ARTIKEL
 

7 Perusahaan Saham Emas yang Terdaftar di Bursa

by William Fernandes - 10 Mar 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya yang berlimpah, yaitu berupa logam salah satunya emas. 

Ditjen Minerba Kementerian ESDM bilang kalau pada tahun 2021, Indonesia telah menghasilkan sekitar 117,5 ton emas dan berhasil menjadi negara penghasil emas terbesar nomor 9 di dunia. Oleh karena itu yuk kita simak manfaat hingga daerah mana aja yang jadi penghasil emas terbesar di Indonesia

 

7 Perusahaan Saham Emas Yang Terdaftar di BEI

Ada banyak perusahaan pertambahan emas yang dikelola oleh perusahaan publik, di mana setidaknya ada 7 emiten emas di Indonesia yang bisa kamu beli sahamnya di Bursa Efek Indonesia, yaitu sebagai berikut: 

 

  1. PT Aneka Tambang Tbk - ANTM
  2. PT Merdeka Copper Gold Tbk - MDKA
  3. PT Medco Energi Tbk - MEDC
  4. PT Archi Indonesia Tbk - ARCI
  5. PT Bumi Resources Minerals - BRMS
  6. PT J Resources Asia Pasifik - PSAB
  7. PT United Tractors Tbk - UNTR

 

Manfaat Emas Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Emas bukan hanya punya keindahan yang luar biasa indah, tapi ada segudang manfaat yang dimiliki oleh emas, yaitu sebagai berikut:

 

1. Alat Tukar

Sejak ratusan tahun lalu, emas sudah dikenal sebagai alat ukur kekayaan dan digunakan sebagai alat tukar yang sah untuk ditukar dengan bahan makanan, pakaian, dan kendaraan. 

Meskipun zaman telah berkembang, beberapa orang masih menggunakan emas sebagai alat tukar, dan beberapa negara bahkan menggunakan emas untuk menjaga kestabilan ekonomi.

 

2. Bahan Bangunan

Emas sering digunakan sebagai bahan bangunan untuk menambah keindahan dan kekuatan bangunan. Penggunaan emas ini sudah dilakukan sejak lama, seperti yang terlihat pada Masjid Kubah Mas dan Monumen Nasional di Indonesia.

 

3. Bahan Baku Elektronik

Kemudian emas juga digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam alat elektronik, seperti chip komputer dan smartphone, karena emas merupakan penghantar listrik yang baik dan tahan terhadap korosi. 

Beberapa produsen alat elektronik bahkan menambahkan emas pada bagian body produk mereka untuk menaikkan nilai dan harga jualnya.

 

4. Pembuatan Gigi Palsu

Emas juga digunakan dalam pembuatan gigi palsu sebagai pengganti gigi yang hilang atau untuk penambalan gigi berlubang, meratakan lapisan gigi, hingga kawat gigi. Selain aman untuk rongga mulut, emas juga tahan terhadap bakteri dan antikarat.

 

5. Bahan Produk Kecantikan

Dan terakhir emas dipakai dalam pembuatan produk kecantikan, seperti pelembab kulit wajah, bibir, lipstik, dan serum kulit. 

Karena emas memberikan manfaat pada kulit dengan membuatnya lebih cerah secara alami dan merangsang produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit dan membuatnya awet muda lebih lama.

 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Logam Mulia & Manfaatnya

 

Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

Lalu, provinsi mana saja yang menjadi sumber emas di Indonesia? Berikut 5 provinsi Indonesia yang menghasilkan emas terbesar.

 

1. Provinsi Papua Tengah

Provinsi Papua Tengah terkenal dengan daerah pertambangan emas terbesar di Indonesia, yang terletak di kabupaten Mimika.

Yaitu PT Freeport sebagai perusahaan tambang emas yang beroperasi di sana, menghasilkan sekitar 240 kilogram emas setiap harinya dan terdapat sebanyak 1.76 juta ton cadangan emas di tanah tersebut.

Selain itu, pertambangan di daerah ini juga memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat sekitar.

 

2. Provinsi Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki kekayaan alam yang melimpah, terutama di tanah Sumbawa yang menjadi daerah penghasil emas terbesar kedua di Indonesia.

Pertambangan Batu Hijau di sana telah menghasilkan sekitar 2.77 juta ons emas mentah, yang menjadi sumber penghasilan yang signifikan bagi daerah tersebut.

Selain itu, industri tambang juga memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.

 

3. Provinsi Maluku Utara

Provinsi Maluku Utara juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil emas terbesar di Indonesia, terutama di daerah Halmahera Utara yang dikelola oleh PT Nusa Halmahera Minerals.

Di sana, ditemukan sekitar 26,9 ton cadangan emas yang menjadi sumber pendapatan ekonomi daerah. Selain itu, pemerintah setempat juga berupaya untuk memperkuat sektor pertambangan melalui peningkatan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia.

 

4. Provinsi Kalimantan Tengah

Provinsi Kalimantan Tengah memiliki banyak daerah pertambangan emas, salah satunya terletak di Desa Pujon yang sering disebut sebagai "desa emas" karena memiliki bijih emas yang melimpah.

Pertambangan emas di sana memberikan kontribusi besar bagi perekonomian daerah, serta membuka peluang kerja bagi masyarakat setempat. Selain itu, sektor pertambangan juga memicu pertumbuhan industri pendukung seperti transportasi dan perdagangan.

 

5. Provinsi Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur memiliki kota penghasil emas terbesar di Indonesia, yang terletak di Tujuh Bukit, Banyuwangi. Di sana, diperkirakan terdapat sekitar 28 juta ons cadangan emas dari total cadangan mineral sebanyak 1.9 ton.

Pertambangan emas di daerah tersebut memberikan dampak positif bagi ekonomi dan sosial, seperti meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan membuka lapangan kerja baru. Selain itu, industri ini juga memberikan kontribusi besar bagi pembangunan infrastruktur di daerah sekitar.

 

Banyak banget ya saham pertambangan emas di Indonesia, dari sekian banyak saham ini kira-kira kamu bakal pilih yang mana nih?

Tapi, apapun pilihan saham kamu, belinya di InvestasiKu aja yah!

Di InvestasiKu, kamu bisa cek harga, transaksi berbagai saham produsen emas yang kamu inginkan. Bahkan, kamu juga bisa dapatkan cashback point di setiap transaksi!

Yuk, segera download aplikasi InvestasiKu di smartphone kamu yah! Investasi? Ya InvestasiKu!

 

 

download investasiku`

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO