LIFESTYLE
 

Work Life Balance: Menjaga Keseimbangan Kerja dan Hidup

by William Fernandes - 28 May 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Mungkin istilah work-life balance udah bukan hal yang asing lagi buat kamu. Karena kalimat ini sering dibahas oleh pengguna media sosial seperti TikTok dan Twitter oleh pekerja atau karyawan.

Karena selain gaji yang tinggi, Work-life balance juga menjadi benefit yang dicari oleh pekerja saat ini. Namun, apa sih sebenarnya work-life balance itu? Kenapa hal ini penting banget? Yuk kita bahas!

 

Apa Itu Work Life Balance?

Work-life balance adalah keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi seseorang. Artinya, seseorang gak hanya fokus pada pekerjaannya, tetapi juga memberi perhatian yang cukup pada kehidupan pribadinya, seperti keluarga, teman, dan hobi.

Contohnya, saat seseorang bekerja terlalu banyak dan tidak punya waktu untuk bersantai atau berkumpul dengan keluarga dan teman-temannya, hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik. Seseorang mungkin akan merasa stres, lelah, dan tidak produktif, karena mereka tidak mendapatkan waktu untuk melakukan aktivitas yang mereka nikmati.

Sebaliknya, jika seseorang memprioritaskan waktu untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai di luar pekerjaannya, seperti olahraga atau traveling, maka mereka dapat memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Dengan memiliki work-life balance yang baik, seseorang dapat merasa lebih bahagia, sehat, dan produktif di tempat kerja maupun dalam kehidupan pribadi.

 

Baca juga: Slow Living: Prinsip Hidup Santai yang Gak Sekadar Santai

 

Sepenting Ini Loh Work Life Balance

Namun, seberapa penting sih work-life balance dan banyak pekerja yang ingin meraihnya? Berikut penjelasannya:

  1. Dapat Mengurangi Stress

Stres merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh pekerja dan jika dibiarkan, bisa berujung pada kelelahan kronis atau burnout yang dapat menurunkan produktivitas. Dengan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, kamu dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan, sehingga produktivitas kerja dapat meningkat.

 

  1. Sehat Secara Fisik dan Mental

Berikutnya adalah mempertahankan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental kamu. Dimana kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk bekerja dengan baik dan masih dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan di luar pekerjaan seperti berolahraga, menonton drama korea, atau berkumpul dengan keluarga dan teman-teman yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan Anda.

 

  1. Produktivitas Kerja Meningkat

Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dapat meningkatkan produktivitas kamu dimana, dilansir dari the happiness index.com, dengan kondisi tubuh yang sehat dan bahagia, kita dapat bekerja dengan lebih fokus, kreatif, dan meningkatkan performa kerja. Dengan memperhatikan kesehatan dan keseimbangan hidup, kamu dapat meningkatkan produktivitas kerja secara signifikan.

 

  1. Hubungan Sosial Jadi Lebih Baik

Berikutnya yaitu dengan memiliki work-life balance, artinya kamu memiliki waktu untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang kamu sayangi. Seperti bisa quality time bersama keluarga, saudara, kekasih, atau teman-teman. Menurut Psychology Today, bersosialisasi bisa membuat kamu jadi lebih bahagia dan meningkatkan hubungan sosial menjadi lebih baik.

 

Cara Mencapai Work Life Balance

Jika kamu sudah paham seberapa penting work-life balance, berikutnya bukan hal yang mustahil untuk mencapainya. Berikut cara mencapai work-life balance:

  1. Paham Jika Tidak Ada Work-Life Balance Yang Sempurna

Untuk mencapai work life balance, pertama-tama kamu harus menerima jika tidak ada work life balance yang sempurna. Meskipun kamu mungkin berharap untuk memiliki work life balance yang ideal, seperti produktif di tempat kerja dan kemudian menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, tetapi hal itu mungkin sulit dilakukan karena kenyataannya seringkali berbeda dengan harapan.

Terkadang kamu akan sibuk dan harus fokus pada pekerjaan, sementara pada hari lain kamu akan memiliki lebih banyak waktu luang yang dapat digunakan untuk hobi atau berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Manfaatkan waktu luangmu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan agar tercipta keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ingatlah bahwa work life balance terjadi secara berulang atau siklus dan tidak selalu harus dilakukan setiap hari.

 

  1. Prioritaskan Kesehatan Terlebih Dahulu

Cara berikutnya untuk mencapai work-life balance adalah dengan mengutamakan kesehatanmu. Kareng, kesehatan adalah prioritas utama. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, terutama yang berhubungan dengan kesehatan mental, kamu bisa mencoba berkonsultasi dengan psikolog atau profesional kesehatan yang sesuai. Jika tubuhmu sehat secara fisik dan mental, kamu dapat tetap produktif dalam pekerjaan dan mengurangi absen di kantor.

Jika kesehatanmu membaik, hal ini akan mempengaruhi perasaan yang lebih bahagia, produktivitas, dan pencapaian di tempat kerja. Untuk menjaga kesehatan, kamu bisa melakukan rutinitas olahraga, seperti jogging, yoga, home workout, berenang, dan menari.

 

  1. Stop Bekerja di Luar Jam Kerja

Tips nomor tiga untuk mencapai work life balance adalah dengan menghindari bekerja di luar jam kerja. 

Stop untuk membiasakan diri memeriksa email atau menyelesaikan pekerjaan di luar jam kerja, karena hal ini akan mengganggu waktu istirahat dan kegiatan lainnya. Bahkan dapat menimbulkan tekanan. 

Sebagai alternatif, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu sebelum meninggalkan kantor, sehingga kamu tidak perlu memikirkan pekerjaan saat berada di luar jam kerja. Selain itu, kamu juga bisa berkomunikasi dengan rekan kerja agar tidak mengganggu waktu istirahat dan kehidupan pribadi di luar jam kerja.

 

  1. Tetapkan Tujuan dan Prioritas

Terakhir namun tidak kalah penting, kamu perlu menetapkan tujuan dan prioritas dalam pekerjaan. Hal ini dapat dicapai dengan merencanakan waktu, membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan, dan mengevaluasi setiap pekerjaan yang telah dilakukan apakah sudah sesuai dengan tujuan atau belum. 

Dengan menetapkan tujuan dan manajemen waktu yang baik, pekerjaanmu akan menjadi lebih efektif dan efisien sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Itulah penjelasan mengenai work-life balance. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk hidup teratur dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan ya.

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

©2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK
KOMINFO