BISNIS
 

3+ Cara Membangun Usaha Bisnis Kosmetik Paling Mudah

by William Fernandes - 01 Jul 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Dunia kosmetik lagi booming banget sekarang, terutama dengan kemajuan teknologi dan keberadaan banyak beauty influencer. Permintaan untuk berbagai produk kosmetik terus meroket, dan produk-produk premium semakin diminati dari waktu ke waktu, termasuk di kalangan kelas menengah di negara-negara berkembang.

Industri kosmetik itu nggak cuman tentang makeup aja loh, tapi juga meliputi banyak bisnis lain seperti klinik anti-aging, aromaterapi, salon kecantikan, spa, toko kosmetik, dan jasa tata rias. Kalau kamu mau coba terjun ke bisnis kosmetik, ada peluang besar banget untuk sukses, asal langkahnya direncanain matang.

Angka-angka tadi nih jelas menunjukkan ada banyak peluang buat kamu memulai bisnis di bidang ini. Bahkan kalau kamu cuma memulai bisnis kosmetik dalam skala kecil, peluang untungnya bisa didapetin dengan cepat.

Ini dia beberapa tips terbaik buat kamu yang mau mulai usaha di dunia kosmetik, yang bisa bawa untung dan terus berlanjut.

 

Yang Perlu Disiapkan untuk Bangun Bisnis Kosmetik

 

  1. Pahami Aturannya Dulu

Ada bahan-bahan tertentu yang nggak boleh dicampur dalam produk kosmetik, nih.

Semua ini sudah diatur sama Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) lewat Peraturan Nomor 23 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika.

Ada juga bahan-bahan tertentu yang boleh digunakan, tapi ada batasannya juga. Di samping itu, ada bahan pengawet, pewarna, dan tabir surya yang diperbolehkan digunakan.

Kalau ada bahan-bahan yang nggak boleh dipakai dalam kosmetik, jumlahnya banyak banget. Buat daftarnya, bisa kamu lihat di bagian lampiran peraturan itu.

Semua ini penting banget buat kamu tahu, soalnya nanti kamu butuh izin dari Badan POM kalau mau jualan produk kosmetik. Kalau gak sesuai ketentuan, ya produkmu bisa aja ditarik dari pasaran.

 

  1. Pertimbangkan Produksinya

Pas kamu bikin produk kosmetik, ada rumus kimia yang perlu kamu pahami. Misalnya, berapa persen pengawet yang harus dicampur dan sebagainya.

Kalau kamu gak ahli kimia atau ahli farmasi, bisa coba pikirin buat kerja sama dengan ahli kimia kosmetik buat bantuin kamu bikin produk.

Atau kamu bisa cari produsen label privat yang bisa buat produk sesuai pesanan. Nih perusahaan tuh spesialisnya bikin kosmetik dan perawatan kulit yang sesuai sama apa yang kamu mau.

Alternatif lain, kamu bisa juga belajar banyak tentang kosmetik dan mungkin ambil gelar di bidang kimia kosmetik atau bidang terkait.

Memang butuh waktu lama sih, tapi ini bakal bawa pengetahuan dalam-dalam tentang produk yang kamu jual.

 

  1. Pastikan Finansial dan Tempat Kerja

Nggak bisa dipungkiri, kamu butuh modal buat cover biaya produksi produk kosmetik, bikin kemasan, terus ngirim ke pelanggan atau toko.

Belum lagi gaji karyawan, biaya sewa tempat, lisensi, dan izin. Kalau kamu punya uang simpanan pribadi, bisa juga minta bantuan keluarga atau teman, atau mungkin ambil pinjaman dari bank.

Setelah finansial terjamin, langkah berikutnya cari tempat buat jalankan bisnis kosmetikmu.

Nggak cuma buat produksi, kamu juga butuh tempat buat nyimpen bahan baku dan produk jadi.

 

  1. Buat Rencana Bisnis Matang

Bank atau investor nggak bakal berminat kalo bisnismu gak punya rencana yang jelas. Sebelum kamu bikin produk, siapin rencana bisnis yang mantap.

Minimal rencana bisnismu harus berisi gambaran perusahaan, analisis pasar, struktur organisasi, detail produk, strategi pemasaran, perkiraan keuangan rinci, plus berbagai dokumen lainnya kayak hukum, pajak, dan lain-lain.

 

Baca juga: Perusahaan Kosmetik di Indonesia, Tertarik Beli Sahamnya?

 

Langkah - Langkah Memulai Bisnis Kosmetik

Kalau kamu udah paham banget apa yang diperlukan buat mulai usaha kosmetik, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

 

  1. Pilih Area Bisnis

Pas awal-awal mulai usaha kecantikan, sebaiknya pilih sesuatu yang sesuai dengan minatmu dan punya pengalaman di situ.

Milih area yang terlalu luas bisa bikin kamu susah bersaing sama perusahaan-perusahaan besar.

Waktu baru memulai, lebih baik pilih satu jenis produk spesifik yang bisa jadi ciri khas bisnismu.

Misalnya kamu punya pengalaman yang ngebuat kamu paham tentang masalah kulit jerawat dan berhasil bikin foundation atau bedak yang bisa nutupin bekas jerawat.

Pengalaman pribadi kayak gini bisa jadi ide untuk bikin produk unik sekaligus cerita promosi yang menarik.

Tunjukin ke calon pelanggan seberapa oke foundation yang kamu bikin itu pas kamu pake di wajah sendiri biar mereka yakin.

 

  1. Cari Mitra yang Cocok

Ketika bisnismu makin berkembang, pasti bakal butuh kerjasama sama vendor dan mitra lain.

Minimal ada tiga mitra penting yang perlu kamu punya di awal bisnismu.

Pertama, lab uji. Kamu bakal butuh tempat ini buat cek produk-produk baru kamu. Kedua, mitra pengiriman, yang tangani pesanan, kemasan, sampe kirim-kirim.

Kedua, platform e-commerce. Bisa kamu bikin sendiri atau bekerjasama dengan orang lain buat bikinin kamu.

Ketiga, reseller. Kamu bisa jual produkmu sendiri, tapi juga bisa kerja sama dengan reseller supaya produkmu bisa tersebar di kota-kota lain.

 

  1. Tetapkan Harga Produk

Harga itu penting banget pas kamu buka usaha kosmetik.

Kamu bisa tentuin harga yang bersaing sama pesaing biar jadi pesaing yang kuat di pasar.

Tapi kamu juga mesti pikirin harga bahan baku, biaya produksi, kemasan, kirim-kirim, tenaga kerja, dan lain-lain.

Semua ini mesti dihitung dan dimasukin ke dalam harga jual. Jangan sampe harga jual lebih rendah dari biaya produksi.

 

  1. Rencanakan Strategi Pemasaran

Kalo kamu mau jual produk kosmetik lewat e-commerce, pemasangan iklan dan konten marketing bisa jadi pilihan yang paling bagus.

Ada beberapa jenis strategi pemasaran yang bisa kamu coba. Mulai dari iklan di sosial media, iklan berbayar, search engine optimization (SEO), sampe kerja sama dengan influencer.

Strategi pemasaran mesti disesuaikan sama audiens targetmu. Cari tau siapa target audiensmu, trus sesuaikan strategi pemasaranmu.

 

Itulah beberapa tips membangun bisnis kosmetik. Pastikan juga kamu sudah mempersiapkan dana untuk membangun bisnis kosmetik. Dana nya bisa kamu tabung atau investasikan.

Nah kalau mau investasi, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, reksadana, obligasi, dan rencana.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO