ARTIKEL
 

Main Saham Modal Satu Juta Beserta 7 Tips Pendukung

by Dany Mauriz Gibran - 19 Apr 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Main saham modal 1 juta bisa menjadi alternatif kamu untuk terjun ke dalam dunia investasi. Asalkan kamu bisa mempertimbangkan risiko dengan modal yang relatif kecil tersebut.

Sebenarnya, dari modal 100rb pun kamu bisa memulai berinvestasi saham di InvestasiKu. Dengan berbagai fasilitas lengkap mulai dari literasi finansial, rekomendasi saham terbaik setiap hari dan webinar.

Masyarakat sudah mulai menyadari bahwa investasi merupakan salah satu cara membuat hidup lebih baik. Langkah yang paling penting untuk mewujudkan impian tersebut adalah dengan memulai.

Sebelum memulai, alangkah baiknya kamu menerapkan tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memasuki pasar saham. Berikut lima tips yang akan kami terangkan:

1. Pakai Aplikasi Investasi Saham yang Terdaftar OJK dan Terbaik

Gunakan aplikasi trading saham terbaik yaitu investasiku. App ini sudah mendapatkan lisensi dari OJK. Terdapat banyak manfaat yang bisa kamu dapat jika menggunakan app ini. Jangan sampai pemula terjebak kedalam investasi bodong yang sudah kami ceritakan pada artikel sebelumnya. 

Sebelum kamu terjun ke dunia persahaman, gunakan aplikasi yang benar-benar terpercaya dan mampu menarik hasil keuntungan dalam hari yang sama.

Download Aplikasi InvestasiKu Sekarang! Dapatkan Dividen Lewat Saham!

2. Main Saham Modal Satu Juta Harus Punya Tujuan yang Jelas

Dibalik investasi yang kamu lakukan, pasti ada alasannya. Tanpa tujuan dan perencanaan, seseorang tidak bisa mengukur target dan keberhasilan apa yang ingin mereka capai.

Ketika Anda memasuki pasar saham, disarankan untuk berinvestasi atau trading. Semua itu tergantung toleransi anda terhadap resiko. Pada intinya, disiplin dan konsisten adalah kunci mencapai tujuan kamu.

3. Belajar Analisa Teknikal

Belajar candlestick dapat membuat kamu semakin mahir untuk mengambil keputusan beli saham. Dengan mempelajari analisa teknikal, kamu akan mudah mengidentifikasi kondisi pasar.

4. Pilih Emiten yang Berkinerja Baik

Karena kamu hanya bermain saham dengan modal satu juta, alangkah lebih baik kalau kamu pilih saham blue chip yang terkenal dan punya reputasi baik. Prospek emiten yang punya kinerja baik secara langsung dapat mengurangi resiko kamu untuk kehilangan banyak dana.

BACA JUGA:

5. Beli Ketika Ada Momentum

Tidak semua saham harus kamu beli, pilih lah yang memang berpeluang untuk memperoleh profit. Momentum terbaik untuk beli bisa kamu ketahui kalau sudah mahir membaca fundamental dan teknikalnya.

6. Berinvestasi Rutin Tiap Bulan

Cobalah untuk menyisihkan pendapatan setiap bulan untuk main saham. Walaupun modal awal kamu sebesar satu juta, tidak ada salahnya untuk rutin menabung agar return yang akan kamu dapat semakin besar. 

Semakin panjang jangka waktu investasi kamu, kamu mungkin akan masuk masa-masa sulit seperti floating loss sebelum harga akan pulih.

7. Diversifikasi

Alokasikan modal anda ke berbagai aset, sektor pasar dan jenis saham yang berbeda. Hal ini membantu portofolio kamu untuk meratakan fluktuasi pasar.

8. Kelola Emosi

Emosi pasti akan muncul pada saat keputusan investasi berakhir salah. Hal ini dapat menimbulkan emosi bagi yang masih awam. Akibat mengalami kerugian, mereka memutuskan kembali rencana investasi yang tidak rasional. Alhasil kerugian terjadi secara berturut-turut.

9. Jangan Menunda Investasi

Kalau sudah punya mindset yang baik dan benar, jangan tunda investasi lebih lama lagi. Tentunya, modal 1 juta kamu tidak akan terpakai dengan sia-sia. Suatu saat, kamu akan terkejut melihat perbedaan yang akan terjadi dalam jangka panjang.

10. Pelajari Metode Compounding

Kontribusi bulanan merupakan salah satu langkah menarik kalau kamu memahami metode compounding. Ibarat bola salju yang menggelinding menuruni bukit, bermulai dari kecil dan lambat pada awalnya, tetapi mengambil jika konsisten melakukan metode ini, bisa mencetak pertumbuhan modal yang cukup signifikan.
 
Dua kunci utama dari compounding adalah reinvestasi pendapatan dan waktu. Misalnya, saham kamu pegang menghasilkan dividen, nah kamu bisa manfaat dividen ini untuk diinvestasikan kembali. Seiring waktu, ini bertindak sebagai sumber pertumbuhan keuangan yang memberi makan sendiri. Pada intinya, investasi majemuk adalah tentang membiarkan menabung kembali keuntungan agar menghasilkan lebih banyak keuntungan yang lebih besar di kemudian hari.
 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO