Bisnis Arief Muhammad - Buat kamu yang sudah scroll Twitter (sekarang X) sejak tahun 2009-an, pasti tahu eksistensi akun @poconggg yang selalu lewat di linimasa. Sekalipun tidak follow akun tersebut, tetapi akun @poconggg beserta cuitannya yang menarik pasti sempat kamu retweet sejenak.
Seiring berjalannya waktu, akun tersebut akhirnya terkuak siapa pemiliknya yakni Arief Muhammad. Tak berselang lama, nama Arief Muhammad langsung meroket sebagai influencer.
Melihat peluang tersebut, Arief Muhammad pun mulai mengembangkan bisnisnya di berbagai sektor termasuk Rumah Makan Payakumbuh. Yuk, simak apa saja gurita bisnis Arief Muhammad!
Profil Arief Muhammad, Influencer Sukses yang Kekinian
Arief Muhammad lahir dengan nama Muhammad Arief Yakoeb pada 26 Oktober 1990 di Batam, Riau. Pada tahun 2009, saat menginjak usia ke-19, Arief membuat akun Twitter (sekarang X) dengan nama @poconggg. Tak disangka, akun tersebut langsung populer karena sering mencuitkan hal-hal lucu dan relate.
Tak banyak yang tahu bahwa Arief tumbuh di Batam, sebagai bagian dari suku Minang. Setelah memulai pendidikannya di TK Tarbiyatul Hidayah Batam, Arief melanjutkan ke SDN 004 dan SMP Negeri 6 Batam.
Lepas lulus dari SMA Kartini Batam, Arief langsung mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Trisakti.
Pada 2010 saat usianya ke-20 tahun, Arief mulai menulis sebuah buku berjudul Poconggg Juga Pocong. Hal ini terinspirasi dari akun Twitternya yang sempat viral pada masanya.
Saking viralnya, buku tersebut kemudian diangkat ke layar lebar oleh rumah produksi ternama, Maxima Pictures.
Selama 2 tahun, akun @poconggg selalu ramai di linimasa dan tidak ada yang tahu siapa pemiliknya. Hingga pada September 2011, ada seorang anonim yang membongkar bahwa identitas pemilik akun @poconggg tersebut adalah Arief Muhammad.
Setelah identitasnya diketahui publik, namanya menjadi kian terkenal. Tak jarang, Arief berkolaborasi dengan para influencer terkenal seperti Raditya Dika.
Diketahui bahwa Arief bersama Raditya Dika membuat sebuah situs dengan domain www.nyunyu.com. Situs ini memang ditujukan untuk anak-anak muda dan diresmikan pada Februari 2012.
Berhubung karya tulisnya berjudul Poconggg juga Pocong diangkat ke layar lebar oleh Maxima Pictures, maka Arief pun turut memegang peran sebagai penulis naskah.
Baca Juga: Pentingnya Literasi Keuangan Buat Milennial dan Gen Z
Deretan Bisnis Arief Muhammad Selain RM Payakumbuh
Baso Aci Akang
Pada Januari 2018, Arief Muhammad mulai mengembangkan bisnis di sektor FnB dengan merek Baso Aci Akang.
Sesuai dengan namanya, Baso Aci Akang ini menawarkan sajian baso aci dengan komposisi yang lebih sehat. Klaimnya, baso aci ini tidak menggunakan MSG.
Pemasaran bisnis ini tentu saja melalui sosial media khususnya Instagram dengan jutaan followers. Cabangnya pun sudah ada di Tangerang hingga Surabaya.
RM Payakumbuh
Pada Juni 2022, Arief mendirikan Rumah Makan Padang Payakumbuh dan mendapatkan respon baik dari publik. Pemasarannya cukup unik yakni dengan membagi 3 tingkatan kelas dalam RM Payakumbuh ini.
Maksudnya, RM Payakumbuh memiliki 3 konsep berupa restoran, rumah makan, dan warung biasa.
Pada konsep restoran tentu saja harga lebih mahal dan pelayanan juga bagus. Lalu pada konsep rumah makan, diusung dengan konsep layaknya rumah makan biasa. Sementara pada konsep warung menyasarkan pada konsumen low-economic tetapi rasa tetap berkualitas.
Hingga detik ini, cabang RM Payakumbuh sudah menyebar di sekitar Tangerang, Bekasi, Bogor, dan Jakarta.
Cakekinian
Pada tahun 2017, Arief Muhammad mengikuti arus tren para selebritis yang membuka peluang usaha di sektor kue. Bersama sang istri, Tiara Pangestika, Arief mengembangkan usaha kue dengan merek Cakekinian.
Sayangnya, karena pandemi Covid-19 silam, kebanyakan cabang Cakekinian yang berada di mall harus tutup operasional.
Billionaire’s Project
Pada awal 2019, Arief Muhammad mulai melebarkan sayap bisnisnya ke sektor industri tekstil dengan nama Billionaire’s Project.
Harga produknya berkisar antara Rp220.000 hingga Rp350.000 yang terjual secara online. Saat perilisan perdana, bahkan produknya langsung habis terjual dalam selang waktu beberapa menit saja.
Preppstudio
Pada tahun 2022, Arief Muhammad kembali memperkenalkan bisnis barunya di sektor pakaian khusus pria dengan brand Prepp Studio.
Untuk lebih menarik minat masyarakat, Arief bahkan menggelar giveaway 100 vespa supaya promosi Preppstudio ini dikenal masyarakat luas. Tentu saja campaign yang satu ini sukses luar biasa.
Melihat antusiasme publik terhadap produk-produk Preppstudio, Arief pun membuka toko offline yang pertama di Kemang, Jakarta Selatan. Arief bahkan memberikan sebutan khusus untuk para pelanggan setianya, yakni Preppies.
ArMuh Podcast
Pada tahun 2022, Arief berkarya di konten podcast dengan nama ArMuh. Banyak hal yang dibahas di podcast tersebut, mulai dari unek-unek hingga obrolan seru dengan bintang tamu.
Konten podcast-nya dapat didengarkan secara gratis di aplikasi NOICE.
Arief juga memanfaatkan fitur NOICE Live untuk berinteraksi langsung dengan para pendengar podcastnya. Para pendengar setia ini disebut dengan Paranoice.
Hello Nuku
Arief tidak hanya berfokus pada fashion pria saja, tetapi juga wanita. Untuk menangani bisnis yang satu ini, Arief bersama sang istri berupaya untuk memproduksi sepatu khusus wanita dengan harga terjangkau.
Sasarannya memang para mahasiswi, sehingga harganya berada di kisaran Rp100.000 sampai Rp300.000-an.
Nah, jika kamu ingin merasakan sukses di usia muda tetapi takut untuk mencoba bisnis, dapat dengan berinvestasi saja. Melalui InvestasiKu, kamu dapat berinvestasi dalam produk saham maupun reksadana yang tentunya aman karena diawasi oleh OJK.