ARTIKEL
 

Cara Beli Saham Beserta Langkah-langkahnya!

by Estrin Vanadianti Lestari - 29 May 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Orang-orang yang punya dan bisa beli saham, memang terlihat keren banget ya! Buat kamu yang awam dan pemula, juga bisa kok punya saham-saham di Indonesia seperti investor lainnya, yakni dengan cara beli saham di pasar modal berikut ini!

Nah, di artikel ini kamu juga akan mengenal dengan baik, bagaimana proses investasi saham di pasar modal, yang saat ini semakin familiar di kalangan masyarakat Indonesia.

Nggak perlu khawatir, cara beli saham di pasar modal saat ini sangat mudah, tidak seperti zaman dulu. Karena, kamu bisa beli saham di pasar modal melalui berbagai platform investasi online, seperti InvestasiKu!

 

Cara Beli Saham Indonesia

Saham sendiri merupakan salah satu instrumen investasi berupa bukti kepemilikan perusahaan dan penyertaan modal. Investor atau pemegang saham suatu perusahaan, juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Siapa yang bisa membeli saham? Semua bisa membeli saham, mulai dari mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, pebisnis, dan lainnya, asalnya sudah memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk).

 

  1. Pilih Perusahaan Sekuritas yang Kredibel

Pertama, cari dan pilih perusahaan sekuritas, sebagai perantara atau tempat kamu membeli dan melakukan transaksi saham, sekaligus membantu proses pembukaan RDN.

Jangan asal pilih, pastikan perusahaan sekuritas terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memiliki layanan yang lengkap dengan informasi biaya-biaya yang jelas.

Sampai saat ini, jumlah perusahaan sekuritas di Indonesia yang terdaftar OJK mencapai hampir 100 sekuritas. Perlu diketahui juga, bahwa setiap sekuritas memiliki kode masing-masing, kamu bisa cek kode broker saham.

 

  1. Buka RDN (Rekening Dana Nasabah)

Setelah memilih perusahaan sekuritas, kamu bisa buka RDN atau Rekening Dana Nasabah. Bukan rekening biasa, RDN ini digunakan untuk melakukan transaksi jual-beli di pasar modal.

Kamu bisa langsung registrasi RDN melalui perusahaan sekuritas, salah satunya di Mega Capital Sekuritas.

Caranya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan dokumen, mulai dari:

  • KTP
  • NPWP
  • Kitas atau Paspor untuk WNA
  • Foto depan buku tabungan

Setelah itu, ikuti proses registrasi sesuai dengan perusahaan sekuritas yang dipilih. Nah, kamu juga bisa melakukan registrasi pembukaan RDN secara online, misalnya melalui aplikasi InvestasiKu (PT Mega Capital Sekuritas).

 

  1. Top Up Saldo atau Deposit ke RDN

Jika rekening bank diperlukan minimal setoran awal, apakah RDN juga? Biasanya, nilai top up awal bank sekuritas adalah Rp100 ribu - Rp10 juta, tapi ada bank sekuritas yang tidak menetapkan minimum setoran awal, seperti Mega Capital Sekuritas.

Kamu bisa top up saldo RDN bank sekuritas Mega Capital Sekuritas, melalui aplikasi InvestasiKu, tanpa minimal setoran awal. Pasalnya, kamu bisa top up setoran awal sesuai dengan nominal harga saham yang akan kamu beli, per lot-nya.

Terlebih, di Indonesia memiliki aturan membeli saham minimal 100 lembar atau 1 lot. Artinya, 1 lot = 100 lembar saham. Mari intip contoh berikut!

Misalnya, kamu ingin membeli saham WXYZ, harganya Rp500 per lembarnya. Maka harga saham WXYZ per lot-nya adalah: Rp500 x 100 lembar = Rp50.000.

Akan tetapi, harga tersebut biasanya belum termasuk biaya-biaya, seperti biaya broker mulai dari 0,1% - 0,35% (tergantung perusahaan sekuritas).

 

  1. Beli Saham Melalui Aplikasi Investasi/Trading

Jika bicara aplikasi investasi atau trading sebagai platform jual beli saham, maka kamu bisa pilih aplikasi InvestasiKu. Mengapa InvestasiKu? Karena, dengan melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan transaksi saham secara online.

 

Berikut cara beli saham melalui aplikasi InvestasiKu:

  • Download aplikasi InvestasiKu dan registrasi: Menggunakan username dan password, lalu isi nama lengkap, email aktif, nomor handphone, buat password, konfirmasi password, jangan lupa untuk ceklis syarat dan ketentuan.
  • Buka RDN (jika belum punya): Dalam proses buka RDN di InvestasiKu, kamu wajib menjalani langkah verifikasi E-KYT (memverifikasi KTP kamu) dan Biometrik (pemindai wajah).
  • Top Up Saldo: Jika rekening RDN sudah jadi, kamu bisa langsung top up saldo RDN mulai dari Rp100 ribu saja! 
  • Cari kode emiten yang ingin dibeli: Misalnya, kamu ingin beli saham PT Bank Central Asia Tbk di InvestasiKu, maka kamu bisa langsung cari kode saham BBCA di kolom pencarian.
  • Klik tombol BUY: Setelah memilih kode sahamnya, kamu bisa atur jumlah lot dan klik tombol “buy”.

 

  1. Memantau Pergerakan Pasar

Bagaimana jika sudah berhasil membeli? Kamu harus tetap memantau pergerakan pasar saham, bahkan hal ini menjadi kegiatan wajib, dan harus rutin dilakukan.

Jika kamu rutin memantau pergerakan pasar, kamu bisa mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan. Misalnya, jika ada pergerakan yang mengharuskan kamu untuk cut loss, atau hold saham, sehingga kamu bisa meminimalisir kerugian.  

 

Keuntungan Beli Saham Pakai Investasiku

 

Registrasi Online 1 Hari Jadi

Proses registrasi cepat dan mudah, cukup siapkan smartphone atau perangkat yang mendukung (tab/laptop), dan jaringan internet yang lancar.

 

Trading Dapat Point

Keuntungan yang mungkin tidak dimiliki juga oleh aplikasi investasi lain adalah, InvestasiKu memiliki sistem point. Di mana para investor atau trader bisa mendapatkan point di setiap transaksi melalui aplikasi InvestasiKu.

Apa manfaat dari point yang sudah didapatkan? Nah, point yang sudah didapatkan, bisa digunakan kembali untuk transaksi saham di InvestasiKu, dan berbelanja di semua merchant jaringan CT Corp, seperti di Transmart, Baskin Robbin, Coffee Bean, Wendy’s dan lainnya.

 

Free Data Feed

Bursa Efek Indonesia, membebani biaya data feed (sejenis administrasi akses data saham) kepada semua investor, melalui perusahaan sekuritas. Tapi, ada beberapa sekuritas yang memberikan subsidi biaya data feed (free data feed), untuk para investornya seperti InvestasiKu (free biaya data feed bisa dinikmati, jika investor memiliki jumlah transaksi kurang dari Rp20 juta per bulan dan transaksi lebih dari Rp20 juta)

 

Fitur Smart Order

Bisa digunakan untuk melakukan transaksi beli maupun jual, dengan cara me-setting sendiri harga saham beserta jumlah lotnya, yang akan kamu beli atau jual. Bahkan, juga bisa menentukan di harga berapa akan take profit dan stop loss.

 

Fitur Good Till Cancel (GTC)

Bisa digunakan untuk memasukkan orderan jual atau beli saham, secara otomatis setiap hari. Di mana waktu transaksinya juga ditentukan oleh investor, dalam hal ini maksimal 30 hari.

 

Eduvest (Edukasi Investasi)

InvestasiKu menyediakan kanal eduvest atau edukasi investasi (berupa artikel) untuk belajar dan mendapatkan informasi edukasi terkait saham, dan lainnya.

 

Trading Lancar di MacBook

Bisa melakukan trading saham dengan lancar, di Macbook. Pasalnya, tidak semua sekuritas bisa mendukung aktivitas trading saham, melalui perangkat iOS atau Macbook.

 

 

beli saham di investasiku dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO