ARTIKEL
 

6 Buku Belajar Investasi Saham

BY Josua Lois Sinaga - 10/4/2022 1:57:00 PM - 7 MINS READ

 

Ketika kondisi ekonomi negara, bahkan dunia mulai mengancam, investasi menjadi salah satu tindakan, yang bisa dilakukan untuk tambah pemasukan.

Mau jualan, apa-apa mahal. Nah, investasi bisa jadi pilihan yang paling bener nggak si?

Dari banyaknya instrumen investasi, saham menjadi salah satu instrumen paling direkomendasi.

Tapi, bukannya investasi atau trading saham itu susah ya? Apalagi harus rajin memantau grafik secara berkala.

Jika Kawan Visto mau belajar, terlebih dari sumber-sumber yang relevan dan terpercaya, investasi atau trading saham, bisa jadi suatu yang menyenangkan kok!

 

Belajar Saham Seru Lewat Buku

Belajar saham asyik dan seru, bisa kamu mulai dari baca buku. Karena, beberapa buku belajar saham berikut ini, mudah dipahami, terlebih untuk para pemula.

Jangan khawatir dengan bahasa dan istilah yang sulit dipahami. Karena, mayoritas buku belajar saham kebanyakan, sudah menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp70 ribuan hingga Rp200 ribuan. Dengan harga tersebut, tentunya sangat mencukupi untuk kamu belajar saham, sebelum terjun langsung.

 

Cara Pilih Buku Belajar Saham yang Tepat

Jangan jadikan saham menjadi ilmu yang menakutkan, maka dari itu kamu perlu memahami, terkait informasi saham apa saja yang mungkin kamu butuhkan dari sebuah buku.

Berikut cara pilih buku belajar saham yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu

  • Pilih buku berdasarkan topik yang ingin dipelajari, misalnya materi umum tentang saham, analisis teknikal, analisis fundamental, istilah-istilah saham atau trading, dan lain sebagainya.
  • Pilih buku yang mudah dimengerti dari segi bahasa dan alur pembahasan, untuk level pemula, menengah, hingga profesional.
  • Pilih berdasarkan penulisnya, bila perlu pilih buku dari praktisi saham
  • Pilih buku belajar saham baik impor atau lokal sesuai kebutuhan kamu. Jika buku impor, kamu bisa beli yang versi terjemahan agar kamu bisa lebih mengerti.

Nah, selanjutnya kamu bisa intip rekomendasi buku belajar saham terbaik berikut ini, yang memiliki rating dan review cukup bagus dari pembaca sebelumnya.

 

1. Smart Trader Not Gamblers 

Pertama, saat terjun ke dunia saham, kamu bukan lagi sedang main-main atau melakukan aktivitas jual beli berdasarkan feeling. Karena, jika tidak dilakukan dengan tepat, kamu akan mengalami kerugian, yang bahkan nilainya tidak sedikit.

smart trader not gamblers - buku belajar investasi saham investasiku

Sehingga, kamu butuh buku belajar untuk pemula, yang ditulis oleh Ellen May. Buku ini juga bisa ditujukan oleh trader di level menengah. 

Melalui buku ini, kamu akan belajar tentang psikologi trading sehingga keputusan beli jual saham dapat dilakukan dengan benar. Harapannya adalah setelah membaca buku ini, kamu tidak lagi membeli atau menjual saham berdasarkan feeling.

 

Baca juga: 3 Ciri Saham yang Akan Naik

 

2. Technical Analysis for Mega Profit

Buku belajar saham selanjutnya yang direkomendasikan untuk pemula maupun profesional adalah buku yang mempelajari tentang analisis teknikal, yakni Technical Analysis for Mega Profit.

 

Technical Analysis for Mega Profit - buku belajar investasi saham investasiku

 

Tidak hanya sekilas, di buku ini kamu bisa mempelajari analisis teknikal secara mendalam. Ilmu ini bisa kamu pelajari, ketika kamu sudah memahami ilmu dasar tentang saham.

Karena dalam analisis teknikal, kamu akan dihadapkan dengan banyak istilah, rumus, dan lainnya. Nah, dengan buku ini, kamu bisa lebih mudah untuk memahaminya, karena memiliki informasi lengkap, terstruktur, dan mudah dipelajari.

Di dalam buku ini, setidaknya kamu akan menemui beberapa metode dan teknik analisis, seperti dengan analisis candlestick, analisis tren pasar, mendapatkan keputusan untuk beli atau jual. Dengan analisis teknikal juga, kamu akan memiliki pondasi lebih kokoh terkait identifikasi pergerakan saham.

 

download investasiku

 

3. Bandarmology

Buku belajar saham yang selanjutnya adalah Bandarmology. Wah buku tentang apa lagi nih? Kok judulnya nggak ada istilah sahamnya sama sekali?

 

bandarmology - buku belajar saham investasiku

 

Sebagai trader atau investor ritel, kamu juga harus tahu aktivitas-aktivitas bandar yang bisa mempengaruhi pergerakan pasar. Dengan mengetahui rahasia bandar, kamu bisa meminimalisir kerugian dan mendapatkan cuan dari pergerakan bandar di bursa saham.

Bahkan, jika mengibaratkan pasar saham di kehidupan nyata, ada sebuah ungkapan yang cukup berkaitan, yang berbunyi "Di laut pasti ada ikan kecil dan ikan besar".

Artinya, di pasar saham juga terdapat investor kecil (ritel) dan investor besar (bandar). Pelaku saham yang disebut bandar, memiliki banyak uang, yang bisa mempengaruhi pergerakan harga saham.

Lalu apa saja isi dari buku ini? Di buku Bandarmology, kamu akan diajak untuk lebih memahami tentang ciri-ciri pergerakan bandar, jebakan bandar, tipuan bandar, dan lainnya.

Bahkan, di buku ini juga kamu bisa mengetahui cara untuk memanfaatkan, untuk bisa mendapatkan keuntungan dari aktivitas bandar. Lumayan bukan, kalau sudah tahu rahasia dan peluang, kita bisa ‘nebeng’.

 

Baca juga: Pahami 4 Siklus Saham Ini Biar Ga Diguyur Bandar

 

4. The Intelligent Investor - Benjamin Graham

Buku belajar saham yang wajib dimiliki dan dibaca oleh semua jenis investor saham, adalah The Intelligent Investor yang ditulis oleh Benjamin Graham.

Buku ini pertama kali dirilis pada tahun 1949. Bahkan, saking bagusnya, investor saham tersukses, yakni Warren Buffet pernah memuji buku ini, dan merekomendasikannya.

Itu artinya, buku ini sangat direkomendasikan, bagi kamu yang dan semua orang yang ingin serius terjun ke dunia saham.

Di buku yang ditulis Benjamin Graham ini juga, menjelaskan semua tentang saham, secara lengkap dan mudah dipahami. Di mana kamu akan diperkenalkan sejarah pasar saham, istilah, cara berinvestasi dan lain sebagainya.

Di kalangan pelaku saham, buku ini sudah sangat best seller. Jadi, wajib banget nih buat kamu beli!

 

the intelligence investor - buku belajar investasi saham investasiku

 

5. Invested - Danielle Town

Tidak kalah menarik, terlebih untuk para pelaku saham pemula, buku Invested dari Danielle Town, adalah buku belajar saham yang tepat. Mengapa? Karena, buku ini akan mengenalkan dan mengajarkan kamu saham dari nol.

Jangan khawatir jika kamu kurang paham, karena penulis akan menjelaskan sesuai dengan pengalaman pribadinya, ketika terjun di dunia saham.

 

invested danielle town - buku belajar investasi saham investasiku

Bukan pelaku saham pemula, Danielle Town belajar saham mulai dari nol, yang awalnya sama sekali tidak tahu, selama 12 bulan. Tidak sendirian, Danielle juga juga dibantu oleh sang ayah, untuk memahami saham. 

Akhirnya, Danielle pun menulis buku Invested, yang baru dirilisnya pada tahun 2018. Buku ini juga masuk ke jajaran buku saham best seller, untuk tipe investasi saham.

Ketika membaca buku ini, kamu tidak akan bosan karena tidak hanya menampilkan pembahasan terkait analisa saham, yang mendetail saja. Karena tujuannya, memang ditujukan untuk pemula, agar lebih mudah mengerti.

 

6. Jeli Investasi Saham ala Warren Buffet - Budi Rahardjo

Terakhir ada buku belajar saham yang berisi tentang kesuksesan Warren Buffet berjudul Jeli Investasi Saham dari Budi Rahardjo. Siapa yang tidak kenal Warren Buffet, yang merupakan investor saham ternama dan terkaya di dunia, yang sukses di dunia saham.

Jeli Investasi Saham ala Warren Buffet - Budi Rahardjo - buku belajar investasi saham investasiku

Bahkan, Warren Buffet juga sering disebut sebagai legenda di dunia saham. Buffet sangat ditunggu-tunggu, karena ia sering memberikan prediksi saham apa saja, yang akan naik dan juga yang turun.

Tidak hanya itu, waktu terbaik investasi saham, juga bisa diprediksi dengan baik. Sehingga, kamu bisa mengetahui kapan bisa memutuskan untuk jual atau beli saham.

Bahkan, pengalaman kesuksesan Warren Buffet di dunia saham, juga ditampilkan di buku ini. Maka tak heran jika buku ini sering menjadi acuan para investor pemula maupun profesional.

Jadi gimana nih Kawan Visto? Sudah memutuskan pilihan untuk beli buku belajar saham yang mana? Kalau pilih aplikasi saham online yang user friendly, pakai InvestasiKu saja!

Terlebih, kamu juga bisa dapatkan cashback berupa Allo Points!

download investasiku

 

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK