ARTIKEL
 

Investasi Saham untuk Pemula Beserta 11 Tips Bermanfaat

by Dany Mauriz Gibran - 22 Nov 2021 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Investasi saham untuk pemula bertujuan untuk mengembangkan aset dan mempersiapkan masa depan keuangan yang optimal. Kami akan bagi tips investasi saham untuk pemula agar kamu tidak salah langkah.

Banyak trader dan investor dadakan yang bersemangat untuk menggunakan uang mereka. Di sisi lain, mereka kehilangan uang dengan cepat pada instrumen investasi tertentu.

Tentu saja bukan untuk menakut-nakuti, artikel ini bertujuan untuk memberi bekal bagi pemula yang ingin investasi saham. Sebelum mereka menanamkan modal mereka ke beberapa instrumen tertentu tanpa pengetahuan yang cukup.

Setelah paragraf ini, Kami telah mengumpulkan beberapa tips untuk calon investor. Kamu harus mempelajari beberapa tips investasi saham untuk pemula pada hari pertama belajar dan seterusnya.

3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Berinvestasi

Sebagian besar tips ini berlaku untuk pasar saham. Tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk investasi apa pun yang bisa saja kamu pertimbangkan, termasuk reksa dana, sampai obligasi perusahaan.

Tentu saja, kamu tidak serta-merta menjadi seorang profesional secara singkat. Setidaknya Anda memulai dengan mindset yang tepat.

1. Melunasi Utang

Investasi saham untuk pemula perlu kamu persiapkan sebelum kamu menjadi agresif dalam berinvestasi. Singkirkan semua utang Anda sebaik mungkin terlebih dahulu. Terutama utang berbunga tinggi seperti kartu kredit.

2. Siapkan Dana Darurat

Simpan uang darurat kamu sebelum belajar investasi saham untuk pemula. Anda harus memiliki cadangan kas darurat untuk menutupi 3-9 bulan pengeluaran jangka pendek sebelum kamu mulai mendalami investasi.

Ini akan membantu mencegah kamu untuk menjual saham Anda secara paksa dan tiba-tiba ketika keadaan berubah secara tak terduga.

3. Siapkan Dana Pensiun

Investasi saham untuk Pemula perlu mempersiapkan diri kamu kalau sebuah perusahaan tempat kamu bekerja menawarkan rekening pensiun.

Anda bisa mulai dengan persentase kecil dari gaji kamu terlebih dahulu. Tujuannya hanya sekedar memulai dan mempraktekan hasil pelajaran yang sudah kamu tau.

Investasi Saham Untuk Pemula Menghitung Pengeluaran

Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang pemasukan dan pengeluaran bulanan. Ini akan membantu kamu menentukan seberapa banyak kamu dapat mulai berinvestasi.

Plus, ini juga dapat membantu Anda melihat aktivitas yang menjadikan banyak pengeluaran, yang mana uang ekstra itu dapat digunakan untuk investasi masa depan.

6 Tips Investasi Saham Untuk Pemula Agar Cepat Mahir

Kami harap ini akan membantu dalam investasi Anda saat ini atau masa depan.

1. Ketahui Alasan Berinvestasi

Jika Anda tidak punya tujuan mengapa kamu melakukan investasi dari uang yang kamu miliki, kamu akan membuat kesalahan yang akhirnya membuat Anda menyerah.

Anda tentu bisa menjadi sangat kaya dengan berinvestasi, tetapi Anda harus memiliki tujuan yang tepat untuk jangka panjang.

2. Baca Buku Tentang Investasi Saham untuk Pemula

Meskipun berinvestasi di saham tidak terlalu rumit, Namun, ada banyak informasi yang harus dicerna.

Kami merekomendasikan untuk mempelajari artikel yang berada di aplikasi investasi saham terbaik yaitu InvestasiKu.

Walaupun, Anda seorang investor saham yang berpengalaman. Tentu saja ada sesuatu yang harus mereka pelajari kembali.

3. Jangan Investasi Kepada Sesuatu yang Tidak Kamu Pahami

Salah satu tips investasi saham terbaik yang dapat kamu berikan untuk pemula yaitu selalu berinvestasi pada hal-hal yang kamu pahami terlebih dahulu. Silahkan baca tentang itu, ketahui sejarah investasi tersebut, analisis, dll.

4. Bersikap Protektif saat Orang Serakah

Upayakan agar selalu berhati-hati dan protektif terhadap investasi saham ketika orang lain serakah.

Seperti yang Kami sebutkan di atas, ketika semua orang optimis tentang ekonomi, berinvestasi, dan membicarakannya, mungkin sudah waktunya untuk sedikit menunggu. Itu bukan berarti kamu harus berhenti berinvestasi sama sekali.

Namun waspadai dan pantau sentimen keseluruhan pasar saham atau kinerja pada emiten terkait.

5. Hindari Mengatur Waktu Pasar

Kami sebutkan barusan agar tidak mencoba mengatur waktu pasar. Mengapa?

Semua orang (dan para ahli) membuat pernyataan dan prediksi, tetapi tidak ada yang bisa mengetahui secara akurat apa yang akan terjadi dengan pasar.

Anda mungkin pernah melihat berita utama di media dengan dua hari turun di pasar, “Kecelakaan akan datang!”

Atau pakar lain yang memperkirakan ini akan menjadi tahun untuk pasar beruang.

Tapi tidak ada yang tahu pasti, dan tidak ada yang tahu bagian bawah atau atas ke mana pasar akan pergi.

Mencoba melakukan ini akan merugikan Anda dan menyebabkan Anda kehilangan uang. Abaikan kebisingan dan prediksi dan tetap berpegang pada strategi investasi Anda.

6. Kuasai Seni Diversifikasi

Anda harus mengalokasikan sejumlah dana untuk saham, obligasi, mungkin beberapa real estat, atau komoditas. 

Gagasan di balik investasi saham untuk pemula adalah Anda tidak ingin memiliki semua telur Anda dalam satu keranjang dan sebaliknya, ingin memanfaatkan kelas aset yang berbeda.

Dengan saham dan obligasi, kamu dapat memiliki beberapa di sektor yang berbeda seperti pasar saham total, mungkin beberapa di pasar negara berkembang, dll.

Tujuannya adalah untuk membantu investor menghadapi badai dan volatilitas untuk menyeimbangkan portofolio kamu.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO