LIFESTYLE
 

Frugal Living, Cara Cerdas Hidup Hemat

by FIRMAN MARIHOT - 08 Jul 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Frugal living atau hidup hemat bukanlah hidup yang merana atau sederhana karena tidak memiliki dana melainkan gaya hidup minimalis yang seimbang dengan berorientasi pada tujuan keuangan agar bisa mengalami kebebasan financial. Untuk itu kamu harus memiliki cara cerdas dalam pengelolaan keuangan yang bijak dgn prioritas yang tepat.

 

Mengapa Kamu Harus Hidup Hemat?

Salah satu alasan yang paling efektif adalah kamu harus membayar diri sendiri terlebih dahulu. Sisihkan sebagian dari pendapatan untuk tabungan dan diinvestasikan sebelum membayar tagihan atau pengeluaran lainnya. Menabung dan berinvestasi secara teratur sangat penting, meskipun harus mengorbankan beberapa kesenangan sesaat.

 

Baca juga: Latte Effect, Kebiasaan Tanpa Sadar Mempengaruhi Kondisi Keuangan

 

Cara Cerdas Hidup Hemat, Frugal Living?

Cara cerdas hidup hemat, frugal living bertujuan agar kamu bisa mencapai kebebasan financial melalui sejumlah dana yang bisa ditabung dan diinvestasikan setiap bulan secara berkala. Kamu harus ingat, frugal living bukan sekedar hanya menabung, tetapi yang terpenting adalah bagaimana menggunakan dana tabungan tersebut secara cerdas ke dalam investasi yang tumbuh seiring waktu. Berikut cara cerdas hidup hidup hemat : 

 

  1. Buat Anggaran Bulanan

Catat semua pengeluaran dan pendapatan. Kamu harus tentukan batas untuk setiap kategori pengeluaran seperti makan, transportasi, hiburan dan lain-lain.

 

  1. Gunakan Teknologi untuk Menghemat

Kamu bisa gunakan aplikasi keuangan untuk melacak pengeluaran, mencari diskon dan penawaran online. Bahkan kamu bisa mengunakan aplikasi InvestasiKu yang memberikan rewards berupa MPC Point dari setiap investasi saham, obligasi dan reksadana yang kamu lakukan. Point ini bisa kamu gunakan untuk belanja di merchant-merchant CT Corp mulai dari kebutuhan pokok hingga bisa diinvestasikan Kembali di InvestasiKu.    

 

  1. Hindari Hutang Konsumtif

Usahakan kamu untuk tidak menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang tidak penting. Aapabila kamu memiliki tagihan kartu kredit bayar hutang tepat waktu untuk menghindari bunga yang lebih tinggi dan prioritaskan untuk melunasi hutang kartu kreditmu secepatnya.

 

  1. Investasi untuk Masa Depan

Pelajari dasar-dasar investasi dan mulailah berinvestasi sedikit demi sedikit dengan cara membuka rekening khusus investasi, rekening dana nasabah (RDN). Kamu bisa menggunakan aplikasi InvestasiKu untuk mendapatkan RDN bahkan langsung berinvestasi di hari yang sama. Satu aplikasi kamu bisa gunakan untuk investasi saham, obligasi dan Reksadana bahkan dari setiap kegiatan transaksi di investasiKu kamu mendapatkan MPC Point dengan sejumlah manfaat. Bahkan kamu bisa menghitung berapa nilai investasi atau tabungan yang harus kamu siapkan melalui kalkulator di website InvestasiKu.id 

 

  1. Minimalisme

Latihlah dirimu dengan tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan, fokus pada kualitas daripada kuantitas dari setiap pembelian. Sebelum memutuskan untuk membeli tanyakan kepada dirimu sendiri apakah barang tersebut kebutuhan (wants) atau keinginan (needs). Bila sulit membedakan apakah itu kebutuhan atau keinginan, tundalah membuat keputusan membeli di hari yang sama apabila itu tidak bisa ditunda maka itu adalah kebutuhan sedangkan apabila bisa ditunda berarti itu adalah keinginan sehingga kamu bisa membedakan mana yang penting dan yang tidak penting. Itulah frugal living, cara cerdas hidup hemat.   

 

Saksikan Sunset Talk di detik sore

 

Mengapa Frugal Living Penting?

  1. Mengurangi Stres Keuangan

Dengan pengeluaran yang terkontrol, kamu bisa lebih tenang dan tidak terlalu terbebani oleh tekanan keuangan.

  1. Meningkatkan Tabungan

Semakin lebih banyak uang yang dapat disimpan untuk masa depan atau investasi.

  1. Hidup Lebih Sederhana dan Bermakna

Prioritaskan pada hal-hal yang kamu benar-benar penting dan memberikan kebahagiaan.

Dengan memahami frugal living, cara cerdas hidup hemat, Kamu dapat menjalani hidup yang lebih seimbang dan bermakna untuk mencapai kebebasan finansial. Gunakan aplikasi InvestasiKu dan Kamu akan mendapatkan MPC Point dari setiap transaksi saham, obligasi maupun Reksadana.

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO