ARTIKEL
 

Terbaik! Belajar Trading Saham Online Untuk Pemula

by Dany Mauriz Gibran - 22 Mar 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Belajar trading saham memang butuh perhatian khusus untuk kamu yang merasa masih belum paham. Cara belajar trading saham perlu ketekunan serta kedisiplinan dalam menjalankan proses tersebut. Apalagi kalau kamu mulai dari nol, jangan pesimis dan patah semangat dulu, justru dengan membaca artikel belajar trading saham ini bisa jadi langkah awal menuju kesuksesan.

Belajar trading saham untuk pemula itu salah satu langkahnya yaitu mempelajari apa itu produk saham. Selain memiliki risiko yang tinggi, kamu harus berkomitmen untuk bisa meminimalisir kerugian tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Ada beberapa tips penting yang sudah kami pilih untuk panduan belajar trading saham online secara gratis. Kamu bisa coba untuk memetik profit pada saat menerapkan trading saham periode jangka pendek sampai panjang.

 

1. Cari Ilmunya Dengan Membaca Buku

Belajar trading saham itu dimulai dari membaca buku dari banyak tokoh yang sukses. Jam terbang mereka menggeluti bisnis trading saham sudah puluhan tahun. Beberapa dari mereka pasti memberikan kesuksesan nya lewat sebuah buku. Apa yang mereka tulis itu kemungkinan besar adalah pengalaman mereka dari pemula sampai mahir dalam trading saham. Pelajari langkah-langkah yang membuat mereka memulai bisnis trading saham dan praktikan cara tersebut dengan kondisi kamu saat ini.

Mengalami putus asa ketika belajar trading saham bagi pemula merupakan hal yang harus kamu lawan. Fokus pada suatu cara untuk tak mengulangi kesalahan yang sama. belajar trading saham online salah satunya adalah mengelola emosi dari trader itu sendiri. Agar selalu berkepala dingin dalam mengambil semua tindakan berdagang.

Download Aplikasi InvestasiKu Sekarang! Dapatkan Dividen Lewat Saham!

 

2. Tentukan Modal Sebelum Mulai

Tentukan berapa modal yang ingin kamu gunakan untuk jual beli saham. Persyaratan modal sebenarnya tergantung dari kesanggupan membeli saham itu sendiri. Karena, setiap saham harganya berbeda-beda. Disisi lain, kamu harus memastikan bahwa modal yang kamu gunakan itu terlepas dari kebutuhan hidup sehari-hari atau bahkan dalam lima tahun ke depan. Banyak ketidakpastian dalam harga saham dalam jangka pendek. Pada kenyataannya, penurunan 20% pada tahun tertentu bukanlah hal yang aneh. Contohnya di tahun 2020, selama pandemi COVID-19, pasar anjlok lebih dari 40% dan rebound ke level tertinggi sepanjang masa dalam beberapa bulan.

Trader harus memiliki modal yang cukup untuk pembelian minimal 1 lot. Kalau sudah punya rekening efek dan aplikasi untuk belajar trading saham online untuk pemula, Kamu bisa mulai transfer dana atau top up ke RDN. Mulai dari modal 5 juta juga sudah bisa untuk membeli surat berharga. Setelah itu, kamu bisa nonton trading ideas untuk rekomendasi saham terbaik setiap harinya di instagram kami. Dalam transaksi saham terdapat satuan lot yang mana satu lot terdiri dari 100 lembar saham. Bila harga per lembarnya Rp10.000, berarti harga satu lotnya tinggal dikalikan 100 saja yakni Rp 1.000.000

Tentunya, kamu ga langsung memborong semua modal tersebut dalam satu saham. Melainkan kamu bisa menggunakan strategi diversifikasi ke surat-surat lain.  Kamu butuh berinvestasi secara konsisten dan terukur, jangan asal-asalan dalam membeli seluruh modal untuk saham. Bagi pemula, coba belajar trading saham dengan memakai 10% dari total modal di RDN kamu. Pada bulan berikutnya, lakukan transaksi dana 10 persen dari penghasilan gaji bulanan untuk membeli saham. Semakin banyak jumlah modal yang kamu investasikan, maka semakin banyak potensi pengembalian yang kamu peroleh.

 

BACA JUGA: Simak! Trading Itu Apa Beserta Macamnya

 

3. Mulai Dengan InvestasiKu

Pertama-tama, kamu ga akan tau bagaimana cara belajar trading saham online kalau belum download aplikasi yang bagus beserta fitur-fitur yang bisa kamu pelajari. Contohnya InvestasiKu, kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut pada google play store atau App Store.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah memiliki biaya transaksi yang relatif kecil, tentu akan menguntungkan investor. Disisi lain, pelayanan InvestasiKu terhadap nasabah juga lebih baik. Kamu hanya menyiapkan dokumen terkait untuk membuka rekening dan belajar trading saham di beberapa sektor.

Setelah punya rekening, kamu bisa top-up uang ke dompet RDN yang nantinya berfungsi sebagai tabungan. Kamu bisa belajar trading saham dengan bantuan edukasi yang sudah kita sediakan. Mulai dari menganalisis, sampai membeli saham nya secara online melalui aplikasi tersebut.

 

4. Pilih Saham Yang Bagus

Bursa Efek Indonesia (BEI) menampilkan Indeks saham sebagai tolak ukur statistik pergerakan harga dari kumpulan saham, mereka terpilih karena memenuhi kriteria tertentu. Ada 35 indeks saham yang terdaftar di BEI, Supaya tidak pusing, kamu bisa tentukan sendiri saham yang kamu suka dalam indeks IDX30 dan LQ45. Karena, kumpulan saham yang berada dalam indeks itu punya likuiditas yang sangat tinggi dan kinerja keuangan perusahaannya juga terbilang baik. Kumpulan saham yang terdapat dalam indeks itu disebut saham blue chip.

Alias, Saham anti terhadap badai. Contoh lainnya yaitu saham BBHI, kamu bisa membeli di aplikasi investasiKu dengan mudah. Menentukan saham yang berada di indeks ini bisa menjadi salah satu cara belajar trading saham pemula dan aman. Nah, dengan cara belajar trading saham online ini, kamu sudah melangkah lebih maju.

 

5. Evaluasi dan Belajar Lagi Dari Jurnal Trading Saham

Evaluasi trading ini berguna untuk selalu menguji ulang trading jurnal yang selama ini kamu buat. Evaluasi jurnal trading ini berisi hasil trading saham anda selama periode tertentu. Belajar dari hasil trading saham adalah cara terbaik untuk mempertajam strategi yang selama ini anda jalankan dan mengevaluasi yang tidak efektif.

 

Baca Juga: Cara Investasi Saham Pemula

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO