ARTIKEL
 

Cara Trading Saham Harian dengan Tips Teknik Terbaik

BY Dany Mauriz Gibran - 7/29/2022 9:00:00 AM - 5 MINS READ

 

Cara trading saham harian itu sama seperti memulai sebuah bisnis. Banyak belajar dan praktik adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan. Masalahnya, kamu tidak hanya merencanakan strategi dan berapa modal yang kamu perlukan.

Melainkan kamu wajib mendapatkan fasilitas itu tanpa susah payah. Semua itu bisa kamu dapatkan di InvestasiKu. Sesuai tujuan kami yang terus berkomitmen untuk membuat generasi muda melek investasi.

Beberapa manfaat yang bisa investor dapatkan berupa: 

  • Memahami waktu yang tepat untuk trading saham harian
  • Belajar mengelola risiko saat trading saham harian

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa menuntunmu ke arah yang benar pada perdagangan: 

1. Mindset

Jika kamu sudah punya tekad kuat untuk meraih potensi keuntungan dengan cara trading saham harian, jangan mencoba untuk menguasai semua pasar. Bukan tidak boleh, melainkan kamu harus fokus dengan pergerakan harga emiten tertentu saja.

Mungkin, seorang trader perlu waktu lebih lama untuk menghasilkan uang dengan cara ini karena akan lebih mudah untuk beradaptasi. Setelah sudah terbiasa, kamu boleh saja mempelajari pasar lain.

2. Gunakan Strategi Cara Trading Saham Harian

Trader saham pemula harus belajar dan praktik secara rutin. Ketika mereka sudah melewati berbagai kondisi pasar, trader akan mendapatkan banyak wawasan yang bertujuan untuk mengantisipasi pergerakan harga yang tidak diinginkan.

Misalnya, kamu sudah menguasai satu teknik yang sudah menggambarkan gaya trading kamu sendiri. 

Ketika kamu telah menguasai beberapa teknik ini kamu akan mengembangkan gaya perdagangan khusus. Kamu juga dapat menggunakan serangkaian strategi untuk menunjang performa trading.

Berikut adalah cara trading saham harian dengan teknik populer yang bisa kamu pakai. Meskipun beberapa sudah kita sebutkan, teknik tersebut akan kita jabarkan yakni:

Download Aplikasi InvestasiKu Sekarang! Cocok Untuk Trading Harian!

1. Mengikuti Trend

strategi ini berjalan ketika trader membuka posisi pembelian pada saat trend naik sudah valid. Setelah itu, saat mereka sudah bisa memastikan kapan trend naik itu selesai, mereka akan langsung menjual saham nya. 

2. Trade Saat Koreksi

Strategi ini mengasumsikan ketika harga sedang koreksi sesaat / trend turun minor. Biasanya, trader saham akan tetap melakukan pembelian saat koreksi. Justru mereka beranggapan bahwa koreksi itu adalah harga saham yang sedang murah.

3. Scalping

Ini adalah gaya di mana spekulan bertransaksi ketika ada selisih celah yang sedikit. Teknik ini melibatkan kecepatan dalam mengambil keputusan dan keluar pasar dalam hitungan menit setelah profit.

4. Trading Saham Saat Ada Berita

Investor yang menggunakan strategi ini akan membeli saat kabar baik emiten terkait. Hal ini dapat menyebabkan volatilitas harga yang lebih besar, yang dapat menyebabkan keuntungan atau nyangkut lebih tinggi.

Cara trading saham harian itu agak susah untuk dikuasai. Ketika kamu mampu disiplin dan konsisten, kamu akan berterima kasih terhadap diri sendiri yang mampu mengontrol ego dalam diri.

Itu membutuhkan waktu, keterampilan, dan disiplin. Banyak yang mencobanya gagal, tetapi teknik dan panduan yang dijelaskan di atas dapat membantu Anda membuat strategi yang menguntungkan. 

Dengan latihan yang cukup dan evaluasi kinerja yang konsisten, kamu dapat meningkatkan peluang trading.

5. Kelola Risiko Saat Melakukan Perdagangan Harian

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu tahu cara mengendalikan risiko trading saham harian. Risiko perdagangan adalah toleransi seberapa besar trader bersedia mengambil risiko pada setiap perdagangan.  Idealnya, kami ambil risiko 3% atau kurang dari itu pada setiap perdagangan. Cara mengimplementasikan nya dengan menentukan stop loss, kamu bisa memastikan kerugian tiap transaksi kamu sebesar 3 persen dari modal.

Risiko juga dipengaruhi oleh seberapa besar lot saham yang kamu ambil, jadi pelajari cara menghitung lot yang aman termasuk saham dan forex. 

Sebenarnya, bisa saja kamu trading tanpa kelola risiko. Namun, Kebanyakan dari mereka tidak jangka panjang. Bahkan dalam kurun satu minggu atau bulan mereka sudah bangkrut.

Oleh karena itu, cara trading saham harian terbaik itu dengan tetapkan batas kerugian harian maksimal 3 persen. jika kamu sudah menerapkan risiko sebesar 3 persen, targetkan keuntunganmu sebanyak 6 persen. Itu adalah contoh risk dan rasio positif. 

Kalau kamu tetap loss dalam trading, hentikan perdagangan untuk sementara. Meskipun risk dan rasio kamu positif. Bukan berarti kamu over-trading. Trading disaat kamu tau pola candlestick yang efektif itu jauh lebih penting.

Dengan memahami pola candlestick, hal itu seharusnya tidak sering terjadi. Setelah seorang trader mencapai batas harian, entah itu loss atau profit. hentikan perdagangan untuk hari itu.

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK