ARTIKEL
 

SMGR Suplai Pasokan Semen untuk IKN Hampir 80%, Sampai 2045?

by Estrin Vanadianti Lestari - 30 Nov 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Proyek Ibu Kota Negara atau IKN di Kalimantan, sedang dalam proses pembangunan, dan diketahui PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) menyuplai pasokan semen, hampir 80%.

Tidak hanya pada tahun ini dan tahun depan, potensi permintaan dari proyek IKN, bahkan masih akan terus berlanjut hingga beberapa tahun kedepan, mungkin sampai tahun 2045 mendatang.

Namun, untuk di tahun 2024 saja kebutuhan bahan baku semen, mencapai 2 juta ton karena banyak proyek yang perlu dipercepat. Meski begitu, Direktur Bisnis dan Pemasaran SMGR, yakni Subhan menuturkan hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung upaya pemerintah.

Selain itu, dengan mendukung pembangunan IKN, SMGR berharap bisa menumbuhkan kinerja Perseroan agar lebih baik, karena proyek-proyek di IKN punya potensi yang besar.

 

Kuartal 3 2023 SMGR meraih pendapatan sebesar Rp27 T

Jika dilihat dari laporan keuangannya tahun ini, SMGR ternyata mampu meraih pendapatan sebesar Rp27,66 triliun per kuartal III 2023. Di mana pencapaian tersebut naik 3,98 persen dari pendapatan SMGR kuartal III 2022, yakni sebesar Rp26,60 triliun.

Kenaikan pendapatan yang dicapai SMGR tahun 2023, berasal dari segmen bisnis produksi semen, yakni sebesar Rp23,97 triliun. Selain pendapatan dari produksi semen, ada juga pendapatan dari segmen bisnis non semen, yakni sebesar Rp7,50 triliun.

Untuk laba bersih, SMGR meraup sebanyak Rp1,79 triliun dalam priode berjalan. Di mana laba tersebut naik 1,12 persen, dibandingkan dengan laba bersih di tahun sebelumnya, yakni Rp1,77 triliun.

 

Baca juga: UMP 2024 Akan Naik! Berikut Hitungan, Alasan Buruh, hingga Pengumumannya

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO