ARTIKEL
 

5 Tips Hidup Tenang Tanpa Utang di Usia 20 Tahun

by William Fernandes - 02 Feb 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Gimana Cara Menghindari Utang?

Utang adalah salah satu masalah yang sering kita temui dalam kehidupan setiap hari nya. utang sendiri tentu gak muncul tiba-tiba. Umumnya utang muncul karena adanya kebutuhan akan uang yang gak bisa dipenuhi.

Berutang itu normal banget kok dan boleh-boleh aja. tapi, jika utang sudah menjadi kebiasaan bahkan gaya hidup maka hal ini bisa membuat kondisi finansial menjadi gak sehat.

Bahkan beberapa orang yang gemar berutang ada yang mengalami nasib buruk yakni terlilit utang hingga dikejar-kejar sama debt collector.

Oleh karena ini kamu yang masih berumur 20 an wajib untuk belajar mengenai utang dan peduli. jangan sampai terlilit utang hingga membuat kondisi finansial menjadi sangat buruk. Tapi gimana caranya? simak informasi berikut ini.

 

Cara Hidup Tenang Tanpa Utang di Usia 20-an

 

1. Jangan Menunda untuk Bayar Utang

Hal pertama yang harus kamu lakukan masih memiliki utang adalah dengan tidak menunda untuk membayar utang.

Jadi apabila kamu memiliki utang, maka segeralah untuk membayarnya. entah dengan mencicil atau segera melunasinya.

Karena jika kita suka menunda untuk membayar utang maka yang terjadi adalah kita akan tergoda untuk menggunakan uang tersebut ke hal lainnya.

Kalau sampai kejadian begini, maka utang yang kita miliki gak akan lunas hingga utang tersebut menggunung.

 

2. Hidup Sesuai isi Dompet

Anak muda jaman sekarang banyak digoda oleh barang-barang mewah dan gadget yang canggih, hingga terjebak dengan gengsi yang berujung hidup tidak sesuai isi dompetnya.

Selain itu hidupnya berlebihan dan gak sesuai penghasilan, hal ini membuat mereka tergerak untuk mencari uang pinjaman.

Oleh karena itu, penting banget di usia muda kita turunkan gengsi dengan hidup sesuai isi dompet.

Tapi apa artinya hidup sesuai isi dompet? kita gak perlu gengsi untuk melakukan gaya hidup sederhana. hal ini akan jauh membuat hati kita tenang dalam menjalani kehidupan tanpa beban utang.

 

Baca juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Mahasiswa

 

3. Kebutuhan Harus di Atas Keinginan

Hal yang membuat anak muda memutuskan untuk berutang adalah munculnya sifat keinginan yang berlebihan.

Keinginan untuk beli barang yang tidak sesuai kemampuan bisa membuat kita terjerumus dengan utang konsumtif, oleh karena itu kita harus tau beda nya kebutuhan dan keinginan.

Bedanya keinginan dan kebutuhan itu apa sih? Kebutuhan adalah hal-hal yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan hidup sehari-hari seperti makan, minum, tempat tinggal, dan, pakaian. Sedangkan keinginan adalah hal-hal yang ingin kita miliki, tetapi tidak selalu dibutuhkan, seperti gadget terbaru, perjalanan ke luar negeri, dan sepatu baru.

Dengan tau prinsip ini, maka kita tidak akan mudah tergoda dengan keinginan-keinginan yang datang karena harus mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan.

 

4. Kurangi Kebiasaan Belanja Online

Kemudahan yang ditawarkan platform belanja online saat ini membuat kita jadi lebih konsumtif.

Bahkan aplikasi belanja online saat ini menyediakan fitur paylater.

Apa itu paylater? paylater adalah sebuah istilah yang merujuk pada transaksi pembayaran atau jasa. Pada dasarnya paylater adalah layanan untuk menunda pembayaran atau berutang yang wajib dilunasi di kemudian hari.

Dengan mengurangi kebiasaan belanja online maka kita juga akan lebih cermat dalam mengelola keuangan serta menghindari gaya hidup boros.

 

Baca juga: Berutang boleh saja, asal aman cashflownya

 

5. Mulai Menabung dan Berinvestasi

Terakhir, cobalah untuk mengalokasikan pendapatan untuk menabung dan investasi, agar membantu kita meraih kesejahteraan finansial jangka panjang. Hal ini juga membuat kita untuk menghindari berutang.

Nah, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO