BISNIS
 

Profil MIND ID dan Daftar Anak Perusahaannya

by Rifda Arum Adhi Pangesti - 20 Jun 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Perusahaan BUMN yang bergerak di industri pertambangan ini tengah menjadi perbincangan di kancah sosial media. Hal tersebut karena Grace Natalie, politisi pendiri PSI, ditunjuk oleh Erick Thohir untuk menduduki posisi Komisaris di MIND ID. 

Tentu saja masyarakat banyak yang memprotes sebab menilai tindakan tersebut adalah bagian dari ‘bagi-bagi jabatan’. Yuk, simak ulasannya tentang profil perusahaan MIND ID dan apa saja daftar anak perusahaannya!

 

Profil MIND ID

MIND ID alias Mining Industry Indonesia merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan. Perusahaan ini berupaya mengelola potensi sumber daya alam khususnya mineral dan batubara. Selain itu, perusahaan ini juga memasarkan berbagai produk mineral tambang demi kemajuan masyarakat Indonesia. 

Awalnya, MIND ID didirikan pada November 2017 sebagai PT Inalum. Kala itu, PT Inalum menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang beroperasi di bidang industri peleburan aluminium. Pada tahun 2018, PT Inalum akhirnya memegang sekitar 51,23% saham dari PT Freeport Indonesia. 

Barulah pada tahun 2019, namanya berubah menjadi PT Mineral Industri Indonesia alias MIND ID. 

Produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini berupa bahan-bahan tambang. Mulai dari aluminium, emas, nikel, timah, batubara, tembaga, hingga bauksit. 

Disinyalir, MIND ID tidak hanya sebagai perusahaan BUMN bidang pertambangan semata. Bersama anak-anak perusahaannya, mereka berkontribusi dalam pelaksanaan beasiswa pendidikan. Salah satunya adalah program Beasiswa Diploma 1 di Akademi Masyarakat Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA). 

 

Posisi Komisaris dan Direksi di MIND ID

Posisi Komisaris

  • Komisaris Utama: Fuad Bawazier
  • Komisaris Independen 1:  Muhammad Munir
  • Komisaris Independen 2: Pamitra Wineka
  • Komisaris 1: Astera Primanto Bhakti
  • Komisaris 2: Grace Natalie
  • Komisaris 3: Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Posisi Direksi

  • Direktur Utama: Hendi Prio Santoso
  • Wakil Direktur Utama: Dany Amrul Ichdan
  • Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha: Dilo Seno Widagdo
  • Direktur Keuangan: Akhmad Fazri
  • Direktur Manajemen Risiko dan HSSE: Nur Hidayat Udin

 

Baca juga: Daftar Perusahaan Tambang Asing Di Indonesia

 

Tujuan dan Nilai Perusahaan MIND ID

Tujuan MIND ID

Meningkatkan kehidupan dan mengubah masa depan bersama. Melalui pertambangan akan sangat penting untuk perkembangan dunia dalam membangun peradaban manusia dengan memberikan arti lebih kepada negeri dan rakyat Indonesia.

Nilai-Nilai MIND ID

  • Akhlak: Hadir untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi negeri dengan mengutamakan profesionalisme, integritas serta bersinergi dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa depan.
  • Amanah: Memegang teguh kepercayaan yang diberikan.
  • Kompeten: Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.
  • Harmonis: Saling peduli dan menghargai perbedaan.
  • Loyal: Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.
  • Adaptif: Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan.
  • Kolaboratif: Membangun kerja sama yang sinergis.

 

Anak Perusahaan MIND ID

 

1. PT ANTAM Tbk

PT ANTAM Tbk alias PT Aneka Tambang Tbk beroperasi di 3 segmen usaha yakni nikel, emas, dan bauksit. 

Pada industri usaha nikel, PT ANTAM bergerak di Pomalaa, Sulawesi Tenggara dengan kapasitas 27 ribu ton nikel setiap tahunnya. 

Pada industri usaha emas, PT ANTAM memiliki pabrik pengolahan sekaligus pemurnian logam mulia. Pabrik ini menjadi satu-satunya di Indonesia dengan akreditasi Good Delivery List Refiner di London Bullion Market Association (LBMA).

Pada industri usaha bauksit, PT ANTAM memiliki pabrik pengolahan chemical grade alumina satu-satunya di Indonesia. Nah, MIND ID memiliki saham dari perusahaan ini sebesar 65%. 

 

2. PT BUKIT ASAM Tbk

PT Bukit Asam TBK bergerak di industri pertambangan batubara, jasa tambang, pembangkit listrik tenaga uap, hingga investasi. Saat ini bahkan perusahaan ini tengah berupaya mengembangkan usahanya ke hilirisasi batubara. 

Pada Desember 2018, total cadangan tambangnya sebesar 3,25 milyar ton. MIND ID memiliki saham dari perusahaan ini sebesar 65,93%. 

 

3. PT Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia beroperasi di bidang eksplorasi dan tambang khususnya pada tembaga, emas, dan perak yang ada di Papua. FYI, tambang di kawasan Grasberg, Papua ini menjadi salah satu wilayah pertambangan tembaga dan emas terbesar di dunia. 

Nah, MIND ID memiliki sekitar 51,2% saham di PT Freeport Indonesia. 

 

4. PT Timah Tbk

PT Timah Tbk menjadi anak perusahaan MIND ID yang bergerak di bidang pertambangan timah primer. Saat ini, anak perusahaan ini tengah mengembangkan teknologi untuk mengolah dan memurnikan mineral timah kadar rendah. 

MIND ID memiliki sekitar 65% saham di PT Timah Tbk.

 

MIND ID Resmi Jadi Pemegang 14% Saham PT Vale Indonesia

Pada Juli 2024 silam, MIND ID berhasil menjadi pemegang 14% saham PT Vale Indonesia (INCO) dan Sumitomo Metal Mining Co,. Ltd. (SMM). Hal tersebut sekaligus menjadikan MIND ID sebagai pemegang saham terbesar di Vale Indonesia. 

FYI, PT Vale Indonesia merupakan perusahaan tambang mineral, khususnya nikel. PT Vale Indonesia juga menjadi perusahaan produsen nikel terbesar kedua di dunia. 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO