ARTIKEL
 

Pasar Saham adalah: Definisi, Manfaat Bagi Trader dan Investor

by Dany Mauriz Gibran - 22 Apr 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Apa Itu Pasar Saham?

Pasar saham adalah suatu tempat atau proses interaksi antara pembeli dan penjual saham. Selain itu, pasar saham merupakan tempat berbagai saham terbit dari perusahaan publik.

Di Indonesia, Pasar saham adalah nama lain dari bursa saham yang bernama Bursa Efek Indonesia (BEI).

Bursa efek di seluruh dunia tidak hanya jual beli saham, tetapi juga ada produk lainnya berupa obligasi, reksadana, Exchange Traded Fund (ETF), Structured Warrant, IDX30 Futures, dan Single Stock Futures.

Pada zaman dahulu, transaksi saham itu memakai sertifikat seperti surat. Seiring penemuan dan perkembangan teknologi, pasar telah bekerja secara digital.

Pasar saham adalah kumpulan informasi berupa kenaikan dan penurunan saham, berita terupdate tentang emiten terkait.

Selain itu, pasar saham juga merefleksikan kondisi perekonomian suatu negara. Pada negara maju, salah satu tujuan perusahaan yang melantai ke bursa efek atau go public untuk mendapatkan dana tanpa beban bunga.

Ketika perputaran ekonomi melemah, bursa efek bisa mencerminkan hal tersebut. Bisa terlihat pada volume perdagangan dan indikator IHSG yang menurun.

 

Download Aplikasi InvestasiKu Sekarang! Dapatkan Dividen Lewat Saham!

 

Jenis Pasar Saham

Pasar saham adalah tempat yang perdagangan yang memiliki regulasi ketat. Supaya menjamin trader aman dan tidak berspekulasi. Wajib kamu pahami, pasar terbagi menjadi dua, yaitu pasar perdana dan pasar sekunder.

 

1. Pasar Primer

Wadah bagi perusahaan menerbitkan dan menjual saham kepada masyarakat untuk pertama kalinya. Aktivitas ini memiliki istilah yakni IPO (Initial Public Offering)

Perusahaan yang sudah terdaftar pada bursa efek bisa merilis saham baru kedepannya. Di sisi lain, kamu harus berhati-hati bahwa saham juga bisa terkena delist atau dihapus dari bursa efek.

 

2. Pasar Sekunder 

Menyediakan fasilitas perdagangan saham untuk saham yang telah terlisting. Bursa efek memperoleh pendapatan dari biaya yang dikenakan dalam aktivitas jual beli pada pasar sekunder ini.

 

Manfaat Pasar Saham Bagi Trader

Terdapat beberapa manfaat pasar saham bagi semua kalangan yakni:

 

1. Penambah Modal Usaha

Perusahaan dapat memperoleh dana dengan listing saham ke bursa. Kalau memang kinerja perusahaan bagus, masyarakat pasti akan beli.

 

2. Meratakan Pendapatan

Siapapun yang telah membeli saham, mereka akan mendapatkan capital gain dan dividen. Nah, inilah keuntungan tambahan dari penghasilan kamu.

Oleh karena itu, jual beli saham lewat bursa menjadi salah satu sarana pemerataan pendapatan.

 

3. Menaikan Kapasitas Produksi 

Dengan adanya investor yang menanamkan dana ke pasar modal, maka daya produksi perusahaan akan meningkat.

 

4. Membuka Lapangan Kerja 

Eksistensi pasar modal dapat memajukan industri lain yang berdampak positif pada terciptanya lapangan kerja baru. 

Sebagai wadah peningkatan pendapatan negara. Perusahaan membagi dividen kepada para pemegang saham akan terkena pajak oleh pemerintah. 

Adanya tambahan pemasukan melalui pajak ini akan meningkatkan pendapatan negara. Sebagai indikator perekonomian negara Aktivitas dan volume penjualan/pembelian di pasar modal yang semakin meningkat (padat) memberi indikasi bahwa aktivitas bisnis berbagai perusahaan berjalan dengan baik. Begitu pula sebaliknya.

 

Baca Juga: IPO Saham: Pengertian & Cara Membelinya

 

Peserta di Pasar Saham

Ada beberapa orang yang hanya tau investor dan trader saja. Nyatanya, ada juga institusi yang terlibat pada pasar saham.

Beberapa tipe keterlibatan institusi atau pemain besar dalam bursa. Mereka memiliki tugas masing-masing agar pasar tetap berjalan semestinya.

 

1. Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas yang punya lisensi dan sah. Aktif sebagai perantara yang mewakili pemegang ritel untuk berdagang saham.

 

2. Manajer Portofolio

Kelompok atau perorangan yang profesional. Mereka mengelola portofolio untuk klien. Sebagai contoh, perusahaan reksa dana yang punya manajer investasi untuk mengatur strategi. Kamu tinggal duduk manis menunggu hasil.

 

3. Perbankan Investasi

Mereka mewakili perusahaan yang ingin IPO dan juga perusahaan yang terlibat dalam merger dan akuisisi dengan cara menangani proses pencatatan sesuai dengan persyaratan peraturan bursa efek.

 

4. Bank Kustodian

Merupakan penyedia jasa yang menjaga dan menyimpan produk sekuritas untuk meminimalkan risiko kehilangan.

 

5. Market Maker

Merupakan pihak yang mendapatkan izin dari bursa seperti sekuritas dan broker. Mereka menyediakan kuota bid dan offer suatu saham dalam jumlah tertentu agar saham tetap likuid.

 

Bagaimana Pasar Saham atau Bursa Mendapat Keuntungan? 

Pendapatan pertama dari bursa efek berasal dari biaya transaksi alias fee dari transaksi trader. Selain itu, bursa juga memperoleh pendapatan dari biaya yang dikenakan pada emiten yang merilis IPO.

Bursa juga memperoleh profit dengan membuat kebijakan untuk indeks. Nah, inilah yang menjadi acuan berbagai perusahaan aset seperti reksadana sebelum merilis produk keuangan mereka.

 

Mengapa Pasar Saham itu Penting?

Pasar saham adalah salah satu bagian yang paling perlu dari ekonomi yang beracuan pada penawaran dan permintaan. Pemerintah memiliki intervensi minim terhadap free-market.

Perusahaan bisa mengumpulkan dana dari investor. Di sisi lain, Investor juga bisa ikut serta dan mencari keuntungan dari capital gain serta dividen.

Yuk, daftar Investasiku sekarang. Pilihan saham favorit kamu ada di aplikasi InvestasiKu. Investasi mudah dan cepat mulai dari Rp100 ribuan aja.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO