ARTIKEL
 

Pasti Bisa! Sebelas Cara Jadi Trader Profesional

BY Dany Mauriz Gibran - 3/21/2022 9:00:00 AM - 5 MINS READ

 

Cara jadi trader profesional itu ga harus punya banyak monitor atau peralatan yang menunjang. Apalagi memasang banyak indikator. Sebenarnya, seorang trader profesional itu ditentukan oleh bagaimana melakukan pendekatan trading dengan mental yang matang dan mampu mengelola rutinitas hariannya tetap seimbang. 

Oleh karena itu, penting untuk bersikap realistis terhadap profesi ini. Tidak ada metode perdagangan yang sempurna yang secara konsisten berturut-turut menghasilkan kemenangan. Mulailah fokus untuk menghabiskan sebagian besar waktu untuk mencari informasi yang membuat kamu menjadi trader profesional dengan membaca artikel ini.

 

Apa itu Trader Profesional?

Trader profesional adalah orang yang bekerja penuh waktu di bidang instrumen investasi. Tentunya, trader ini terlibat langsung ke dalam jual beli aset setiap harinya untuk memperoleh keuntungan. Karena ini adalah pekerjaan utama mereka, tentu saja mereka punya pengalaman trading yang tidak perlu diragukan lagi. Kalau kamu ingin menjadi trader profesional, kamu perlu jam terbang yang tinggi untuk meraih keuntungan yang konsisten. Pada akhirnya, pekerjaan ini berpotensi dapat menutup semua kebutuhan hidup dari segi finansial.

 

download investasiku

 

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Trader Profesional?

Pada artikel ini, kita akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu praktikan agar menjadi trader profesional di antaranya:

 

1. Disiplin

Sikap disiplin itu timbul ketika trader tersebut yakin dengan rencana perdagangan dan tetap fokus pada jalur yang mereka pilih. Meskipun dalam kondisi tertentu mengalami kerugian yang beruntun.

 

2. Hindari Penggiringan Opini

Menjadi trader profesional itu harus mampu menghindari penggiringan opini. Karena, penggiringan opini itu terdapat motif tersembunyi untuk kepentingan pribadi. Mulailah untuk mengambil keputusan secara independen berdasarkan hasil rencana perdagangan yang sudah dibuat.

 

3. Selalu Koreksi Rencana Perdagangan

Dengan meluangkan waktu untuk mengoreksi rencana perdagangan secara rutin, hal ini bisa membantu kamu agar tidak selalu jatuh kedalam lubang yang sama. Masukan ide-ide baru dan perkecil kelemahannya!

 

4. Jangan Ambil Jalan Pintas

Salah satu cara jadi trader profesional itu butuh menghabiskan waktu ratusan jam untuk menyempurnakan strategi yang membuat mereka sukses. Menjadi seorang ahli di bidang apapun butuh kerja keras dan disiplin.

 

Baca juga: Simak! Trading Itu Apa Beserta Macamnya

 

5. Menjadi Unik

Trader profesional biasanya punya cara tersendiri dan unik. Dimana yang lain tidak melihat potensi keuntungan, justru trader profesional melihat dari pandangan yang berbeda.

 

6. Jangan Melanggar Aturan

Cara jadi trader profesional itu salah satunya tidak melanggar aturan yang sudah dibuat. Jika suatu saat aturan tersebut berjalan buruk, trader profesional tetap disiplin dan langsung melakukan evaluasi sesuai fakta. Berbeda dengan pemula, mereka langsung melakukan spekulasi ketika kondisi perdagangan memburuk yang membuat pintu kerugian lebih besar semakin terbuka.

 

7. Gunakan Intuisi Anda

Ketika kamu ingin jadi trader profesional, pahami bahwa momentum keuntungan itu tidak terjadi terus menerus. Juga, memaklumi semua indikator tidak ada yang akurat. Kesalahan dalam mengambil keputusan itu adalah hal yang wajar dalam trading.

 

Baca juga: Ketahui! Ada 4 Macam Tipe-Tipe Trader

 

8. Jangan Terobsesi

Jangan terlalu terobsesi dengan trading atau investasi yang sedang anda jalankan. Bersikap santai dan bijaksana adalah salah satu cara jadi trader profesional untuk menghindari keputusan yang terburu-buru.

 

9. Lupakan Strategi Rahasia

Terkadang, trader pemula banyak menghabiskan uang untuk membeli strategi rahasia trading untuk mencari cara mendapatkan keuntungan instan. Pada kenyataannya, tidak ada cara alternatif selain mengelola risiko yang efektif, dan profit taking yang tepat.

 

10. Waspada Terhadap Reaksi Psikologis

Trading bisa menimbulkan berbagai macam reaksi psikologis, perasaan euforia ketika untung dan kesal ketika rugi. Tetap sadar dan jangan sampai termakan emosi. Mulailah berfikir logis untuk membuka transaksi perdagangan. Supaya tidak membawa perasaan yang membuat anda tidak bisa terpikir jernih.

 

11. Tidak Butuh Untung Cepat

Menjadi trader profesional itu harus menganggap trading itu biasa saja. Pedagang profesional tidak pernah memasuki pasar untuk menghasilkan banyak uang secara singkat. Trading bukanlah profesi yang mudah dan membutuhkan waktu, kerja keras, dan banyak upaya sebelum kamu bisa menghasilkan uang. Pada akhirnya, menjadi seorang pedagang profesional itu adalah pekerjaan yang sama seperti pekerjaan lainnya.

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK