ARTIKEL
 

9 Cara Bermain Saham Yang Aman

by Dany Mauriz Gibran - 29 Mar 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Cara bermain saham yang aman adalah hal penting yang harus kamu terapkan, untuk meminimalisir risiko kerugian. Pasalnya, investasi merupakan kegiatan yang melibatkan sesuatu hal, yang dianggap berharga yakni berupa uang.

Mengapa penting? Karena, jika tidak dengan sungguh-sungguh, kegiatan tersebut akan berpotensi membuat kamu kehilangan modal. Maka dari itu, perlu kamu terapkan cara bermain saham yang aman. Gimana caranya?

Caranya, kamu harus tahu strategi-strategi yang bisa menolong kamu dari jurang kebangkrutan. Terlebih, kini sudah mulai banyak masyarakat yang beralih ke investasi saham, yang sebelumnya hanya menabung di bank.

Tidak sedikit dari mereka juga, yang belum paham dan perlu banyak bekal ilmu tentang saham, untuk mengetahui cara bermain saham yang aman. Nah, kira-kira apa saja strateginya? Yuk, intip langkah-langkahnya di sini!

 

9 Cara Bermain Saham yang Aman

 

1. Pilih Aplikasi Investasi Saham yang Terdaftar OJK

Cara bermain saham yang aman pertama adalah dengan memilih aplikasi investasi saham online, yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut dalam naungan otoritas, yang bertugas melindungi konsumen di industri jasa keuangan.

Nah, salah satu aplikasi investasi saham online yang terdaftar OJK adalah InvestasiKu. Aplikasi ini, sangat memungkinkan masyarakat untuk bisa bermain saham yang aman dengan modal yang relatif minim. Yuk, download InvestasiKu sekarang!

 

download investasiku

 

2. Selalu Gunakan Trading Plan

Cara bermain saham yang aman selanjutnya, yakni dengan membuat aturan yang ketat terkait proses, mulai dari menentukan masuk, keluar, dan pengelolaan risiko pada setiap transaksi.

Lakukan backtesting secara berulang untuk menguji strategi perdagangan dari data historis masa lalu. Setelah berhasil menemukan strategi yang mampu meminimalisir kerugian, gunakan cara tersebut untuk bermain saham dengan modal sungguhan.

 

3. Anggap Bermain Saham Seperti Bisnis yang Juga Punya Risiko Kerugian

Cara bermain saham yang aman berikutnya adalah menganggap dan memperlakukan trading sama seperti layaknya berbisnis. Karena pada dasarnya, trading saham itu seperti ketika kamu mempunyai sebuah bisnis.

Di mana kamu akan berupaya untuk memaksimalkan potensi bisnis, dan menghindari kerugian. Disisi lain, bermain saham itu mengandung risiko, dan ada beberapa biaya yang harus dibayarkan, seperti biaya transaksi, pajak, dan fluktuatif.

 

Baca juga: Profil dan Cara Beli Saham MAPI di InvestasiKu

 

4. Selalu Pertahankan Modal

Tidak selamanya bermain saham itu menguntungkan, jadi jika kamu sedang melihat ada saham yang bagus, jangan gegabah dan ceroboh. Maksudnya gimana? Usahakan, jangan sampai kamu memandang uang yang ada di RDN saham, dengan sebelah mata.

Pasalnya, uang itu adalah modal kamu dan jangan punya pikiran “mumpung masih ada modal, beli saham ini itu deh”. Di sini, kamu bisa membatasi risiko ketika terlibat dalam perdagangan adalah cara bermain saham yang aman.

Sehingga, jika kamu mengalami kerugian, bukan berarti kamu harus balas dendam dengan kekalahan yang sudah terjadi, dengan kecerobohan. Dari sini, kamu bisa menjadi trader yang lebih selektif dalam menunggu momentum akan datang.

 

5. Belajar dari Pasar

Cara bermain saham yang aman, yang mungkin bisa kamu pelajari di awal aktivitas adalah, memahami pasar, sampai ke seluk-beluknya. Sepenting apa memahami pasar?

Tentunya sangat penting, karena trader sendiri akan terlibat langsung di pasar. Jadi, mendalami semua hal tentang pasar memungkinkan mereka untuk mempertajam insting dan mempelajari nuansanya.

Contohnya: Politik dunia, peristiwa berita, tren ekonomi yang berdampak pada pasar. Pergerakan pasar bersifat dinamis, semakin banyak trader memahami pasar masa lalu dan saat ini, semakin siap mereka menghadapi masa depan.

 

6. Kesanggupan Risiko

Selanjutnya, cara bermain saham yang aman adalah dengan memperhitungkan kembali uang yang akan kamu depositkan ke RDN, apakah hal tersebut benar-benar dapat dihabiskan (dalam skenario terburuk).

Jadi setelah kamu memutuskan investasi, maka uang dalam akun perdagangan tidak boleh dialokasikan untuk biaya apapun, yang dianggap urgent, seperti kuliah anak-anak atau hutang.

Di sini, pedagang tidak boleh membiarkan diri mereka berpikir bahwa mereka harus meminjam uang untuk kewajiban penting lainnya.

 

7. Kembangkan Strategi Berdasarkan Data

Perhatikan strategi yang kamu gunakan, dengan meluangkan waktu untuk mengembangkan strategi yang didorong oleh kenyataan. Jangan mudah tergoda, untuk percaya pada slogan “Cara Profit Ratusan Persen" yang bertebaran di internet. Pelajari apa yang menjadi alasan sebuah kemungkinan itu terjadi, dan asah kembali strategi anda jika terdapat kekurangan.

 

8. Selalu Gunakan Cut Loss

Stop Loss atau Cut loss merupakan batasan risiko yang trader tentukan, setiap bertransaksi saham. Pasalnya, selalu menggunakan cut loss menjadi salah satu cara bermain saham yang aman, untuk membatasi kerugian.

Bagaimanapun, membatasi kerugian itu merupakan cara dasar untuk menghindari kebangkrutan. Tidak menempatkan cut loss adalah praktik bermain saham yang buruk.

 

9. Ketahui Kapan Harus Berhenti

Terkadang, jawaban dari cara bermain saham yang aman adalah mengetahui kapan untuk berhenti. Kalau kerugian sudah menimpa kamu berkali-kali, itu adalah sebuah pertanda kamu harus berhenti trading terlebih dahulu.

Jangan diteruskan, karena akan berdampak buruk bagi psikologi anda. Saatnya untuk mengevaluasi rencana perdagangan dan membuat beberapa perubahan atau memulai kembali dengan rencana perdagangan baru. Rencana perdagangan yang gagal adalah masalah yang perlu dipecahkan, ini belum tentu akhir dari bermain saham.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO