BISNIS
 

Mengenal Pasar Persaingan Sempurna

by Rifda Arum Adhi Pangesti - 03 Jun 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Sejatinya, pasar adalah sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli, kemudian keduanya akan terlibat transaksi jual beli suatu barang atau jasa. Namun jika pada ranah ekonomi, pasar yang dimaksud ini bukanlah tempat melainkan kegiatan transaksi jual beli. Jadi, “pasar” tersebut dapat dikatakan memiliki persaingan sempurna jika barang-barangnya relatif homogen. 

Apa maksudnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Definisi Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merujuk pada model pasar yang digunakan dalam menganalisis ekonomi di suatu masyarakat. Model ini dicetuskan oleh Adam Smith pada tahun 1881 melalui bukunya berjudul Wealth of Nations. 

Gregory Mankiw, seorang profesor ekonomi dari University of Harvard turut mendefinisikan pasar persaingan sempurna. Menurutnya, pasar persaingan sempurna (perfectly competitive market) merupakan suatu pasar dimana ada banyak penjual dan pembeli, sehingga mereka tidak dapat mempengaruhi bagaimana keadaan pasar termasuk harga pasar 

Banyak ahli ekonomi menganggap pasar persaingan sempurna ini sebagai struktur model pasar paling ideal, bahkan jika dapat terwujud maka produksi barang atau jasa akan berlangsung secara efisien. Sayangnya, dalam praktiknya tidak mudah dilaksanakan begitu saja. 

 

Baca Juga: Apa Itu Take Profit? Begini Nih Cara Melakukannya!

 

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

 

1. Memiliki Banyak Pembeli dan Penjual 

Sekalipun ada banyak pembeli dan penjual dalam pasar tersebut, tidak berpengaruh terhadap bagaimana situasi pasar, termasuk kenaikan atau penurunan harga. Jadi, apabila terjadi kenaikan atau penurunan harga maka tidak berimbas pada harga yang berlaku di pasar tersebut.

 

2. Penjual dan Pembeli Tidak Dapat Menentukan Harga Pasar

Sekalipun ada banyak penjual dan pembeli yang terdapat di pasar tersebut, tetapi mereka tidak dapat menentukan harga pasar yang berlaku. Harga barang atau jasa yang berlaku di pasar ditentukan oleh bagaimana interaksi antara produsen dan pembeli.

 

3. Penjual dan Pembeli Mudah Keluar/Masuk ke Pasar

Bagi produsen, apabila hendak melakukan kegiatan di pasar tersebut mungkin akan mudah. Namun bagi penjual dan pembeli, apabila mengalami kerugian maka dapat dengan mudah meninggalkan pasar tersebut.

 

4. Setiap Produsen Dapat Menjual Barang yang Sama

Barang-barang yang dijual di pasar ini dapat secara homogen. Pembeli juga tidak dapat membedakan yang mana dihasilkan oleh produsen A, B, maupun C. Maka dari itu, promosi dengan iklan biasanya tidak akan berpengaruh terhadap penjualan produk.

 

5. Pembeli Memiliki Pengetahuan Tentang Keadaan Pasar

Biasanya, pembeli justru lebih mengetahui bagaimana harga suatu barang dan kemungkinan harga tersebut berubah. Alhasil, produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lebih tinggi dari ketetapan harga sebelumnya. 

 

Baca Juga: 5 Manfaat Endorsement Untuk Meningkatkan Bisnismu!

 

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Melansir dari artikel jurnal Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna Dalam Perspektif Islam, menjelaskan bahwa model struktur pasar ini memiliki kelebihan dan kekurangan berupa:

 

Kelebihan

Kekurangan

  • Tidak ada persaingan dagang karena produk yang dijual adalah homogen alias serupa. 
  • Tidak ada dana untuk pengembangan produk, sehingga inovasi memang sangat minimal dilakukan.
  • Berhubung produk yang dijual itu homogen, maka penjual tidak perlu memasang iklan untuk kebutuhan promosi.
  • Pembeli akan mengalami keterbatasan dalam memiliki produk atau jasa, sebab semuanya sama termasuk kualitasnya. 
  • Harga produk maupun jasa yang dijual justru ditentukan oleh penjual dan pembeli secara bersamaan. Harga inipun cenderung lebih stabil.
  • Pekerja menerima upah lebih rendah. 
  • Harga disepakati antara penjual dan pembeli melalui transaksi tawar-menawar.
  • Seringkali terjadi ketidakseimbangan dalam distribusi dari masing-masing produsen. Alhasil, akan mengakibatkan konflik internal. 
  • Penjual dan pembeli dapat bertindak bebas dalam transaksi. Pembeli juga dapat dengan bebas membeli produk dari pabrik manapun.
 
  • Lebih mampu mendorong efisiensi dalam produksi. 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya beberapa produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk reksadana dan saham yang bisa langsung kamu beli melalui aplikasi InvestasiKu.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO