ARTIKEL
 

Apa Itu Haka Saham dan Haki Saham?

by Estrin Vanadianti Lestari - 29 Sep 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Kawan Visto sudah tahu belum, kalau di dunia saham ada istilah unik, yaitu HAKA dan HAKI.

Perlu kamu ketahui bahwa HAKA dan HAKI ini adalah sebuah singkatan, lho! Di mana kepanjangan HAKA adalah Hajar Kanan dan HAKI kepanjangan dari Hajar Kiri.

Tapi apa maksud dan kaitannya dengan saham? Apakah hal tersebut adalah sebuah strategi? Penasaran kan?

Sebelum membahas HAKA saham, kamu harus tahu dulu istilah saham lainnya, tentang Bid Offer yang bisa kamu baca di artikel Cara Membaca Bid Offer dulu ya!

Singkatnya, bid offer ini sering dikaitkan dengan HAKA dan HAKI, karena bid merupakan bagian kolom harga saham yang berada di kiri, sedangkan offer ada di sebelah kanan.

 

Apa Itu HAKA Saham?

HAKA saham adalah sebuah strategi beli saham, dengan cara memasang bid, sesuai dengan harga yang ada pada kolom offer tertinggi. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan saham incaran tanpa harus mengantri di order book.

Kok bisa seperti itu?

Hal tersebut dikarenakan banyak terdapat penjual yang offer di harga pasar. Sehingga, hal tersebut akan membuat proses transaksi menjadi lebih cepat.

Namun, strategi ini biasa dilakukan para trader, jika mereka memiliki keyakinan yang besar, akan harga saham yang selanjutnya akan semakin kuat.

Contohnya, saham X berada di level angka Rp500. Nah, untuk para investor yang mengincar saham X, akan langsung HAKA alias hajar kanan, di harga Rp505, Rp510, dan seterusnya.

Hal tersebut dilakukan agar sang investor bisa mendapatkan saham tersebut tanpa harus menunggu lama, di antrian. Hal tersebut juga dilakukan, karena sang investor belum tentu bisa mendapatkan di harga yang lebih rendah.

 

Kapan Harus HAKA Saham?

Jangan asal hajar, strategi ini bisa diterapkan oleh para trader yang sudah yakin dengan tren arah pergerakan harga saham di masa yang akan datang.

Jadi, trader harus mengetahui terlebih dahulu prediksi tren saham yang akan terjadi. Kamu bisa melakukan pembelian saham, ketika harga saham sedang menguat atau cenderung naik, dan tidak akan turun lagi.

Hal tersebut bisa ditandai dengan adanya tren bullish di pasar saham, atau harga saham sedang di posisi ARA, sehingga harga saham diindikasikan akan terjadi kenaikan. Nah, di saat inilah kamu bisa hajar kanan!

 

Apa Itu HAKI Saham?

Selain HAKA, ada juga HAKI alias hajar kiri yang merupakan sebuah strategi menjual saham, dengan cara memasang harga pada kolom offer di bawah harga pasar atau harga terendah, sesuai dengan angka bid tertinggi.

 

Kapan Harus HAKI Saham?

Biasanya, para trader yang ingin menjual saham dengan strategis HAKI, harus sudah melakukan analisis mendalam dan yakin bahwa harga saham di pasar sudah sulit untuk naik.

Sehingga, daripada kamu rugi dan terjebak dalam kondisi ARB, lebih baik kamu jual ‘murah’ atau sesuai dengan harga pasar yang sedang berlangsung.

Adapun, analisis teknikal yang dilakukan para trader, harus bisa menunjukkan tren harga saham di pasar yang mulai turun. Tidak hanya itu, analisis juga harus bisa menunjukkan bahwa saham berpotensi terkoreksi, yang harganya sulit untuk naik kembali.

Nah, ketika hal tersebut sudah terlihat dan akan terjadi, kamu bisa langsung HAKI alias hajar kiri dengan pasang harga murah, atau di kolom offer, agar saham kamu bisa segera terjual dengan cepat, sebelum harganya semakin turun.

Bagaimana? Sudah tahu bukan, kapan harus hajar kanan dan hajar kiri? Tapi, pastikan lagi pergerakan tren harganya juga yah, jadi jangan asal hajar, nanti yang ada malah rugi besar.

Yuk, pantau terus kolom bid offer pada saham-saham incaran kamu, melalui aplikasi saham online, InvestasiKu!


download investasiku

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO