahan dasar utama batubara adalah gambut. Gambut merupakan lahan yang tertutup oleh tumbuhan mati dan terkompresi dalam perut bumi. 

Lalu, lihat lagi bahwa di Pulau Kalimantan memang memiliki banyak kawasan hutan lebat. Kawasan hutan tersebut memiliki banyak tumbuhan mati yang kemudian terendap di permukaan tanah hingga akhirnya membentuk cekungan. 

Lingkungan alam Pulau Kalimantan memang selalu basah sehingga tumbuhan dapat hidup dengan subur. Alhasil, pembentukan gambut pun semakin melimpah. Hal inilah yang menyebabkan Pulau Kalimantan memiliki banyak tambang batubara, hasil dari tanah gambut sejak jutaan tahun lalu. 

Apakah Pulau Jawa juga demikian? Tentu saja tidak. 

Sejak jutaan tahun lalu, Pulau Jawa justru berada di dalam laut. Saat terjadi aktivitas vulkanik seperti gunung meletus, Pulau Jawa pun terangkat ke atas permukaan daratan. 

Nah, pengangkatan secara tiba-tiba tersebut menyebabkan terbentuknya mineral. Hal itu karena memang mineral merupakan kapur dari sisa-sisa karang dan koral. 

 

Baca Juga: Profil MIND ID dan Daftar Anak Perusahaannya

 

Sejarah Perusahaan Tambang Batubara di Kalimantan Timur

Bermula pada tahun 1845 tepatnya saat masa kolonialisme. Para pedagang dari Inggris datang ke Kalimantan Timur tidak hanya untuk berdagang saja, tetapi juga meneliti keadaan tanah di sekitar Sungai Mahakam. Para pedagang Inggris tersebut menemukan fakta bahwa banyak lokasi di Kalimantan Timur yang mengandung lapisan batubara. 

Alhasil, muncul perjanjian antara pemerintah kolonial dengan pemerintah setempat untuk menelusuri jejak batubara. Pihak pemerintah kolonial tentu saja senang dengan adanya batubara di Kalimantan Timur sebab sumber daya alam tersebut sangat bermanfaat. 

Manfaat batubara di era kolonial adalah sebagai bahan bakar transportasi kereta api dan pabrik mesin uap. Pada abad ke-19 saja, batubara menjadi komoditas berharga bagi pemerintah kolonial. 

Pada masa tersebut, penggalian batubara belum menggunakan alat berat, melainkan oleh tangan para buruh. Mayoritas buruh batubara ini didatangkan dari Singapura dan Malaysia. Lalu, ada pula kuli lokal dari Jawa, Madura, Bugis, dan Dayak. 

Kamu juga bisa menanamkan saham pada deretan perusahaan tambang batubara di Kalimantan Timur tersebut melalui InvestasiKu. Kamu dapat memantau perkembangan grafik saham tersebut melalui aplikasi InvestasiKu yang aman ini. 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO