ARTIKEL
 

Cara Tebus Right Issue (video tutorial)

by Estrin Vanadianti Lestari - 17 Jan 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Wah ada perusahaan yang bakal right issue nih! Sebagai pemegang saham tersebut, pasti bakal diprioritaskan. Eits, sebentar! Right issue saham itu apa ya?

Nah, beberapa pemula mungkin masih banyak yang bingung nih, dengan istilah Right Issue Saham.

 

Apa itu Right Issue?

Right issue adalah aksi korporasi yang dilakukan emiten yang membutuhkan tambahan modal, dengan cara mengeluarkan saham baru. Uniknya, dalam kasus right issue saham ini, para pemegang saham lama akan lebih diutamakan atau diprioritaskan, dibanding pemegang saham baru.

 

Cara Tebus Right Issue

  1. Buka aplikasi InvestasiKu dan login
  2. Pada halaman Homepage, klik Portofolio
  3. Klik emiten saham yang kamu inginkan untuk ditebus
  4. Klik tebus, lalu tentukan jumlah lot yang ingin ditebus
  5. Setelah itu, klik tebus lagi, lalu klik confirm untuk mengkonfirmasi penebusan
  6. Penebusan Right Issue sedang dalam proses
  7. Klik “Cek status order
  8. Pilih kategori “Tebus Right/Warrant
  9. Di halaman ini, Kawan Visto bisa melihat status order dari penebusan Right
  10. Lalu klik pada emiten, untuk melihat Order Detail
  11. Setelah proses selesai, maka pesan akan masuk ke dalam portofolio Kawan Visto 2-3 hari bursa dari proses tebus

 

Video tutorial: Cara Menebus Right Issue

 

Tujuan Utama Right Issue Saham

Adapun right issue saham sendiri dilakukan dengan tujuan, agar investor lama membeli sahamnya dengan harga diskon, sebelum ditawarkan ke investor baru. Selain itu, jumlah surat berharga tambahan yang dapat dibeli, tergantung pada kepemilikan yang ada dari pemilik saham (perusahaan).

Pengertian right issue  juga bisa dikaitkan dengan aktivitas membayar utang, untuk menopang neraca yang defisit. Kebutuhan dana perusahaan, membuka kesempatan kepada pemegang saham, daripada harus pinjam ke bank. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi para perusahaan dengan laporan keuangan positif, karena juga bisa melakukan right issue.

 

Contoh Right Issue Saham

Tidak sembarang keluarkan saham baru, dalam pembagian right issue juga akan dihitung berdasarkan rasio. Misalnya, pada rasio 1:3, berarti setiap investor yang mempunyai satu saham lama, akan diberikan hak membeli sebanyak 3 lembar saham baru.

Contoh dan gambarannya seperti ini:

Seorang investor, sebut saja David punya 10.000 saham pada PT CDL. Perusahaan kemudian melakukan right issue, dengan rasio 1:3. Artinya, David diberikan hak untuk membeli saham sebanyak 3 kali dari jumlah sahamnya saat ini, sebanyak 30.000 saham.

Perusahaan menerbitkan saham baru (right), dengan harga yang lebih rendah ataupun tinggi. Setelah itu, kembali lagi kepada kepada investor lama, berminat untuk membeli saham baru atau tidak.

Jika hak ini tidak dipakai oleh investor lama, maka akan dialihkan ke pemegang saham baru. atau biasa disebut sebagai standby buyer.

 

Apakah Right Issue Menguntungkan?

Kalau kamu ingin mengikuti right issue saham, alangkah baiknya memahami keuntungan dan kelemahan right issue saham, diantaranya sebagai berikut:

 

Keuntungan Right Issue Bagi Perusahaan

  • Penawaran HMETD atau rights issue (RI), mampu memperoleh keuntungan bagi perusahaan dengan membantu mereka untuk meningkatkan modal usaha. Kalau sebuah perusahaan sedang berjuang melawan masalah finansial, cara seperti ini dapat menolong mereka untuk meningkatkan neraca, dengan mengurangi hutang atau menyuntikkan arus kas baru, ke dalam bisnis.
  • Cara ini juga dapat meningkatkan minat pasar terhadap perusahaan, sehingga investor baru dapat membelinya dan berpotensi mendorong harga saham naik.
  • Right issue atas pinjaman, memungkinkan perusahaan tidak perlu membayar kembali dana tersebut. Ketika perusahaan mengeluarkan hak pembagian dividen kepada investor, itu artinya pengaturan yang berbeda. Alih-alih pembayaran kembali pinjaman secara teratur, kamu justru mendapatkan suntikan uang tunai yang murni, dan dapat kamu gunakan untuk membangun bisnis.

  • Cara ini termasuk cara yang bisa menghemat biaya, karena perusahaan tidak perlu membayar Penjamin Emisi Efek.

  • Menawarkan saham baru dengan harga diskon, juga dapat mendukung perusahaan untuk mempertahankan kepercayaan investor baru dan juga lama.

 

Keuntungan Right Issue Bagi Investor

  • Jumlah saham yang dapat dibeli investor melalui right issue, akan sebanding dengan jumlah saham yang mereka miliki saat ini.
  • Kamu punya peluang mewujudkan keuntungan yang signifikan, tergantung pada harga pasar dan harga diskon saham baru.

 

Kerugian Right Issue Bagi Perusahaan dan Investor

Yang namanya investasi, pasti ada kemungkinan rugi. Pasalnya, ada beberapa potensi kerugian juga, setelah terjadi right issue. Kok bisa?

Kerugian pada right issue bisa terjadi salah satunya karena, perusahaan mungkin tidak berhasil meraih target, dan gagal meraih kinerja perusahaan yang baik.

Apa saja kerugian yang bisa dialami investor saat right issue? Nah, bagi seorang investor, ada beberapa potensi kerugian yang akan timbul di antaranya adalah:

  • Nilai setiap saham dapat terdilusi setelah pengumuman RI.
  • Penggalangan dana melalui right issue seringkali menimbulkan tekanan bagi emiten.
  • Investor dapat kehilangan nilai holding jika harga saham turun setelah RI.

 

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO