ARTIKEL
 

20+ Daftar Perusahaan Sektor Pertanian yang Listing di BEI

by Estrin Vanadianti Lestari - 29 May 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Beberapa saham di sektor pertanian yang populer di kalangan investor adalah AALI, LSIP, SIMP, SMAR, dan SSMS. Namun, di Bursa Efek Indonesia, terdapat puluhan perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan dan pertanian.

Daftar saham di sektor pertanian ini didasarkan pada Klasifikasi Industri yang dikeluarkan oleh BEI, khususnya sub industri Plantations & Crops. Ingin tahu saham-saham apa saja yang termasuk dalam kategori tersebut? Yuk, simak artikel berikut ini!

 

Apa Itu Perusahaan Pertanian?

Perusahaan pertanian adalah perusahaan yang beroperasi dalam sektor pertanian, yang melibatkan produksi, pengolahan, dan distribusi produk-produk pertanian. Perusahaan pertanian ini fokus pada kegiatan seperti pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan.

Dimana perusahaan pertanian dapat melibatkan berbagai jenis usaha, mulai dari pertanian skala kecil hingga perusahaan besar dengan operasi yang luas. Mereka dapat memproduksi berbagai jenis produk pertanian seperti:

  • Tanaman pangan (seperti padi, jagung, gandum)
  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Bahan baku industri (seperti kelapa sawit, karet, teh)
  • Produk peternakan (seperti daging, susu, telur)
  • Produk perikanan (seperti ikan, udang, kerang)

Tujuan perusahaan pertanian umumnya adalah untuk memenuhi permintaan pasar akan produk pertanian, baik di pasar lokal maupun internasional. Mereka juga berperan dalam memastikan keberlanjutan pasokan pangan, pengembangan teknologi pertanian, dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian.

Selain itu, perusahaan pertanian dapat memiliki berbagai jenis struktur kepemilikan, mulai dari perusahaan milik negara, perusahaan swasta, hingga usaha tani kelompok atau individu. Mereka juga dapat beroperasi dalam rantai pasokan pertanian, mulai dari produksi, pemrosesan, distribusi, hingga pemasaran produk pertanian.

 

Daftar Perusahaan Sektor Pertanian yang Tercatat di BEI

  1. PT PP London Sumatra Indonesia Tbk - LSIP
  2. PT Multi Agro Gemilang Plantation Tbk - MAGP
  3. PT Mahkota Group Tbk - MGRO
  4. PT Provident Agro Tbk - PALM
  5. PT Pradiksi Gunatama Tbk - PGUN
  6. PT Palma Serasih Tbk - PSGO
  7. PT Sampoerna Agro Tbk - SGRO
  8. PT Salim Ivomas Pratama Tbk - SIMP
  9. PT Sinar Mas Agro Resources And Technology Tbk - SMAR
  10. PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk - SSMS
  11. PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk - UNSP
  12. PT Bumi Teknokultura Unggul Tbk - BTEK
  13. PT Eagle High Plantations Tbk - BWPT
  14. PT Cisadane Sawit Raya Tbk - CSRA
  15. PT Dharma Satya Nusantara Tbk - DSNG
  16. PT FAP Agri Tbk - FAPA
  17. PT Wahana Pronatural Tbk - WAPO
  18. PT Golden Plantation Tbk - GOLL
  19. PT Gozco Plantations Tbk - GZCO
  20. PT Jaya Agra Wattie Tbk - JAWA

 

Perusahaan Sektor Pertanian Terbesar di BEI

 

1. PT Astra Agro Lestari Tbk - AALI

PT Astra Agro Lestari Tbk (Perseroan) adalah perusahaan di sektor pertanian. Awalnya berfokus pada perkebunan singkong, perusahaan ini kemudian berkembang menjadi perkebunan karet dan kelapa sawit.

Perusahaan ini telah menjadi salah satu perkebunan kelapa sawit terbesar dan terbaik yang dikelola dengan baik di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Mereka mengelola perkebunan kelapa sawit dengan total luas 287.604 hektar.

 

2. PT Andira Agro Tbk - ANDI

PT Andira Agro Tbk beroperasi di sektor perkebunan kelapa sawit, dengan fokus pada panen dan pengolahan tandan buah segar (TBS) di perkebunan mereka di Sumatera Selatan. Produk utama perusahaan ini termasuk crude palm oil (CPO) sebanyak lebih dari 27.663 ton dan palm kernel (PK) sebanyak lebih dari 7.143 ton.

 

3. PT Austindo Nusantara Jaya Tbk - ANJT

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan memiliki pabrik pengolahan untuk memproduksi CPO dan PK. Selain itu, perusahaan ini juga terlibat dalam produksi dan perdagangan sagu serta sumber daya energi terbarukan melalui anak perusahaannya.

 

4. PT BISI International Tbk - BISI

PT BISI International Tbk adalah perusahaan agribisnis yang berfokus pada produksi dan penjualan benih hibrida berkualitas tinggi untuk tanaman pangan dan hortikultura, serta agrokimia seperti pupuk dan pestisida.

Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis benih, termasuk benih jagung, padi, dan tanaman hortikultura. Salah satu merek terkenal dari perusahaan ini adalah benih jagung dengan merek BISI 18.

 

5. PT Bumi Teknokultura Unggul Tbk - BTEK

PT Bumi Teknokultura Unggul Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang bioteknologi pertanian, pengelolaan hutan, hutan tanam industri, dan perdagangan. Perusahaan ini terdiri dari tiga unit bisnis, yaitu unit bioplant, unit bioflora, dan unit biomedika.

Bagaimana Kawan? Tertarik dengan saham-saham perusahaan pertanian di atas? Yuk coba intip informasi, kinerja, hingga harganya di aplikasi InvestasiKu!

Kamu juga bisa sekaligus melakukan transaksi jual beli saham, di InvestasiKu mulai dari Rp100 ribuan aja. Bahkan, di setiap transaksinya juga bisa menghasilkan point, yang bisa digunakan untuk membeli saham hingga belanja di seluruh bisnis jaringan CT Corp!

 

 

Download InvestasiKu

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO