ARTIKEL
 

Mengenal Apa Itu Investasi: Ada Manfaat dan Juga Risikonya!

by William Fernandes - 16 Feb 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Investasi menjadi salah cara orang untuk menambah kekayaannya, dengan cara menanamkan aset atau dana untuk jangka waktu tertentu untuk mencapai pengembalian yang lebih tinggi di masa depan.

Salah satu orang terkaya di dunia yang menjadi kaya raya berkat investasi adalah Warren buffet, di mana menurut forbes kekayaan yang dimiliki nya mencapai Rp1.061 triliun, sangat banyak bukan? Oleh karena itu yuk kita bahasa lebih lengkap tentang Investasi.

Apa Itu Investasi

Investasi adalah cara untuk mengelola uang kamu sekarang untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Sejak usia muda, seperti usia 20-an tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai berinvestasi karena kamu memiliki waktu untuk menyimpan dan mengembangkan uang.

Berinvestasi dapat membantumu mencapai tujuan keuangan jangka panjang seperti membeli rumah, mempersiapkan dana pensiun, atau mengatur keuangan untuk masa tua.

Ada beberapa jenis investasi yang tersedia, seperti saham, obligasi, reksadana, properti, dan lain-lain. Setiap jenis investasi memiliki risiko dan imbal hasil yang berbeda, jadi penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan keuangan kamu sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Penting juga untuk belajar dan memahami investasi sebelum memulai. kamu dapat membaca buku, mengikuti kursus atau workshop, atau berkonsultasi dengan ahli keuangan untuk memahami bagaimana investasi bekerja dan bagaimana memilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko kamu.

Ingatlah bahwa investasi memerlukan waktu dan kesabaran. kamu gak akan bisa melihat hasil yang instan, tetapi dengan konsisten dan disiplin.

 

Jenis-jenis Instrumen Investasi

Setelah tau apa itu investasi, berikutnya adalah instrumen investasi umum yang dapat kamu pertimbangkan, antara lain : 

 

1. Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam berbagai jenis aset seperti saham, obligasi, dan properti melalui satu produk yang dikelola oleh manajer investasi profesional. Reksadana dapat menjadi pilihan yang baik bagi investor pemula karena mudah digunakan dan memberikan akses ke berbagai jenis aset.

 

2. Deposito Bank

Deposito adalah instrumen investasi yang aman dan stabil karena uang kamu ditempatkan pada bank yang diatur dan diawasi oleh pemerintah. Imbal hasil deposito biasanya lebih rendah dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, tetapi juga lebih stabil dan tidak memerlukan pemahaman yang mendalam mengenai investasi.

 

3. Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah. Investor membeli obligasi dengan harapan akan memperoleh imbal hasil yang tetap selama jangka waktu tertentu. Obligasi dapat menjadi pilihan yang baik bagi investor yang mencari stabilitas dan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan deposito.

 

4. Saham

Saham adalah tanda kepemilikan pada perusahaan yang menerbitkan saham. Investor membeli saham dengan harapan bahwa nilai perusahaan akan tumbuh seiring waktu, sehingga membawa keuntungan bagi investor. Saham memiliki potensi imbal hasil yang tinggi, tetapi juga memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

 

Risiko Dalam Investasi

Investasi memiliki risiko dan merupakan bagian dari proses mencari keuntungan. Risiko dapat berasal dari berbagai sumber, seperti fluktuasi pasar, kegagalan perusahaan, inflasi, atau perubahan ekonomi, penjelasannya sebagai berikut:

 

1. Risiko Pasar

Fluktuasi harga pasar dapat mempengaruhi nilai investasi kamu. Misalnya, jika harga saham turun, nilai investasi kamu juga turun.

 

2. Risiko Kredit

Risiko ini terjadi ketika perusahaan atau pemerintah yang menerbitkan obligasi tidak mampu membayar kembali utang mereka tepat waktu.

 

3. Risiko Inflasi

Inflasi adalah kenaikan harga-harga secara umum dan dapat mempengaruhi daya beli uang kamu. Inflasi juga dapat mempengaruhi imbal hasil investasi kamu.

 

4. Risiko Ekonomi

Perubahan ekonomi, seperti resesi atau krisis finansial, dapat mempengaruhi nilai investasi kamu.

 

5. Risiko Geopolitik

Kondisi politik dan lingkungan global, seperti perang, konflik, atau ancaman teror, dapat mempengaruhi pasar dan nilai investasi kamu.

 

Baca Juga: Berutang Boleh Saja, Asal Aman Cashflownya

 

Manfaat Investasi

 

1. Mengembangkan modal

Investasi dapat membantu kamu mengembangkan modal dalam jangka panjang. Ini karena imbal hasil yang didapatkan dari investasi akan dapat memperkuat posisi keuangan kamu.

 

2. Menciptakan kekayaan

Investasi juga dapat membantu kamu membangun kekayaan jangka panjang. Ini karena investasi akan terus menghasilkan pendapatan dan meningkatkan nilai aset kamu.

 

3. Menjaga daya beli uang

Investasi dapat membantu kamu menjaga daya beli uang di masa depan. Ini karena inflasi akan mempengaruhi nilai uang kamu dalam jangka panjang, dan investasi dapat membantu mempertahankan nilai uang kamu.

 

4. Mengurangi beban pajak

Beberapa jenis investasi memungkinkan kamu untuk mengurangi beban pajak. Misalnya, dalam beberapa negara, pemerintah memberikan insentif pajak untuk investasi dalam reksadana atau produk investasi lainnya.

 

5. Meningkatkan kualitas hidup

Investasi dapat membantu kamu memenuhi tujuan keuangan jangka panjang, seperti membeli rumah, membiayai studi atau pensiun. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup kamu dan membuat lebih merasa tenang dan aman.

 

6. Meningkatkan potensi imbal hasil

Investasi dapat menawarkan potensi imbal hasil yang lebih tinggi daripada simpanan di bank. Ini karena investasi memiliki Risiko yang lebih tinggi, namun juga memiliki potensi imbal hasil yang lebih tinggi.

 

7. Mempersiapkan masa depan

Investasi juga dapat membantu kamu mempersiapkan masa depan. Ini karena kamu dapat membangun kekayaan dan memperkuat posisi keuangan kamu untuk masa depan.

Nah, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO