BISNIS
 

Daftar Perusahaan Milik Prabowo Subianto, Presiden Terpilih RI

by Rifda Arum Adhi Pangesti - 19 Jun 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Nama Prabowo Subianto akhirnya resmi disahkan sebagai presiden terpilih RI periode 2024-2029 oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal tersebut karena saat pemilu Februari 2024 silam, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh sekitar 58% persen suara. 

Riwayat karir Prabowo tak hanya berkecimpung sebagai politisi saja, tetapi juga pengusaha. Pada Oktober 2023, Prabowo dilaporkan memiliki harta kekayaan senilai Rp2,04 triliun!

Memangnya, apa saja sih daftar perusahaan milik Prabowo Subianto? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

11 Perusahaan Milik Prabowo Subianto

 

1. PT Kertas Nusantara

PT Kertas Nusantara menjadi perusahaan yang bergerak di industri pengolahan kertas dan bubur kertas. Luasnya 53.083 hektar, berlokasi di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. 

Sebelumnya, perusahaan ini adalah milik Bob Hasan. Lalu setelah dibeli oleh Prabowo Subianto, diganti namanya menjadi PT Kertas Nusantara. 

Pada tahun 2022 silam, berdasarkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah tercatat ada 20 perusahaan di Kalimantan Timur yang izinnya dicabut oleh Jokowi. Salah satunya adalah PT Kiani Lestari alias PT Kertas Nusantara ini. 

 

2. PT Tanjung Redeb Hutani

PT Tanjung Redeb Hutan bergerak di industri kehutanan. Didirikan sejak 1993 dan berlokasi di Berau, Kalimantan Timur. Memiliki luas mencapai 180.330 hektar.

Berhubung perusahaan ini berada di sektor kehutanan, maka administrasinya mencakup hutan Sambarata, hutan Suaran, hutan Tabalar, dan hutan Birang. 

 

Baca Juga: Berkshire Hathaway, Perusahaan Investasi Milik Warren Buffet

 

3. PT Belantara Pusaka

Perusahaan ini bergerak di industri kehutanan. Memiliki luas lahan sekitar 15.610 hektar yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. 

 

4. PT Tusam Hutani Lestari

PT Tusam Hutani Lestari (THL) bergerak di sektor kehutanan. Wilayah operasinya berada di Aceh Tengah, Bireuen, Bener Meriah, dan Aceh Utara. 

Perusahaan ini telah mengantongi Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Tanaman Industri berdasarkan SK.556/KptsII/1997. Melalui izin tersebut, menyatakan bahwa luas area kerja perusahaan ini sekitar 97.300 hektar. 

Izin usaha tersebut akan berakhir pada tahun 2035. 

 

5. PT Nusantara Kaltim Coal

Perusahaan ini beroperasi di sektor tambang batubara. Didirikan pada tahun 2005 dan memiliki luas 11.040 hektar di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. 

Pemegang saham dari perusahaan ini mayoritas berasal dari PT Nusantara Energindo Coal, sementara sisanya dimiliki oleh Prabowo Subianto sendiri. 

Saat ini, pemegang posisi direktur adalah Hendrik Lewerissa. FYI, pada pemilu 2024 silam, Hendrik menjadi bagian dari tim kampanye Maluku untuk pasangan Prabowo-Gibran. 

Sementara posisi presiden komisaris adalah Agoes Projosasmito. Nama Agoes Projosasmito pernah masuk ke peringkat ke-8 orang terkaya tahun 2023 versi majalah Forbes. 

 

6. PT Nusantara Energy

PT Nusantara Energy bergerak di bidang tambang prabowo, kelapa sawit, dan perkebunan. Didirikan pada tahun 2001. Luasnya mencapai 4.793 hektar berada di Berau, Kalimantan Timur. 

Posisi Direktur Utama dipegang oleh Didit Hediprasetyo selaku anak Prabowo. 

Dapat dikatakan bahwa ini menjadi perusahaan utama Prabowo dengan membawahi sekitar 27 perusahaan lokal maupun luar negeri. 

Di sektor perkebunan minyak kelapa sawit ada PT Tidar Kerinci Agung. 

Di sektor perikanan ada PT Jaladri Nusantara.

 

7. PT Nusantara Energindo Coal

Perusahaan ini beroperasi di sektor holding, khususnya tambang batubara. Saham paling banyak dimiliki oleh PT Ithaca Resources dan Prabowo Subianto sendiri. 

 

Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia, Menurut Forbes!

 

8. PT Erabara Persada Nusantara

Perusahaan ini bergerak di industri tambang batubara di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Luasnya mencapai 14.980 hektar.

Pemegang saham perusahaan ini adalah PT Nusantara Energi Coal sebesar 99,99% dan Prabowo Subianto sebesar 0,01%. 

 

9. PT Nusantara Wahau Coal

Perusahaan ini bergerak di sektor tambang batubara di Kutai Timur, Kalimantan Timur. Luasnya mencapai 14.890 hektar. 

Sahamnya dimiliki oleh PT Nusantara Energindo Coal dan Prabowo Subianto sendiri.

 

10. PT Jaladri Swadesi Nusantara

Perusahaan ini bergerak di sektor perikanan dan merupakan anak perusahaan dari PT Nusantara Energy. Didirikan sejak tahun 2001. 

Produksi yang paling terkenal dari perusahaan ini adalah ikan tuna sebesar 100 ton setiap bulannya. 

 

11. PT Tidar Kerinci Agung

Sebenarnya, perusahaan ini didirikan oleh ayah Prabowo yakni Soemitro Djojohadikusumo pada tahun 1984. 

Bergerak di industri perkebunan kelapa sawit dan minyak. Berlokasi di Sumatera Barat dan Jambi. 

PT Tidar Kerinci Agung memiliki hutan konservasi bernilai tinggi (HCV). Hutan jenis ini dapat mendukung pengembangan biomassa dan keberlanjutan energi.

 

Kekayaan Prabowo Subianto rata-rata didapatkan dengan terus menginvestasikan uangnya pada saham perusahaan-perusahaan ternama. Kamu juga bisa kok menanamkan saham di perusahaan-perusahaan tersebut. Segera saja cek di aplikasi InvestasiKu dan pantau bagaimana perkembangan bursa saham terbaru. Tenang saja, InvestasiKu ini diawasi oleh OJK sehingga jelas aman.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO