ARTIKEL
 

7 Proyek WSKT di IKN yang Siap Diselesaikan Semester I 2024 Ini!

by William Fernandes - 23 Jan 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) menargetkan dapat menyelesaikan tujuh proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada semester pertama tahun 2024.

Tujuh proyek tersebut meliputi infrastruktur jalan, gedung pemerintahan, dan fasilitas lingkungan.

 

7 Proyek IKN yang Dikerjakan Waskita Karya (WSKT)

Tujuh proyek IKN yang dikerjakan oleh Waskita Karya adalah sebagai berikut:

 

1. Jalan Logistik Lingkar Sepaku Segmen 4

Proyek ini merupakan bagian dari jalan akses lingkar Sepaku yang menghubungkan kawasan inti IKN dengan kawasan logistik. Proyek ini senilai Rp139 miliar dan ditargetkan selesai pada Maret 2024.

 

2. Tol IKN Segmen 5A

Proyek ini merupakan bagian dari jalan tol IKN yang menghubungkan kawasan inti IKN dengan kawasan luar IKN. Proyek ini senilai Rp1,12 triliun dan ditargetkan selesai pada April 2024.

 

3. Sekretariat Presiden dan bangunan pendukung

Proyek ini merupakan pembangunan gedung Sekretariat Negara yang akan menjadi pusat administrasi pemerintahan di IKN. Proyek ini senilai Rp1,35 triliun dan ditargetkan selesai pada Juni 2024.

 

4. Kementerian Koordinator 3

Proyek ini merupakan pembangunan gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang akan menjadi salah satu kementerian yang berlokasi di IKN. Proyek ini senilai Rp403 miliar dan ditargetkan selesai pada Mei 2024.

 

5. Kementerian Koordinator 4

Proyek ini merupakan pembangunan gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang akan menjadi salah satu kementerian yang berlokasi di IKN. Proyek ini senilai Rp735 miliar dan ditargetkan selesai pada Juni 2024.

 

6. IPAL 123

Proyek ini merupakan pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang akan melayani tiga kawasan di IKN, yaitu kawasan inti, kawasan logistik, dan kawasan luar. Proyek ini senilai Rp1,1 triliun dan ditargetkan selesai pada Juni 2024.

 

7. Saluran Utilitas Terpadu (MUT) - 01

Proyek ini merupakan pembangunan saluran utilitas terpadu yang akan mengintegrasikan berbagai jenis utilitas, seperti listrik, air bersih, telekomunikasi, dan gas, di bawah tanah. Proyek ini senilai Rp1,5 triliun dan ditargetkan selesai pada Juni 2024.

 

Baca juga: 7 Daftar BUMN yang Dibubarkan Erick Thohir, Segini Kerugiannya!

 

Total Proyek WSKT di IKN Ada 10

Bukan hanya tujuh, ternyata total proyek Waskita di IKN ada 10, dengan total nilai kontrak Rp10,2 triliun. Namun, 7 dari 10 proyek akan diselesaikan di semester I tahun 2024 ini. Berikut daftarnya:

  1. Jalan Akses Lingkar Sepaku Seksi 4 – Rp198 miliar
  2. Jalan Tol IKN Segmen 5A – Rp2,2 triliun
  3. Gedung Sekretariat Negara – Rp1,3 triliun
  4. Gedung Kemenko 3 – Rp789 miliar
  5. Gedung Kemenko 4 – Rp735 miliar
  6. IPAL 1,2,3 KIPP IKN – Rp638 miliar
  7. Jalan Feeder District IKN – Rp1,3 triliun
  8. Rumah Susun ASN 3 – Rp1,1 triliun
  9. Jalan Nasional IKN Seksi 6C-1 – Rp1,6 triliun
  10. MUT-01 – Rp158 Miliar

 

Baca juga: Aguan Jadi Ketua Konsorsium IKN, Disusul Anthoni Salim

 

Waskita Karya Dukung Pembangunan IKN

Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho mengatakan, komitmen penyelesaian tujuh proyek IKN tersebut sejalan dengan rencana pemerintah untuk mulai memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN pada Juli 2024.

"Melalui pembangunan proyek IKN, Waskita Karya turut mendukung pemerintah dalam menarik lebih banyak investasi di IKN dengan melengkapi sarana dan prasarana di IKN," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (22/1/2024).

Dia menambahkan, secara total, Waskita Karya mengerjakan 12 proyek di IKN senilai total Rp13,6 triliun, di mana porsi Waskita Karya sebesar Rp7,5 triliun.

Lima proyek lainnya yang masih dalam proses pengerjaan adalah Jalan Tol IKN Segmen 5B, Gedung Kementerian Koordinator 1, Gedung Kementerian Koordinator 2, Gedung Kementerian Koordinator 5, dan Gedung Kementerian Koordinator 6.

Waskita Karya merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur, yang memiliki pengalaman dalam mengerjakan berbagai proyek strategis nasional, seperti jalan tol, jembatan, bandara, pelabuhan, bendungan, dan gedung.

Waskita Karya juga terlibat dalam pembangunan Masjid Istiqlal, yang merupakan salah satu ikon kebanggaan bangsa Indonesia.

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO