ARTIKEL
 

Masih Umur 20 Tahun, Anak Haji Isam Sudah Punya 5 Triliun!

BY William Fernandes - 20 Jan 2023 1:00AM - 5 MINS READ

 

Berbeda dari anak lain seumurannya, anak dari crazy rich Kalimantan yaitu Samsudin Andi Arsyad atau yang dikenal sebagai Haji Isam, sudah memiliki kekayaan yang fantastis di usia mudanya.

Dua anak Haji Isam punya kekayaan berlimpah, bahkan mencapai Triliunan di usia muda, penasaran bukan dari mana saja kekayaannya berasal?

 

Profil Anak Haji Isam

Liana Saputri dan Jhony Saputra merupakan pemegang saham dengan kepemilikan tersebar yaitu PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN), di mana kepemilikan saham ini mereka miliki sama rata sebelum IPO.

Kedua anak Haji Isam tersebut masing-masing menggenggam sekitar 42,16% persen atau jika digabung mencapai 84,32%, dengan valuasi perusahaan mencapai Rp6,02 triliun, Liana dan Jhony memiliki kekayaan masing-masing sebesar Rp2,35 Triliun atau jika digabung mencapai Rp5,07 Triliun.

Selain itu, Kekayaan kedua anak Haji Isam yaitu Liana Saputri dan Jhony Saputra, naik sebanyak Rp1,04 triliun berkat harga saham PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN) yang meroket 31,39% dalam 3 bulan terakhir.

Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit ini go public pada tahun 2020 dan kepemilikannya dikuasai oleh kedua anak Haji Isam.

Liana Saputri merupakan anak perempuan Haji Isam, diketahui masih berusia 22 tahun yang merupakan lulusan dari kampus luar negeri yaitu Santa Monica College di Los Angeles, Amerika serikat pada tahun 2018 dan mengambil pendidikan Business Management dan Leadership.

Liana juga tercatat sebagai pengendali dan ikut menjabat sebagai komisaris utama PT Pradiksi Gunatama Tbk.

Sedangkan anak laki-laki nya yaitu Jhony Saputra saat ini berusia 21 tahun dengan latar belakang pendidikan terakhir SMA di Al-Azhar Jakarta Pusat, Jhony menjabat posisi strategis di berbagai perusahaan lain yang dimiliki Grup Jhonlin milik Haji Isam.

 

Awal Karir Haji Isam

Sedangkan Haji Isam yang merupakan ayah dari Liana Saputri dan Jhony Saputra, merupakan pengusaha terkaya di Kalimantan

Dulunya Haji Isam merupakan seorang tukang tebang, sopir angkot, tukang kayu dan pernah berprofesi sebagai tukang ojek. Kemudian Haji Isam dikenalkan pada dunia bisnis oleh salah satu pengusaha kaya batubara keturunan Tionghoa-Surabaya.

Dari sinilah semangat kerja kerasnya dalam bekerja dan belajar membuahkan hasil, dimana setelah Haji Isam bekerja dan keluar dari perusahaan tersebut ia membangun bisnis nya sendiri yang diberi nama PT Jhonlin Group dengan sederet perusahaan lainnya seperti PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, dan juga PT Jhonlin Air Transport.

 

Gurita Bisnis Haji Isam

 

1. PT Jhonlin Air Transport

Kemudian ada perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan. Perusahaan ini menyediakan maskapai penerbangan dengan pesawat Cesna Grand Carravan 208 yang melayani penerbangan Banjarmasin-Batulicin di bandara Bersujud.

Dioperasikan sejak 3 November 2011, PT Johnlin Air Transport menjadi satu-satunya maskapai penerbangan di Batulicin, Kalimantan Selatan yang melayani penerbangan umum dan privat untuk kebutuhan perusahaan maupun pengguna lainnya.

Maskapai ini juga melayani penerbangan perintis ke pelosok Kalimantan.

 

2. PT Jhonlin Agromandiri

Perusahaan ini merupakan agrobisnis yang mengolah karet remah (Crumb Rubber), pabrik minyak sawit mentah, dan mengelola wood pellet.

Adapun bidang usaha produksi ini didukung oleh perkebunan dan pembibitan milik sendiri untuk tanaman karet, sawit, serta tanaman kayu energi untuk bahan dasar wood pellet.

Selain itu, Jhonlin Agromandiri saat ini juga mengelola produksi karet, minyak sawit mentah, dan wood pellet sebagai bahan biomassa pengganti penggunaan batu bara.

 

3. PT Jhonlin Marine Trans

Perusahaan ini bergerak di bidang pelayaran shipping company. Perusahaan ini merupakan transportir pemuatan kargo biji besi maupun batu bara dari pelabuhan Sungai Dua, Setangga, dan Kodeco menuju ke kapal besar.

Selain itu, emiten kapal ini juga melayani jasa angkutan batu bara dan biji besi di ketiga pelabuhan tersebut.

 

4. PT Johnlin Baratama

Dan yang terakhir merupakan perusahaan yang menjalankan jasa kontraktor, penyewaan peralatan tambang, dan penghasil ekspor batu bara.

Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2003 yang kegiatan operasionalnya dilakukan oleh PT Sinar Lutung. PT Jhonlin Baratama juga memperoleh kontrak penambangan dari PT Arutmin Indonesia, PT Baramega Citra Mulia Persada, KUD Gajahmada, dan PT Yiwan Mining.

 

5. Bisnis Lainnya

Selain usaha di atas, Jhonlin Group juga memiliki pabrik gula yang dioperasikan oleh PT Alam Gemilang. Pabrik ini berlokasi di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Pabrik ini turut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 oktober lalu. Bahkan selain meresmikan pabrik gula, Presiden Joko Widodo juga melakukan peresmian pabrik anak usaha Jhonlin Group lainnya .

 

Perusahaan Milik Haji Isam Terdaftar di BEI

Adapun, untuk saat ini perusahaan milik Haji Isam yang terdaftar di BEI di antaranya adalah PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR) yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan minyak kelapa sawit, kemudian ada juga PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN) yaitu perusahaan perkebunan dan produsen kelapa sawit dengan luas sekitar 12.800 hektar.

Yuk, ketahui semua informasi saham milik Haji Isam  yang menjadi incaranmu, sekaligus transaksi melalui platform saham online InvestasiKu! Mau investasi? Ya InvestasiKu!

Dapatkan juga bonus berupa Allo Points, di setiap transaksi. Terlebih, kamu bisa mulai transaksi saham di InvestasiKu, mulai dari Rp100 ribuan aja!

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK