ARTIKEL
 

10 Orang Terkaya di Indonesia dan Profilnya

BY Estrin Vanadianti Lestari - 29 Nov 2022 2:50AM - 5 MINS READ

 

Setiap tahunnya, urutan orang terkaya di Indonesia tentu akan berubah-ubah, sesuai dengan jumlah kekayaan yang dimiliki. Nah, kalau di tahun 2022 sendiri, kira-kira siapa saja nih, yang berhasil menempati 10 daftar orang terkaya? Ada yang tahu?

Kalau menurut Forbes sih, pengusaha Djarum Group yakni Budi Hartono dan Michael Hartono masih setia bertahan dan menjadi langganan di peringkat satu. Lantas, siapa saja yang berada di peringkat selanjutnya, dan berapa total masing-masing kekayaan yang mereka miliki?

Yuk, intip informasi 10 orang terkaya di Indonesia berikut ini, beserta profil singkat, dan deretan bisnis yang dijalankan, sampai mereka berhasil menjadi orang-orang sukses seperti sekarang.

 

10 Orang Terkaya di Indonesia

 

1. R. Budi Hartono dan Michael Hartono

Orang terkaya di Indonesia yang pertama dan masih tetap ada di posisi satu adalah R. Budi Hartono dan Michael Hartono. Pendiri sekaligus pemilik Djarum Group ini, memang dikenal sebagai keluarga konglomerat.

Total kekayaan: Rp313,9 triliun (US$ 21,4 miliar) dan Rp302 triliun (US$ 20,6 miliar)
Peringkat dunia: 58 (R Budi Hartono) & 62 (Michael Hartono)
Bisnis: Djarum Group, BCA, GDP Venture

 

2. Chairul Tanjung

Orang terkaya di Indonesia tahun 2022  yang selanjutnya adalah Chairul Tanjung, pemilik dari CT Corp. Melalui CT Corp, CT mengembangkan banyak gurita bisnis, dari berbagai sektor, mulai dari media, hiburan, asuransi, keuangan, ritel, sampai energi dan agrobisnis.

Total kekayaan: Rp110 triliun (US$ 7,5 miliar)
Peringkat dunia: 263
Bisnis: CT Corp (InvestasiKu, Transmedia, Bank Mega, Transcorp, Baskin Robbin, Wendy’s, Coffee Bean & Tea Leaf, dan masih banyak lagi) 

 

3. Sri Prakash Lohia

Di urutan ketiga, ada Sri Prakash Lohia sebagai orang terkaya di Indonesia, yang memiliki perusahaan tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia. Pria kelahiran Kolkata, India pada 11 Agustus 1952 ini menghabiskan lebih banyak waktu hidupnya di Indonesia sejak tahun 1974.

Total kekayaan: Rp96,8 T (US$ 6,6 miliar)
Peringkat dunia: 404
Bisnis: Indorama Corporation

 

4. Prajogo Pangestu

Selanjutnya ada Prajogo Pangestu yang masuk di daftar ke-4 orang terkaya di Indonesia, yang dulunya adalah seorang sopir angkot. Apa bisnis yang dikembangkan Prajogo Pangestu? Ia mengelola Grup Barito Pasific yang memimpin usaha perkayuan sebelum Krisis Ekonomi tahun 1997.

Total kekayaan: Rp79,2 T (US$ 5,4 miliar)
Peringkat dunia: 471
Bisnis: Industri perkayuan, bidang petrokimia, minyak sawit mentah, hingga properti.

 

5. Low Tuck Kwong

Jadi saham termahal se-bursa, siapa pemilik saham BYAN? Ternyata pemiliknya sekaligus pendiri PT Bayan Resources, adalah Low Tuck Kwong. Ia adalah orang sukses yang menduduki jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes nomor 5. 

Bagaimana tidak, PT Bayan Resources sendiri merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor pertambangan batu bara. Fundamental perusahaan ini juga bagus, dan belum lama lagi saham BYAN akan melakukan stock split.

Total kekayaan: Rp54 triliun (US$ 4,1 miliar)
Peringkat dunia: 801
Bisnis: PT Bayan Resources (Tambang Batu Bara)

 

6. Theodore Rachmat

Orang terkaya di Indonesia yang ada di urutan keenam adalah Theodore Rachmat, pemilik Triputra Group yang membawahi beberapa anak bisnis. Seperti PT Adi Sarana Armada Tbk. dan PT Dharma Satya Nusantara Tbk. 

Total kekayaan: Rp48 triliun (US$ 3,3 miliar)
Peringkat dunia: 913
Bisnis: PT Dharma Satya Nusantara Tbk

 

7. Wijono dan Hermanto Tanoko

Cuma tukang cat, bisa jadi orang terkaya di Indonesia urutan ketujuh! Yak, ia adalah Wijono dan Herman Tanoko. Bukan sekadar tukang cat, gurita bisnis miliknya adalah perusahaan Avia Avian menyasar industri pengolahan dan perdagangan cat. Perusahaan ini dibangun dari tahun 1978, dan hingga saat ini total kekayaannya tidak main-main!.

Total kekayaan: Rp46,9 triliun (US$ 3,2 miliar)
Peringkat dunia: 1.012
Bisnis: Pengolahan dan perdagangan cat (Avian)

 

8. Djoko Susanto

Sering belanja di minimarket dan retail dengan ciri khas berwarna merah, yakni Alfamart? Kira-kira Alfamart punya siapa ya? Apalagi cabang Alfamart yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ternyata, Alfamart dimiliki oleh salah satu konglomerat bernama Djoko Susanto. Alfamart sendiri juga menjadi salah satu pencetus hadirnya minimarket di Indonesia. Kini kamu mungkin sudah sangat mudah untuk menemukan minimarket yang satu ini.

Total kekayaan: Rp41 triliun (US$ 2,8 miliar)
Peringkat dunia: -
Bisnis: Alfamart

 

9. Martua Sitorus

Di urutan kesembilan, ada Martua Sitorus, yang tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia. Martua Sitorus sendiri merupakan bos produsen salah satu bahan pokok, yaitu produk minyak sawit Wilmar International.

Total kekayaan: Rp40,5 triliun (US$ 2,9 miliar)
Peringkat dunia: 1.052
Bisnis: Produk minyak sawit Wilmar International.

 

10. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Orang terkaya di Indonesia yang terakhir adalah Eddy Kusnadi Sariaatmadja, yang memiliki perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Ya, Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah seorang konglomerat yang mengelola PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek).

Total kekayaan: Rp 44 triliun (US$ 3 miliar)
Peringkat dunia: -
Bisnis: PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek)

 

Wah, bikin insecure nggak sih, pas tahu total kekayaannya? Eits, nggak boleh insecure ya, justru keberhasilan mereka, harus bisa dijadikan motivasi, agar kita bisa semakin semangat cari cuan!

Untuk bisa mendapatkan keuntungan, memang tidak ada yang instan. Tapi, kalau investasi saham yang mudah, praktis, dan bisa pantau di mana saja dan kapan saja, investasi saja di InvestasiKu!

Hanya dengan Rp100 ribu, kamu sudah bisa beli saham di InvestasiKu. Bahkan, kamu juga bisa dapat point di setiap transaksinya. Yuk, download InvestasiKu sekarang!

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK