ARTIKEL
 

Cara Beli Saham Bank BRI (BBRI) & 7 Keuntungannya

by Dany Mauriz Gibran - 16 Jun 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Mau investasi saham, tapi maunya saham blue chip? Coba investasi saham BBRI saja! Kenapa tuh kalau boleh tahu?

Soalnya, saham BBRI menjadi salah satu saham yang masuk kategori saham blue chip, karena dapat memberikan keuntungan pada investornya. Keuntungan tersebut bisa berupa capital gain hingga dividen saham. Gimana? Tertarik?

 

Sekilas Tentang Bank BRI

Dikutip dari situs resmi bri.co.id, Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja tanggal 16 Desember 1895.

Seiring Negara Indonesia yang terus bertumbuh. Bank BRI mampu beradaptasi dan terus berinovasi untuk memenuhi segala bentuk kebutuhan layanan perbankan. Sekaligus tetap konsisten menjadi mitra utama bagi masyarakat Indonesia dalam mengembangkan perekonomiannya.

Fokus utama Bank BRI salah satunya memberikan pinjaman untuk UMKM di Indonesia. Perusahaan tersebut sangat berani dalam memberikan layanan tersebut. Sebab, kompetitor serupa memilih untuk mundur. Jadi, Bank BRI punya minim persaingan.

 

Saham BBRI Bergerak di Bidang Apa?

Bukan cuma saham BBCA yang sering jadi incaran, saham BBRI juga banyak diincar para investor. Terlebih, masih ada beberapa alasan lainnya, mengapa investor tertarik dengan saham BBRI yang bergerak di bidang perbankan ini.

 

Harga Saham BBRI Hari Ini

Per hari ini (13 Juli 2023), harga saham BBRI 1 lot ada di Rp545.000.

 

Cara Beli Saham BBRI Melalui InvestasiKu

Sebelum kamu beli saham, yuk download terlebih dahulu aplikasi investasi online InvestasiKu, dengan cara klik banner di bawah iniπŸ‘‡πŸ»πŸ‘‡πŸ»

download investasiku

1. Registrasi Data Diri

Nah, setelah sudah memiliki aplikasi InvestasiKu, kamu bisa langsung melakukan registrasi, dan login menggunakan username dan password.

Caranya mudah, tinggal isi:

  • Nama lengkap
  • Email aktif
  • Nomor handphone
  • Buat password
  • Konfirmasi password
  • Jangan lupa untuk ceklis syarat dan ketentuan.

Tidak sampai disitu, setelah sudah punya akun, kamu juga wajib buka rekening saham di InvestasiKu atau RDN.

 

2. Buka Rekening Dana Nasabah

Jika sudah selesai membuka akun, selamat! kamu tinggal satu langkah lagi dengan cara beli saham BBRI, yakni dengan membuka rekening dana nasabah (RDN).

Rekening RDN ini berfungsi untuk melakukan transaksi, di mana modal dan keuntungan nantinya ada di dalam saldo RDN kamu.

 

3. Verifikasi E-KYC

Untuk membuat rekening RDN, kamu wajib menjalani langkah ini. Pasalnya, pada langkah ini, kamu diwajibkan untuk mengambil gambar KTP.

Upayakan untuk mengambil gambar KTP terbaru, pada kondisi cerah agar terlihat jelas. Hal ini memudahkan InvestasiKu untuk memverifikasi KTP kamu.

 

4. Biometrik

Setelah ambil gambar KTP, langkah selanjutnya adalah pindai wajah sebagai sistem biometrik (selfie). Setelah itu, kamu hanya menunggu kurang lebih 1 hari jam kerja, jika tidak ada kendala.

Oke, jika rekening RDN sudah jadi, kamu bisa langsung top up saldo RDN mulai dari Rp100 ribu saja! Nah, kalau sudah masuk, RDN sudah aktif dan sudah ada saldo, kamu bisa langsung cari kode saham BBRI di InvestasiKu.

 

5. Cari Kode Emiten BBRI

Nah, untuk cara beli saham PT Bank Rakyat Indonesia di InvestasiKu, kamu bisa langsung cari kode sahamnya, yakni BBRI! Caranya, dengan klik logo “saham” dan ketik BBRI di kolom pencarian.

Nah, setelah memilih kode sahamnya, kamu bisa atur jumlah lot dan klik tombol “buy”. Nah, itulah langkah cara membeli saham PT Bank Rakyat Indonesia atau BBRI.


Ini Alasan Kenapa Investor Tertarik Saham BBRI

BRI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan atau finansial. BRI menawarkan pelayanan dan produk finansial, seperti tabungan, kartu kredit, pinjaman dan lainnya.

Selain itu, bisnis perbankan milik BRI ini berfokus pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Seperti yang diketahui, bisnis UMKM merupakan sumber yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi, di Indonesia.

Selanjutnya, BRI juga selalu update dalam hal teknologi, untuk mendukung pertumbuhan bisnis, dengan melakukan digital information secara efisien.

Tidak hanya itu BRI juga menjadi perusahaan perbankan yang melakukan prinsip ESG (Environment, Social, & Governance), yang merupakan patokan sebuah perseroan yang ingin tumbuh berkelanjutan dalam bisnis jangka panjang.

Alasan terakhir kenapa investor tertarik dengan saham BBRI adalah Bank BRI memiliki Customer Base terbesar, Network terluas, dan juga permodalan yang kuat.

Setidaknya BRI telah memiliki 8.647 jaringan kantor (data 2020). Adapun angka tersebut semakin turun dari tahun ke tahun, karena transisi digital demi bisa bertumbuh sesuai zaman.


Berapa Harga 1 Lot Saham BRI?

Saham BRI, dengan kode emiten BBRI merupakan surat berharga yang menjadi bukti seseorang, memiliki bagian modal suatu perusahaan tepatnya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa saham BBRI ini termasuk daftar Indeks LQ45, yang terkenal dengan kinerja perusahaan yang stabil. Maka tak heran jika BBRI masuk ke daftar saham blue chip.

Tidak hanya itu, Bank BRI juga memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp661,69 triliun. Jadi, wajar saja jika saham BBRI banyak diincar dan diborong oleh banyak investor. 

Saat ini, harga saham terupdate BBRI per 13 Juli 2023, berkisar Rp5.450 per lembarnya. Selain itu, saham BBRI juga berhasil mengalami kenaikan, khususnya periode sejak Oktober 2020 sampai November 2021.


Investasi Saham BRI untuk Pemula

Jadi, gimana cara beli saham BRI? Bagi pemula, memilih saham yang bagus seperti saham blue chip milik BRI, menjadi solusi aman. Terlebih, jika kamu sudah mengetahui resiko dari instrumen saham.

Ada banyak keuntungan dari investasi saham BBRI bagi pemula, yang bisa digunakan untuk mencapai berbagai tujuan finansial.

Misalnya seperti uang kuliah, pernikahan, sampai hari tua adalah salah satu hal yang sudah mereka pelajari. Semoga saja generasi milenial tetap konsisten secara jangka panjang untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

Jika kita lihat grafik historis pada bulan 18 mei 2020 lalu, harga saham BRI untuk 1 lot atau 100 saham hanya membutuhkan modal Rp220.000 atau satu lembar saham BRI seharga Rp2.200/saham.

Bayangkan jika kamu investasi saham BRI pada waktu itu sebesar 1 lot saja seharga Rp220.000 dan memetik hasilnya sampai sekarang pada tanggal 11 Oktober 2022 dengan harga sekitar Rp459.000, maka return yang akan kamu dapatkan hingga lebih dari 100%.

Tentu saja, momentum ini membuat semangat jiwa muda milenial yang masih pemula untuk mengejar keuntungan pada momentum yang akan datang. Dari tahun ke tahun, banyak orang yang bercita-cita sebagai investor muda.

Menurut laporan CNBC Indonesia per 31 Oktober 2019, jumlah investor di pasar modal mencapai 2,2 juta. Sekitar 60 persen dari data tersebut adalah investor pemula saham.

Jika kamu cocok dengan pilihan investasi saham BRI. Sebaiknya, kamu menganalisis grafik harga dan fundamental berupa laporan keuangan perusahaan BUMN tersebut.

Jika ingin menabung, mengalokasikan keuangan kamu kepada investasi saham BRI, bisa menjadi pilihan yang wajib kamu pertimbangkan nanti.

 

Baca juga: Cara Menggunakan Teknik Fibonacci Retracement

 

Keuntungan Investasi Saham BRI

 

1. Punya Market Cap Besar

Kapitalisasi besar merupakan salah satu kunci utama bagi seorang trader. Kebanyakan dari mereka lebih memilih transaksi jangka pendek. Karena apa? trader tidak ingin merupakan saham dari perusahaan besar dengan laba yang stabil.

Banyak dari trader tidak tertarik pada saham gorengan, karena memberikan risiko kerugian yang cukup besar. Pergerakannya juga cukup beresiko. Namun, keuntungannya juga besar.

Beda dengan Market Cap atau kapitalisasi pasar yang besar. Pergerakan harganya cukup stabil. Jika membuat suatu trend naik ataupun turun kapitalisasi besar tidak terjadi tiba-tiba.

 

2. Sudah Lama Aktif pada Bursa Saham

Meskipun, periode aktif suatu saham terbilang lama, tidak serta-merta menjadikan saham tersebut disebut blue chip. Jika suatu emiten sudah terlisting lama di bursa saham, biasanya emiten tersebut mengalami kenaikan laba dan perkembangan bisnis yang cukup signifikan. Hal itulah yang disebut saham blue chip.

 

3. Sering Ditransaksikan oleh Investor Maupun Trader

Kenapa orang banyak yang investasi saham BRI? Karena saham tersebut likuid. Sehingga, banyak investor sampai trader suka bertransaksi pada kode BBRI. 

Kamu pernah baca mengenai istilah LQ45? ini merupakan indeks saham likuid dan saham blue chip rata-rata terdaftar pada indeks ini. Investor pasti suka terjun pada LQ45.

 

4. Manfaat lain dari Investasi Saham BRI

Berinvestasi pada masa muda merupakan pilihan yang tepat. Itu berarti, kamu sudah punya rencana jangka panjang dalam hidup kamu.

Berinvestasi membutuhkan kedisiplinan, kamu harus mendorong diri untuk memiliki sikap yang disiplin.

Kemudahan Investasi Saham BRI bisa kamu dapatkan pada aplikasi InvestasiKu
Kamu bisa belajar banyak hal mengenai investasi, perencanaan keuangan dan hal lain yang berkaitan dengan saham.

Demikianlah informasi yang dari InvestasiKu terkait investasi saham di Bank BRI, selain berinvestasinya secara langsung, kamu juga bisa membeli saham BRI melalui platform InvestasiKu.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

Β© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO