ARTIKEL
 

Aguan Jadi Ketua Konsorsium IKN, Disusul Anthoni Salim

by Estrin Vanadianti Lestari - 06 Sep 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Sugianto Kusuma atau yang lebih akrab disapa Aguan, jadi ketua IKN? Maksudnya gimana tuh?

Dilansir dari cnbcindonesia, Aguan melalui perusahaan miliknya Agung Sedayu Group, ternyata menjadi pemimpin konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam kunjungan rombongan investor tersebut, Aguan selaku pemimpin membahas perkiraan rencana investasi di IKN, yang disebut mencapai Rp30-40 triliun. Di mana rencana Konsorsium PMDN ini, akan mulai di lakukan groundbreaking di bulan September 2023 nanti.

Namun, hingga bulan Agustus 2023 ini, setidaknya sudah ada sekitar 40 surat minat atau letter of interest/Lol. Dari 40 surat yang diproses, beberapa diantaranya diajukan oleh pihak konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

 

Tujuan Kunjungan Aguan Bersama Rombongan Investor

Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk pemantauan pembangunan berbagai infrastruktur di IKN, dan juga untuk melihat ragam masalah hingga solusi yang dihadapi oleh para investor, dalam proyek pembangunan IKN.

Salah satu masalah atau kendala yang masih belum rampung adalah, desain paket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Pasalnya, desain tersebut sangat penting, sebagai gambaran yang jelas terhadap investor.

Masalah lainnya, yang juga sering menjadi kendala para investor adalah ketersediaan listrik, air, dan telekomunikasi, karena hal tersebut harus dipenuhi segera. Meski beberapa investor lokal juga banyak berkontribusi terhadap pembangunan proyek IKN.

Dengan kunjungan tersebut juga, para investor atau penanam modal, merasa terbantu atas segala kendala-kendala yang terjadi. Bahkan, Aguan di sini sangat mengapresiasi pemerintah, karena cepat menanggapi untuk menyediakan bahan material yang dekat dengan lokasi proyek.

Dengan begitu juga, proyek bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Indonesia juga punya harapan besar, untuk bisa melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 nanti di IKN, yang bisa sangat bersejarah.

 

Bentuk Investasi Aguan Masih Dalam Proses

Lantas, apa jenis investasi yang direncanakan Aguan ke IKN? Diketahui, tidak hanya Aguan tapi ada dua crazy rich RI, yang memiliki rencana investasi di IKN, yakni Aguan dan Sukanto Tanoto.

Pasalnya, dalam konsorsium tidak hanya ada satu investor, tapi ada banyak yang berminat untuk investasi di IKN, dan semuanya masih dalam proses, kata Bambang Susantono, selaku Kepala Badan Otorita IKN.

Namun, beberapa investor pelopor di IKN, juga masih melakukan penyesuaian lokasi. Seperti proses negosiasi luas lahan, hingga negosiasi lokasi lahan. Pihak Otorita juga masih menunggu kepastian atas segala bentuk minat investasi oleh para investor.

 

Anthoni Salim Susul Aguan Investasi di IKN

Bukan hanya Aguan, konglomerat Anthoni Salim diketahui juga akan ikut menanamkan modal atau berinvestasi di IKN. Apa saja proyek yang akan dibuat Anthoni Salim?

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sendiri memang mengajak para pengusaha Indonesia, untuk berkunjung ke lokasi pembangunan IKN.

Baik Aguan dan Anthoni Salim, direncanakan akan melakukan groundbreaking pada Bulan September nanti di IKN. Diketahui, dua konglomerat ini akan membangun proyek besar, seperti hotel hingga restoran.

Target pembangunan di mulai pada September 2023 dan rampung diusahakan pada Bulan Agustus 2024.

Nah, dari nama-nama konglomerat yang berencana investasi di IKN seperti Aguan, ternyata memiliki saham yang diprediksi naik. Saham apa?

 

Saham PANI Milik Aguan Terbang hingga 100%

Saham PANI milik Aguan terbang hingga 100%, sampai masuk radar bursa karena bergerak di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA). Dikutip dari RTI yang dilansir cnbcindonesia, saham PANI meroket 102,9%, selama satu bulan terakhir.

Seperti yang diketahu, PANI sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan properti di Jakarta Utara. Lokasi tepatnya berada di Pantai Indah Kapuk 2, yang akhir-akhir ini viral karena mengusung tema yang dinamis dan modern.

Jika dilihat dari hasil pembukuan pendapatan, PANI berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp919 miliar (naik 695%) ketimbang hasil di kuartal pertaman tahun 2022. Total aset PANI saat ini mencapai Rp16,3 triliun (naik 3%), jika dibandingkan total aset tahun lalu, yakni Rp15,9 triliun.

  • Harga saham PANI: Rp3.790 per saham (per tanggal 1 September 2023)

Mau lihat update-an harga saham PANI dan saham lainnya? Cek di aplikasi InvestasiKu saja! Kamu bisa cek harga saham sekaligus transaksi, karena ada banyak pilihan saham lainnya juga! Yuk, download aplikasi InvestasiKu sekarang!

 

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO