ARTIKEL
 

Profil Saham Emiten Sepeda BIKE, Punya Siapa?

BY Estrin Vanadianti Lestari - 23 Jan 2023 6:43PM - 4 MINS READ

 

Tahu sepeda United Bike, Genio Bike, dan Avand? Itu merek sepeda luar atau lokal sih? Nah, buat Kawan Visto yang belum tahu, ketiga sepeda itu adalah sepeda lokal, asal Tangerang, Banten.

Nah, PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk ini, adalah perusahaan yang mendistribusikan merek-merek sepeda lokal, terutama tiga sepeda tersebut. Bahkan, perusahaan ini juga sudah terdaftar di pasar bursa efek, dengan kode saham BIKE.

Nah, buat kamu yang tertarik buat punya saham BIKE, yuk intip tipis-tipis profil saham BIKE berikut ini!

 

Profil PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk

Oke, jadi PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk ini bukan perusahaan yang memproduksi sepeda ya Kawan! Jadi BIKE lebih ke bergerak di bidang perdagangan grosir dan distribusi sepeda, terutama merek Genio Bike, United Bike, dan Avand.

Perusahaan ini didirikan di Tangerang pada tanggal 13 Oktober 2017.

Tidak tanggung-tanggung, perusahaan ini mendistribusikan setidaknya lebih dari 100 jenis sepeda, melalui 578 toko di seluruh Indonesia. Adapun, jenis sepeda yang ditawarkan, bertujuan untuk mendukung gaya hidup aktif dan sehat, hingga memenuhi segala kebutuhan masyarakat di setiap segmen.

Tidak hanya itu, bahkan PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk ini juga menyediakan layanan purna jual bagi pelanggan. Kantor pusatnya sendiri, terletak di Jl. Boulevard Alam Sutera 12 A, Pakulonan, Serpong, Tangerang.

Karena bergerak di bidang distribusi sepeda, maka PT BSI ini, bekerjasama dengan jaringan yang luas dan stabil, tidak hanya di dalam mall saja. Tapi, juga ke toko sepeda dalam skema tradisional, modern hingga digital. Wah, keren ya!

 

Pemilik Saham BIKE atau PT Sepeda Bersama Indonesia

Siapa sih pemilik dari saham BIKE atau PT Sepeda Bersama Indonesia ini? Oke, pemiliknya adalah Andrew Mulyadi dan Henry Mulyadi, di mana masing-masing dari mereka menggenggam 50% saham.

Namun, setelah saham BIKE ini IPO, kepemilikan keduanya terdilusi menjadi masing-masing 37,5% saham. Sisanya, tentu saja disisihkan untuk porsi publik, yakni sebanyak 25%.

Jika melihat dari segi jajarannya, Henry Mulyadi sendiri menjabat sebagai Komisaris Utama BIKE, sementara Andrew Mulyadi merupakan Direktur Utama BIKE.

Tidak sampai di situ, pada jajaran manajemen selanjutnya ada Tito Loho sebagai Komisaris Independen, dan ada Winston Mulyadi selaku Direktur. Kok nama belakangnya sama semua?

Ya, seperti dikutip dari prospektus perseroan, ternyata anggota yang ada di dalam jajaran tersebut, terdapat sifat hubungan kekeluargaan. Di mana Andrew Mulyadi merupakan Ayah dari Winston Mulyadi, dan Andrew Mulyadi juga merupakan Kakak kandung dari Henry Mulyadi.

 

Profil Singkat Henry Mulyadi dan Andrew Mulyadi

Henry Mulyadi merupakan pria kelahiran Jakarta, tahun 1963. Selain menjabat sebagai salah satu pendiri PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk, tepatnya sebagai Komisaris Utama, Henry Mulyadi juga menjabat di beberapa perusahaan lainnya. Seperti:

  • PT Terang Dunia Internusa - Direktur
  • PT Bintang Timur - Direktur
  • PT Bintang Cipta Abadi - Direktur
  • PT Taman Wisata Jateng - Direktur
  • PT Perdana Bina Bersama - Direktur 
  • PT Wahana Inti Utama - Direktur Utama
  • PT Bintang Mas Lestari - Presiden Direktur
  • PT Cahaya Hidup Indonesia - Komisaris Utama

Sedangkan sang kakak, yakni Andrew Mulyadi lahir di Jakarta pada 1957, dan berhasil mendapatkan gelar S1 dan S2 Accounting & Finance di Universitas Tarumanegara. Saat ini, Andrew menjabat sebagai Direktur Utama PT Sepeda Bersama Indonesia, dan juga sebagai Direktur di PT Terang Dunia Internusa.

 

Kapan Saham BIKE IPO?

PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk atau saham BIKE, memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada tanggal 10 Maret 2022, untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham BIKE (IPO) kepada masyarakat.

Adapun, saham yang akan disebar kepada publik adalah sebanyak 323.334.000 saham baru, dengan nilai nominal Rp25,- per saham dengan harga penawaran Rp170,- per saham.

Tidak hanya itu, penawaran ini juga disertai dengan Waran Seri I sebanyak 161.667.000, dengan harga pelaksanaan Rp492,- per saham. Saham dan waran tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 21 Maret 2022.

 

Berapa Harga Saham BIKE Hari Ini?

Harga saham BIKE hari ini (per 19 Januari 2023) adalah Rp197. Namun, kamu juga bisa cek harga saham BIKE terupdate setiap harinya, melalui aplikasi InvestasiKu!

Kamu juga bisa cek update-an grafik saham BIKE dan saham lainnya, melalui aplikasi InvestasiKu!

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK