ARTIKEL
 

Biaya dan Perbedaan Playgroup dengan TK

by Estrin Vanadianti Lestari - 30 Jan 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Pusing mikirin biaya sekolah anak, yang lebih mahal dari cicilan KPR rumah tipe 36, di Jonggol? Padahal, baru memasuki jenjang pendidikan di Playgroup atau Taman Kanak-kanak (TK).

Bicara soal jenjang pendidikan anak di awal sekolah, sebelum masuk SD, kira-kira Kawan Visto lebih prefer memasukkan anak, ke Playgroup atau langsung TK?

Lah, apa bedanya?

Meski tampak sama, namun Playgroup dan TK memiliki sistem belajar atau kurikulum yang berbeda. Terlebih, sebelum masuk SD, memang sebaiknya anak diberikan pelatihan mental, hingga pembentukkan karakter, sebagai persiapan diri.

Setidaknya, ketika anak sudah berusia kurang lebih sekitar 2-5 tahun, orang tua harus segera mencarikan tempat sekolah yang tepat, untuk si kecil.

Nah, di sinilah orang tua sering bingung, untuk memilih sekolah yang tepat untuk si kecil, agar ia tidak jenuh dan bosan. Daripada bingung, yuk ketahui perbedaan Playgroup dan TK, sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan sekolah si kecil.

 

Perbedaan Playgroup dan TK

 

1. Playgroup

Playgroup atau bahasa Indonesianya adalah kelompok bermain ini, merupakan jenjang informal pendidikan anak usia dini. Biasanya, anak-anak yang berada di dalam Playgroup, berusia mulai dari 2 sampai 4 tahun.

Bukan untuk belajar mata pelajaran, Playgroup lebih digunakan sebagai sarana belajar bersosialisasi, pertama kali dengan teman, atau orang lain di luar lingkungan rumah.

Sederhananya Playgroup adalah tempat belajar anak, untuk melakukan berbagai hal secara fisik atau berkegiatan. Istilahnya mungkin bisa disebut sebagai belajar praktek ketimbang teori.

Apa saja yang dilakukan anak-anak di dalam Playgroup? Tentu saja kegiatan belajar sambil bermain yang menyenangkan, seperti bernyanyi, menggambar, mewarnai, hingga bermain di taman.

Selain itu, di Playgroup juga orang tua bebas untuk bantu membimbing sang anak, dalam berkegiatan. Meskipun, sudah ada beberapa guru atau pengasuh, yang akan mendampingi.

Karena kegiatannya hanya bermain, apakah Playgroup memiliki gedung atau ruangan khusus seperti TK atau sekolah pada umumnya? Sebenarnya, kegiatan Playgroup sendiri bisa dilakukan di mana saja, sesuai kegiatan yang ingin dilakukan. Mungkin rasanya seperti jalan-jalan saja.

Misalnya, datang ke kebun binatang untuk mengenal hewan, datang ke tempat umum untuk mengenal alat transportasi, ke perpustakaan dan lainnya. Namun, Playgroup juga tetap harus memiliki kurikulum yang jelas, agar belajar dan bermainnya bisa terarah.

 

Baca juga: Rekomendasi 7 Playgroup Terbaik di Jakarta

 

2. Taman Kanak-kanak (TK)

Jika dilihat dari namanya, mungkin terlihat seperti sama saja dengan Playgroup. Tapi, nyatanya berbeda, di mana TK adalah sistem sekolah pra SD, yang bisa dibilang lebih formal dari Playgroup.

Karena, di sekolah TK, anak-anak dengan usia mulai dari 4-5 tahun, sudah mulai diajarkan kemampuan dasar sekolah SD. Mulai dari membaca, berhitung, dan menulis (calistung).

Kalau seperti itu, kenapa nggak langsung saja masuk SD? Mungkin beberapa anak bisa, sisanya mungkin akan merasa kaget. Maksudnya, anak ditakutkan tidak bisa mengikuti kurikulum SD yang lebih kaku.

Sehingga, TK menjadi salah satu tempat pengenalan belajar bagi anak, sebelum ia terjun ke dunia pendidikan yang lebih formal. Jadi, dengan dimasukan ke TK, diharapkan anak-anak bisa menguasai beberapa kemampuan dasar. Seperti:

- Calistung (sambil bermain)

- Kemampuan sosialisasi (memperkenalkan diri, belajar kelompok, dan lainnya) 

- Pembentukan karakter 

- Mengasah bakat anak sejak kecil, agar bisa terlihat

 

Meski sudah mulai belajar teori mata pelajaran, di sekolah TK anak-anak masih tetap bisa belajar, sambil bermain. Berbeda dengan di sekolah SD, yang lebih kaku dan patuh dengan peraturan sekolah.

Nah, itu dia perbedaan Playgroup dengan TK, yang sebenarnya bisa diindikasikan hampir sama. Di mana tujuan utama dari memasukkan anak ke Playgroup dan TK, adalah untuk mempersiapkan mental anak di usia dini. 

Jadi, jika Kawan Visto ingin memasukan anak ke Playgroup atau TK, sebenarnya sama saja. Tergantung, tentang bagaimana Kawan Visto ingin si kecil lebih fokus di hal apa, sosialisasi yang lebih banyak atau lebih ke teori kemampuan dasar.

 

Berapa Biaya Sekolah Playgroup dan TK?

 

1. Biaya Playgroup

Untuk biaya sekolah Playgroup sendiri berbeda-beda, tergantung kegiatan yang dilakukan. Dilansir dari salah satu situs Playgroup sekolahlebahmadu.com, berikut rincian biaya sekolah Playgroup:

- Pendaftaran: Rp50.000

- Observasi: Rp250.000

- Biaya pendidikan per Semester: Rp4.000.000

- Seragam: Rp200.000

- Biaya semester 2 dan selanjutnya: Rp3.500.000

- Buku komunikasi dan lainnya: Rp200.000

- SPP (Usia 2-3 tahun): Rp900.000

- SPP (Usia 3-4 tahun): Rp800.000

- Uang POMG: Rp50.000

 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Playgroup Terbaik di Jakarta

 

2. Biaya TK

Kira-kira berapa sih biaya masuk sekolah TK? Dilansir dari orami.co.id, berikut contoh daftar biaya sekolah TK di Sekolah Embun Pagi, Jakarta Timur.

Sekolah TK yang satu ini, sudah ada sejak tahun 2006, dan menjadi salah satu sekolah, yang memiliki pengalaman cukup tinggi. Berikut adalah rincian biaya sekolah TK Embun Pagi:

- Uang pendaftaran: Rp650.000

- Biaya fasilitas: Rp15.686.000

- Uang pendidikan/tahun: Rp3.815.000

- Biaya SPP/bulan: Rp1.930.000

- Uang kegiatan/tahun: Rp1.720.000

- Uang komite: Rp450.000

Wah, cukup mahal juga ya, biaya sekolah pra Sekolah Dasar. Sebagai orang tua, kita harus siap nih dengan biaya, yang berkaitan sama pendidikan anak.

Segitu aja baru Playgroup atau TK, belum lagi masuk SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Duh bingung nggak sih?

Jangan bingung! Coba siapkan semua dana masa depan, dengan investasi saja! Buat kamu yang mau investasi, dan merasa masih pemula, bisa coba investasi di InvestasiKu!

Karena, fitur-fiturnya lengkap, user friendly, dan banyak bonusnya! Di mana lagi, setiap kali transaksi di InvestasiKu bisa dapat poin, yang bisa digunakan untuk beli saham, dan belanja di berbagai merchant CT Corp?

Kamu juga bisa mulai transaksi saham, mulai dari Rp100 ribuan aja. Jadi, kalau mau investasi, ya di InvestasiKu!

 

download InvestasiKu

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO