ARTIKEL
 

Ini Perbedaan Saham dan Reksadana, Pemula Wajib Masuk!

by Dany Mauriz Gibran - 25 Jul 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Perbedaan saham dan reksadana kerap kali menjadi pertanyaan dari pemula. Bahkan, banyak dari mereka yang belum tau. Oleh karena itu, kita akan bahas mulai dari pengertian, cara mengelola dana, level risiko, modal awal investasi, sampai proses penarikan dana.

InvestasiKu memberi dukungan penuh untuk generasi muda yang ingin belajar dan praktik investasi saham dan reksadana.

Tidak ada salahnya kita terjun pada keduanya. Tapi tunggu dulu, kita jabarkan beberapa perbedaan saham dan reksadana berikut ini:

 

Download InvestasiKu! Aplikasi Investasi Saham Terpercaya Diawasi Oleh OJK

 

Perbedaan Saham dan Reksadana Dalam Mengelola Dana

 

Saham

Kalau kamu terjun ke dunia saham, kamu akan mengelola modal kamu secara mandiri, tidak melewati perantara. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk belajar bersama investasiKu. 

Setelah itu, Gunakan strategi teknikal dan fundamental agar kamu tepat dalam mengambil keputusan. Keuntungan bisa saja kamu raih dalam beberapa jam atau hari. Selalu terapkan money management yang sehat akan membantu kamu meminimalisir kerugian.

 

Reksadana

Ketika seorang investor membeli reksadana, manajer investasi akan langsung turun tangan mengelola modal tersebut. Investor hanya butuh menunggu Anda hanya perlu menunggu bagaimana manajer investasi mengelola portofolio anda secara bijaksana.

 

Perbedaan Saham dan Reksadana Terkait Tingkatan Risiko

 

Saham

Risiko berupa kerugian dan keuntungan pada trading saham cenderung tinggi daripada reksadana. Namun, tentu saja sejalan dengan keuntungan yang diperoleh. Selalu ikuti aturan money management yang sehat. Kalau risiko kehilangan uang akibat saham gorengan bisa kamu hindari dengan berbagai cara yaitu:

  1. Pilih investasi pada saham blue chip
  2. Pilih saham yang memiliki prospek yang cerah
  3. Gunakan Aplikasi Investasi Saham Terbaik yaitu InvestasiKu

 

Reksadana

Tingkat risiko reksadana cenderung rendah dibanding saham. Tapi, ada kekurangannya yaitu tingkat pengembalian yang akan kamu dapat juga kecil. 

Karena reksadana kamu dikelola oleh manajer investasi, kamu bisa sedikit lega terhadap resiko kehilangan uang. Kamu harus sabar ketika berinvestasi pada reksa dana. Butuh waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan return yang signifikan jika menanam modal disini.

 

Perbedaan Saham dan Reksadana Terkait Tingkat Pengembalian

 

Saham

Modal yang kamu gunakan untuk trading saham akan kamu kelola sendiri. Maka, anda tidak wajib membayar biaya manajer investasi. Namun, terdapat fee transaksi beli 0.15% dan jual 0.25%.

Perbedaan investasi saham dan reksadana memiliki tingkat return yang jauh berbeda. Rata-rata tingkat pengembalian saham ada yang sampai menyentuh 25% dalam periode 6 bulan – 1 tahun. 

Ketika kamu trading saham, potensi mendapatkan pengembalian jauh lebih besar. Belajar dan praktik adalah kunci utama sukses pada dunia saham.

 

Reksadana

Berinvestasi pada reksadana akan dikenakan fee oleh manajer investasi untuk penjualan dalam periode tertentu. Istilah ini bernama exit load

Biasanya, kamu akan dikenakan potongan setiap akan melakukan penjualan fee exit load kurang dari 3 bulan sebesar 1.00%, 3-6 Bulan 0.50%, 6 Bulan – 1 Tahun 0.25%.

Tingkat return reksa dana, biasanya berkisar antara 5-10% persen per tahun. Tergantung jenis reksadana nya, terdapat 3 jenis reksadana yaitu reksadana pasar uang, obligasi, saham

 

Perbedaan Saham dan Reksadana Terkait Modal Minimum investasi

 

Saham

Calon investor yang sudah memutuskan bermain saham, saran modal yang cukup untuk investasi atau trading adalah sekitar Rp 5 Juta. Perlu kamu pahami, ketika kamu sudah mulai melirik suatu saham dan melaksanakan trading, hindari menggunakan lot yang melebihi modal anda atau kalkulasikan terlebih dahulu.

Kabar baiknya, investasiKu memfasilitasi kamu dengan berbagai kemudahan salah satunya trading saham mulai dari 100rb.

 

Reksadana

Reksa dana juga menarik, ada beberapa reksa dana menerima pembelian mulai dari 10rb sampai 100rb. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah besar untuk mencoba investasi. 

 

Perbedaan Saham dan Reksadana Terkait Beban Pajak

 

Saham

Dalam Investasi saham, pajak yang dikenakan kepada investor atas hasil dari penjualan dan pembelian saham di Bursa Efek adalah 0,1% yang dihitung dari jumlah bruto atas transaksi yang dilakukan. Sementara untuk penghasilan yang didapatkan investor dari dividen.

 

Reksadana

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang tidak terkena pajak. Akan tetapi, kamu tetap harus melaporkan profit dari hasil penjualan reksadana ke dalam laporan SPT Tahunan.

 

Perbedaan Saham dan Reksadana Terkait Proses Pencairan Dana

 

Saham

Anda bisa kapan aja menarik dana anda. Kamu bisa memutuskan untuk mengambil sebagian atau seluruh modal. Jika memang profit, kami sarankan untuk menarik hasilnya. Biasanya, 1 hari kerja penarikan dana.

 

Reksadana

Perbedaan saham dan reksadana yaitu reksadana memerlukan waktu untuk penarikan dana. Biasanya, modal akan masuk ke rekening dalam waktu 5 hari kerja.

 

Apa kesimpulan Perbedaan Investasi Saham dan Reksadana?

Sebenarnya, perbedaan investasi saham dan reksadana saham itu tidak begitu spesifik. Intinya, keuntungan dan resiko tetap ada. 

Jika kamu ingin bertransaksi dengan cepat dan rutin, investasi saham adalah pilihan yang tepat. Kalau kamu ingin mendapatkan pasif income tanpa harus liat grafik harga, reksadana adalah instrumen yang cocok untuk kamu.

Yuk! daftar InvestasiKu sekarang. Ada banyak pilihan saham. Proses registrasi cepat 1 hari kerja. Deposit dengan nominal kecil mulai dari Rp100 ribuan.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO