ARTIKEL
 

Cara Belajar Saham dari Nol

BY Josua Lois Sinaga - 10/17/2022 11:28:00 AM - 4 MINS READ

 

Takut rugi? Takut dijebak bandar? Tapi, kalau nggak dimulai, mana bisa lihai?

Jangan takut buat mulai trading saham, karena kamu bisa belajar, meski masih awam!

Yuk, ketahui dulu apa itu trading saham. Setelah itu, kamu bisa terapkan beberapa cara belajar trading saham mudah, biar kamu dapat profit yang wah!

 

Pengertian Trading Saham

Berbeda dengan investasi saham, trading saham adalah kegiatan transaksi jual beli saham, atas perusahaan atau perseroan terbatas, dalam jangka pendek. 

Tujuannya tentu untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal, di dalam waktu singkat tersebut. Tidak mudah untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan trading, karena kamu harus melakukan berbagai analisis.

Salah satu analisis yang paling sering digunakan untuk trading saham adalah analisis teknikal. Di dalam analisis tersebut memiliki banyak tools, indikator, dan lainnya yang bisa digunakan.

Tapi, karena kamu masih awam alias pemula, pasti tidak mungkin jika kamu langsung terjun secara spontan, dan melakukan analisis tersebut tanpa belajar dan bimbingan.

Nah, dari pada memunculkan pemahaman yang salah, mendapatkan kerugian, hingga bisa memicu berbagai hal yang berpengaruh di kemudian hari, kamu bisa belajar trading saham dari nol berikut ini.

 

Membaca Buku Belajar Saham

Cara belajar trading saham dari nol yang pertama adalah dengan membaca buku belajar saham. Ada banyak rekomendasi buku belajar saham yang bisa kamu pilih, seperti buku yang direkomendasikan Warren Buffet.

Dengan membaca buku, mindset kamu tentang trading saham akan lebih terbuka. Terlebih, di dalam buku banyak menjelaskan semua informasi tentang saham, mulai dari pengalaman pribadi, istilah saham, sejarah, langkah, rumus, analisis dan lain sebagainya.

Kamu bisa pilih buku belajar saham baik impor maupun lokal, karena sama-sama bagus. Terlebih jika buku saham ditulis oleh para ahli yang sudah berpengalaman di bidang investasi saham.

Kamu juga bisa pilih untuk belajar di buku fisik atau buku berupa e-book. Setelah membaca buku, kamu bisa berdiskusi dengan rekan atau orang yang lebih berpengalaman, agar ilmu kamu tidak hanya sekadar teori.

 

Baca juga: 6 Buku Belajar Investasi Saham

 

Memiliki Modal dan Tentukan Budget untuk Investasi Saham

Di tahap awal dalam belajar saham dari nol, kamu harus memiliki modal dan tentunya dengan budget yang sesuai dengan saham yang kamu incar.

Bila perlu tentukan dari jauh-jauh hari, terkait budget yang akan digunakan untuk transaksi saham. Pastikan juga, bahwa dana yang akan digunakan untuk saham, adalah uang dingin.

Uang dingin adalah uang yang tidak digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari, uang cicilan, uang sekolah, dan lainnya.

Meski tidak menggunakan uang panas, kamu juga harus tetap memiliki dana darurat, sebagai pegangan dan juga sebagai jaga-jaga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat investasi saham.

 

Memilih Sekuritas

Sekuritas menjadi hal krusial dan wajib diperhatikan agar tak gagal trading. Pastikan Anda memilih sekuritas yang tepat sehingga keuntungan bisa diperoleh. Alasannya karena sekuritas memiliki biaya broker yang dibebankan pada Anda setiap Anda melakukan jual beli saham.

Disarankan Anda memilih sekuritas yang mematok biaya transaksi murah sehingga tidak menjadi beban finansial Anda. Kebutuhan tak akan terganggu walaupun Anda melakukan trading saham.

 

download investasiku

 

Tidak Membeli Saham Saat Harga Turun

Tips ini sering diabaikan karena kebanyakan investor membeli saham saat harga turun sehingga budget tak terlalu besar. Alasannya karena saham pasti bisa naik dan bisa memperoleh banyak keuntungan, padahal cara tersebut salah. Walaupun teknik tersebut dipilih sebagian investor, tapi tak bisa dijadikan patokan karena tak mengetahui apakah saham yang dibeli akan naik atau selalu anjlok.

 

Menghindari Saham Aneh

Peminat trading saham semakin meningkat signifikan sehingga banyak orang tak bertanggung jawab yang memanfaatkan keadaan. Untuk itulah Anda harus menghindari saham aneh atau saham yang menawarkan keuntungan besar tetapi harganya rendah.

Saham jenis itu sering membuat trader menyesal karena tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan. Banyak trader pemula menjadi korban karena bermimpi mendapat keuntungan besar walaupun harganya rendah.

Jadilah trader yang profesional dan bekerja giat karena tak ada ceritanya seorang trader menjadi jutawan dalam satu malam. Abaikan jika mendapat bujukan atau pesan mengenai saham aneh atau saham yang berbentuk menyerupai judi. Lebih baik bersikap realistis dan bijak memilih saham yang dibeli.

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK