ARTIKEL
 

7 Habit Orang Kaya

BY Estrin Vanadianti Lestari - 02 Jan 2023 2:44AM - 5 MINS READ

 

Kok ada si, manusia bisa kaya banget? Mereka makan apa yah? Eits! Para sultan di Indonesia maupun di dunia, juga manusia biasa seperti kita semua!

Hanya saja, mereka memiliki kebiasaan atau ‘habit’ yang tidak biasa. Dari habit tersebut, bisa membuat mereka terbiasa dengan sesuatu hal, yang mampu membuat mereka sukses.

 

Apa Itu Habit?

Habit sendiri adalah sebuah rutinitas atau kebiasaan yang dilakukan secara berulang atau reguler. Bahkan, biasanya dilakukan otomatis oleh alam bawah sadar.

Habit juga merupakan hal kecil yang dilakukan berulang, namun berdampak besar. Biasanya juga, habit sudah dilakukan seseorang sejak kecil, atau semasa sekolah.

Wah, kira-kira kebiasaan apa saja, yang dilakukan orang kaya ini? Yuk, intip kebiasaan atau habit orang kaya, yang terbukti berperan penting dalam kesuksesan para sultan, di berbagai bidang di dunia.

 

Tujuh Habit Orang Kaya


1. Hobi Membaca

Habit orang kaya yang pertama adalah hobi membaca, bahkan setiap hari. Tidak hanya buku, tapi juga majalah, koran, jurnal, novel (fiksi), dan lainnya bisa menjadi objek bacaan, para orang kaya.

Contoh saja beberapa orang kaya di dunia, seperti Warren Buffet, Oprah Winfrey sampai Bill Gates. Mereka semua, termasuk orang-orang yang rajin membaca.

Perlu diketahui, bahwa Buffet bahkan bisa menghabiskan 80 persen waktunya dalam sehari, hanya untuk membaca! Lalu, ada Bill Gates yang mengaku membaca kurang lebih 50 buku setiap tahun.

Bukan hanya ingin menghabiskan waktu, tapi habit membaca ini dilakukan, tentunya untuk mendapatkan ilmu. Lebih tepatnya, untuk bisa menjaga mereka, agar terus mendapat ilmu baru yang bermanfaat, untuk menemukan ide segar dan inovatif.

Hayo, Kawan Visto sendiri, sudah baca berapa buku di tahun 2022 ini? Jangan mau kalah sama mereka ya, kalau kamu juga mau nasibnya seperti mereka!

 

Baca juga: 6 Buku Belajar Saham

 

2. Bangun Pagi/Lebih Awal

Selanjutnya, kebiasaan bangun pagi atau bangun lebih awal! Kaum rebahan, sepertinya tidak relate dengan habit yang satu ini! Hahaha…

Bagaimana tidak? Ketika ayam sudah berkokok saja, malah tambah tarik selimut, kalau belum alarm berdering hingga belasan kali! Hayo, siapa yang kaya gitu?

Jangan ya Kawan! Kita harus bisa belajar dari habit orang kaya yang satu ini. Di mana, mereka menjadikan bangun pagi sebagai waktu yang tepat untuk memulai hari.

Intinya, di hari itu, kamu harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Bisa digunakan untuk ibadah, olahraga, membaca, meditasi, memasak, hingga bekerja.

Misalnya, di saat orang-orang berangkat kerja jam 7 pagi, kamu bisa mulai berangkat jam 5 pagi.

Di waktu tersebut, tentu masih belum banyak orang yang beraktivitas di jalanan. Kamu pun, bisa lebih pagi datang ke kantor, dan bisa mengerjakan pekerjaan lebih awal.

 

3. Suka Belajar

Bagaimana ekspresi kamu, ketika mendengar mata pelajaran matematika, fisika, kimia, akuntansi, filsafat dan lainnya ketika sekolah? Pusing? Jadi mau rebahan?

Belum mulai belajar, sudah menyerah! Kalau kamu pusing dan merasa hal itu sulit, ya belajar. Kalau sudah bisa, pasti hal-hal tersebut akan lebih menyenangkan.

Tidak hanya soal pelajaran, hal-hal yang awalnya kamu tidak bisa, seperti memasak, menjahit, membuat website, coding, dan lainnya, solusinya adalah belajar atau dipelajari, sampai bisa.

Mungkin kamu pernah dengar, beberapa publik figur seperti Najwa Shihab, Maudy Ayunda, hingga Jerome Polin, yang mengungkapkan, bahwa mereka sangat menyukai belajar.

Terbukti, mereka bisa menjadi sosok atau tokoh yang berhasil di bidangnya. Bisa kuliah di luar negeri, dapat beasiswa, dan lainnya. Mau juga bukan seperti itu? Yuk, mulai kebiasaan belajar dari hal kecil!

 

4. Hidup Sederhana

Perlu kamu ketahui, tidak semua orang kaya hidup mewah, atau tidak perlu hidup mewah, meski kamu orang kaya! Intinya, jika kamu kaya, kamu tidak perlu mengumumkan bahwa dirimu kaya! Biarkan, orang lain yang menilainya sendiri.

Kebanyakan orang kaya, yang benar-benar kaya, biasanya tidak terlalu menunjukkan bahwa dirinya kaya. Mereka tetap hidup sederhana, naik transportasi umum, makan di restoran pinggir jalan, dan lainnya.

Contoh saja, seperti CEO Facebook, yakni Mark Zuckerberg yang selalu menggunakan kaos oblong polos, hampir di semua kesempatan. Misalnya saat rapat, menemui tamu, menerima penghargaan, dan lainnya.

Hal tersebut ia lakukan, bukan karena ia tidak sanggup membeli baju lainnya. Di mana, ia tidak ingin repot harus menggunakan baju apa hari ini, dan sesederhana itu.

 

5. Suka Jalan Kaki

Orang kaya harus naik mobil mewah, pesawat jet pribadi, atau helipad? Hmm, perlu kamu ketahui, pendiri Apple yakni Steve Jobs, diketahui sangat sering berjalan kaki.

Bukan hanya berjalan kaki di sekitar rumahnya, bahkan Steve Jobs juga berjalan kaki ke banyak pertemuan penting, lho! Mengapa hal tersebut ia lakukan?

Karena, ia percaya bahwa ide-ide paling kreatifnya, bisa datang saat berjalan kaki, daripada ketika di kantor. Sedangkan jika ia naik kendaraan, waktu akan berjalan cepat, sehingga ia tidak tenang untuk berpikir.

Tidak hanya itu, dengan menggerakkan tubuh, ternyata memberi energi pada otak dan bisa mengurangi stres. Bahkan, aktif bergerak juga bisa membantu untuk membebaskan pikiran kita, melalui udara bebas dan lingkungan baru.

Yuk, jangan malas jalan kaki! Masa cuma dari stasiun ke kantor 1 kilometer saja, naik ojol sih? Jadi, sudah berapa langkah kamu berjalan kaki hari ini?

 

6. Gemar Olahraga

Terakhir, habit orang kaya adalah gemar berolahraga. Dengan berolahraga, artinya kamu peduli dengan dirimu sendiri, tubuh yang kamu miliki, kesehatan yang akan menjaga kestabilan hidup.

Caranya, yakni dengan berolahraga, agar tubuh selalu fit, dan bisa menjalankan seduh aktivitas dengan lancar. Kalau tubuh sakit, jangankan beraktivitas, tidur saja gelisah.

Tidak hanya kesehatan fisik, olahraga juga bisa membantu meredakan stres berlebih. Apalagi orang kaya pasti banyak bisnis, banyak hal yang harus diurus, sehingga akan ada banyak tekanan.

Nah, jika kamu sudah mulai merasakan stres, tekanan yang berat, dan murung, coba mulai bangun kebiasaan olahraga. Tidak perlu sampai ke tempat gym, kamu bisa mulai dengan yoga sederhana, stretching, hingga jogging, sebelum memulai hari.

 

7. Nabung & Investasi

Gimana? Sudahkan habit-habit orang kaya di atas, kamu lakukan juga? Yuk, coba biar kamu ketularan kaya juga! Jangan lupa, kalau sudah punya penghasilan banyak, uangnya diinvestasikan!

Orang kaya, juga punya banyak investasi lho, jangan salah! Jadi, kamu juga harus punya aset investasi, seperti trading saham, atau investasi saham jangka panjang.

Mulailah investasi sejak dini, di platform aplikasi investasi terkemuka seperti InvestasiKu! Yuk, download sekarang juga, nikmati fiturnya, dan dapatkan poinnya disetiap transaksi!

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK