ARTIKEL
 

Stock Split Adalah: Apa Alasan Perusahaan Melakukan itu?

by Dany Mauriz Gibran - 26 Nov 2021 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Apa itu Stock Split?

Stock split adalah ketika dewan direksi perusahaan menerbitkan lebih banyak saham kepada pemegang saham saat ini. Penerbitan tersebut dilakukan tanpa mengurangi nilai saham mereka.

Pemecahan nilai saham bisa meningkatkan jumlah saham yang beredar dan menurunkan nilai individu dari setiap saham. Sementara itu, jumlah saham beredar menjadi berubah. Penilaian keseluruhan perusahaan dan nilai saham investor masih tetap sama.

Misalnya, kamu memiliki satu saham tertentu. Jika perusahaan memutuskan stock split 2:1, perusahaan akan memberi kamu saham tambahan, tetapi setiap saham akan dihargai setengah dari jumlah aslinya.

Setelah pembagian, dua saham kamu akan bernilai sama dengan satu saham sebelum itu.

Download Aplikasi Investasi Saham InvestasiKu. Cuma butuh modal Rp 100.000 udah bisa kebeli banyak saham!

BACA JUGA: Buku Tentang Saham Terbaik yang Paling Dicari oleh Investor

Apa itu Reverse Stock Split?

Reverse Stock Split mengurangi jumlah saham perusahaan yang beredar. Kalau kamu punya 10 lembar saham di sebuah perusahaan, lalu perusahaan tersebut mengumumkan pemecahan nilai saham Split 2:1, kamu akan memperoleh lima lembar saham.

Nilai total saham akan tetap konsisten. Jika 10 saham dihargai Rp 5.000 per saham sebelum reverse split, lima saham akan dihargai Rp 10.000 per saham setelah reverse split. Dalam kedua kasus tersebut, nilai total investasi Anda tetap Rp 50.000.

Mengapa Perusahaan Melakukan Stock Split?

Stock split adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Antara lain:

  1. Bisa bertransaksi kembali jika harga turun terlalu jauh.
  2. Reverse Stock split mengkonsolidasikan saham kamu dengan cara memperoleh harga per saham yang lebih tinggi. Hal ini membuat anda tetap bisa berdagang di bursa saham.

Pemecahan nilai saham membantu memastikan lebih banyak orang dapat mengakses saham dan menjaga agar saham yang ada tetap likuid. Hal tersebut bisa membantu perusahaan bertahan dan pulih dari masa sulit.

Di sisi lain, reverse stock split sering bertujuan untuk membantu perusahaan memenuhi persyaratan minimum untuk tetap terdaftar di bursa.

Bagaimana Pemecahan Nilai Saham Mempengaruhi Investor?

Karena pemecahan nilai saham tidak mengubah nilai dasar investasi, mungkin saja kamu tidak melihat perubahan yang lebih substansial kecuali jumlah saham pada portofolio anda.

Menurut Amanda Holden, dia menyimpulkan bahwa tidak ada keuntungan khusus bagi mereka yang sudah punya saham, kepemilikannya juga tidak berubah. Kamu mungkin punya saham dua kali lebih banyak, tetapi harganya menjadi setengah.

Bagi mereka yang belum menjadi investor, pemecahan nilai saham dapat memberikan motivasi untuk membeli. Misalnya, jika kamu tidak mampu membeli saham BBCA sebelum pemecahan nilai saham bulan lalu, kamu mungkin bisa mendapatkannya sekarang.

Kata Holden, ketika investor banyak yang memborong saham tersebut, itu dapat menaikkan harganya, yang pada akhirnya meningkatkan nilai perusahaan, setidaknya untuk sementara.

Namun, lonjakan stok dan nilai total itu umumnya bersifat sementara. Untuk melihat keuntungan jangka panjang, Anda biasanya harus tetap memegang saham itu untuk mendapatkan keuntungan dari waktu ke waktu.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO