ARTIKEL
 

Apa itu Swing Trade? Berikut Penjelasannya!

by Dany Mauriz Gibran - 17 Jun 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Apa itu Swing? - Arti swing trade dalam saham artinya salah satu gaya perdagangan jangka pendek yang melakukan beli saham dan menjualnya dalam periode minimal satu hari sampai beberapa minggu.

Arti swing yaitu mengayun, merujuk pada trading saham yang membiarkan harga bergerak dan berayun dalam periode mingguan.

Swing saham memiliki kerugian yang dapat kamu batasi ke tingkat wajar dengan menggunakan teknik stop loss. Swing trading dapat menguntungkan dan memberikan pandangan yang lebih luas untuk mempelajari pergerakan pasar jangka pendek dan jangka panjang.

Kelemahan dari swing trading adalah anda harus menunggu momentum yang lumayan lama. Hal ini dikarenakan trader akan menggunakan kerangka waktu harian sampai mingguan. Ini memungkinkan anda untuk kehilangan potensi keuntungan jangka pendek.

 

Mencari Saham yang Cocok Untuk Swing Trading

Swing trading harus memilih saham yang paling aktif diperdagangkan, berkapitalisasi besar dan data fundamental yang bagus. Setelah itu, mereka mengidentifikasi pola dalam kerangka waktu harian sampai mingguan untuk membuka transaksi.

 

Strategi Swing Trading

Ada berbagai strategi untuk kamu yang berminat trading swing yaitu menganalisis teknikal dengan pola candlestick pada kerangka waktu mingguan, menggunakan indikator popular seperti moving average. Setelah itu, ada juga analisis fundamentalnya dengan kinerja bulanan, prospektus sampai presentasi perusahaan.

Beberapa pedagang lebih memilih untuk berdagang setelah pasar mengkonfirmasi perubahan arah dan berdagang dengan adanya momentum naik.

 

Baca juga: Penjelasan Moving Average dari A sampai Z

 

Contoh Perdagangan Swing

Ketika trader mengidentifikasi saham yang tren mingguan nya sedang naik, kemudian pada kerangka waktu harian, terdapat batang lilin yang cenderung pendek dan tajam. Biasanya, swing trader akan melakukan transaksi jika terjadi momen seperti ini. Karena mereka bisa membaca pola-pola yang menandakan pergerakan suatu saham akan naik.

Setelah memasuki perdagangan ayunan, tempatkan stop-loss yang cukup dekat dengan titik masuk Anda. Swing trading artinya tindakan yang akan mendapatkan keuntungan besar dan kerugian yang besar jika tidak membatasi resiko. Pengelolaan uang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kesuksesan Anda.

Jika pergerakan harga sudah mencapai area resistance, alangkah lebih baiknya menutup transaksi dan anda akan mendapatkan keuntungan.  Jika momentum pada saham yang anda beli sedang kuat sampai menembus area resistance, seorang trader berpengalaman mungkin akan mengubah taktiknya dan bertahan sedikit lebih lama, mungkin sampai hari ketika pasar gagal mencapai titik tertinggi baru.

Seorang trader pemula lebih baik disarankan untuk mengambil keuntungan setelah garis resistance terdekat. Karena penting untuk belajar mengambil keuntungan sesuai dengan rencana perdagangan seseorang.

Ada banyak strategi lain yang dapat kamu pakai untuk mendapatkan keuntungan dari swing trade. Poin pentingnya adalah mengembangkan strategi yang sudah benar-benar cocok untuk kamu; menerapkannya secara konsisten; mematuhi aturan pengelolaan resiko; dan simpan catatan yang baik sehingga Anda dapat melacak kemajuan Anda sebagai pedagang.

 

Baca Juga: Konsolidasi Saham: Pengertian, Ciri, Penyebab, & Tips Trading

 

Langkah-Langkah Jual Beli Saham Dengan Strategi Swing Trade

  • Temukan saham
  • Cocokkan ide dengan investasi potensial menggunakan metode buatan anda sendiri
  • Analisis teknikal dan fundamental
  • Pantau portofolio Anda dan buat rencana tindakan yang jelas
  • Evaluasi perdagangan yang sudah selesai
  • Temukan referensi yang relevan dan jelas untuk pengembangan strategi dagang anda

 

downlad investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO