BISNIS
 

Allo Bank Adalah? Ini Pemilik dan Layanannya

by Rifda Arum Adhi Pangesti - 04 Jul 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Sekarang ini, Allo Bank tengah digandrungi muda-mudi yang hendak menggunakan layanan perbankan digital. Tak hanya produknya saja yang seolah menggambarkan ‘anak muda’, tetapi juga promo yang fantastis. Ditambah lagi, Allo Bank kerap melangsungkan festival musik dengan guest star lokal maupun mancanegara. 

Allo Bank termasuk dalam bagian PT Mega Corpora yang merupakan milik CT Corp. Berhubung Allo Bank merupakan layanan perbankan digital, maka tentu saja dapat diakses melalui aplikasi.

Memangnya, siapa sih pemilik Allo Bank dan apa saja produk layanannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Serba-Serbi Allo Bank

Allo Bank adalah layanan perbankan digital yang memudahkan aktivitas finansial maupun non finansial lewat aplikasi saja, yakni Allo Apps. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store maupun Apps Store, bergantung dengan tipe device milikmu. 

Berhubung saat ini zaman sudah serba digital, maka Allo Bank ikut berkontribusi dalam menciptakan inovasi baru berbasis teknologi demi kebutuhan pasar. Melalui aplikasi Allo Apps ini, kamu dapat mudah terhubung dengan merchant-merchant apapun di lingkungan CT Corp. 

Yap, Allo Bank memang bagian dari CT Corp, tepatnya dibawah naungan Bank Mega Corpora. Lokasinya pun masih satu bangunan dengan induknya, Bank Mega Corpora. 

Mulanya, bank digital ini dikenal dengan nama PT Bank Arta Griya pada sekitar tahun 1992. Setahun kemudian, berganti nama menjadi PT Bank Harda Griya dan lebih dikenal sebagai Bank Harda. 

Pada tahun 1996, berubah nama lagi menjadi PT Bank Harda Internasional (BHI). Lalu, pada tahun 2015, BHI mencoba melakukan Penawaran Saham Perdana (IPO) kepada masyarakat dan mendapatkan respon baik. 

Pada Maret 2021, BHI resmi diakuisisi oleh PT Mega Corpora dengan nilai Rp308 miliar dan mendapatkan persetujuan oleh OJK untuk melangsungkan layanan bank digital. Barulah 3 bulan kemudian, BHI berganti nama menjadi PT Allo Bank Indonesia Tbk. 

Nama ‘Allo Bank’ diambil dari frasa all in one (semua dalam satu) dan proses peluncuran aplikasinya pada Mei 2022, tepatnya dalam acara “Allo Bank Festival”. Chairul Tanjung, selaku pemilik CT Corp turut hadir dalam acara festival peluncuran tersebut dan menegaskan bahwa Allo Bank memiliki produk dan layanan perbankan digital yang terintegrasi dengan ekosistem bisnis CT Corp. 

PT Bank Mega sebagai induknya tentu memegang saham terbanyak yakni 60,9%. Pemegang saham sisanya adalah dari perusahaan ternama seperti Bukalapak (11,5%) dan PT Indolife Investama Perkasa (6%). 

 

Baca Juga: MPC Point Sudah Bisa Di-Redeem, Yuk Pakai Buat Beli Saham & Reksadana!

 

Siapa Pemilik Allo Bank?

Seperti yang dikemukakan sebelumnya, pemilik Allo Bank adalah Chairul Tanjung yang berada dibawah naungan PT Mega Corpora. Pada posisi Direktur Utama diduduki oleh Indra Utoyo. 

FYI, Indra Utoyo sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Digital dan Teknologi Informasi di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

 

Berbagai Layanan Allo Bank

Seluruh layanan perbankan Allo Bank dapat diakses melalui aplikasi Allo Apps. Layanannya berupa pembayaran via QRIS, top up saldo Allo Bank, transfer, tarik tunai, hingga bayar tagihan secara mudah.

 

1. Pembayaran via QRIS

Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) menjadi metode transaksi digital dengan men-scan QR kode yang tersedia. Allo Bank turut menciptakan layanan pembayaran melalui QRIS ini. Jadi, transaksi pembayaran di merchant manapun akan lebih praktis dan mudah. 

Setelah QR code sudah di-scan, maka notifikasi dari Allo Bank akan langsung muncul dan memberitahu bahwa proses transaksi berhasil. Caranya dengan membuka Allo Apps, kemudian pilih menu ‘Pay’ yang ada di halaman Beranda. Setelah itu, pilih ‘Scan QR’ untuk memindai QR code pada merchant yang dituju. 

 

2. Top Up

Istilah top up adalah untuk menyebut proses isi ulang saldo dompet digital, baik melalui virtual account dari layanan m-banking maupun minimarket. Nah, melalui Allo Apps, kamu juga dapat top up sejumlah dana ke saldo Allo secara praktis, mudah, dan aman. 

 

3. Transfer

Jika memiliki saldo atau uang dalam rekening Allo, tentu saja kamu dapat mentransfernya ke bank lain secara cepat dan aman. Caranya hampir sama ketika kamu hendak transfer saldo ke bank lain melalui m-banking. Bedanya, pada Allo Apps ini juga memberikan opsi ‘Masukkan nomor HP’ sebagai ganti nomor rekening tujuan. 

 

4. Bayar Tagihan

Allo Bank juga menawarkan layanan bayar tagihan melalui saldo Allo. Mulai dari tagihan kartu kredit, listrik, paket data, kartu prabayar, dan lainnya. Proses transaksi bayar tagihan ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun secara praktis. 

Eksistensi Allo Bank sebagai layanan bank digital saat ini tengah melambung tinggi tak hanya di kalangan muda-mudi saja. Atas dasar itu, sahamnya pun tentu selalu bergerak ke atas. Jika kamu tertarik menanamkan saham di Allo Bank ini, dengan kode BBHI, tentunya dapat dilakukan melalui aplikasi InvestasiKu

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO