ARTIKEL
 

Apa Itu Portfolio Investasi dan 9 Manfaatnya

by Dany Mauriz Gibran - 30 Mar 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Bak rapor, portofolio investasi harus memiliki riwayat yang baik dari seluruh aktivitas saham. Kalau mau portofolio investasi kamu nggak merah, itu artinya kamu harus melakukan berbagai strategi, demi menghindari riwayat yang buruk.

Nah, biar makin paham nih, yuk intip informasi lebih lengkap tentang portofolio investasi di sini! Gunanya, biar informasi ini bisa menjadi acuan semangat kamu, dan bisa berinvestasi lebih giat lagi!

 

Apa itu Portofolio Investasi?

Jadi, portofolio investasi adalah laporan aktivitas dari kumpulan berbagai aset keuangan yang pernah dijalankan, mencakup deposito, saham, obligasi, reksadana, komoditas, valuta asing, kripto, hingga p2p lending.

Pada umumnya, portofolio investasi bisa dikelola oleh investor individu ataupun lembaga profesional, seperti hedge fund, bank dan lembaga keuangan lainnya. Dengan adanya portofolio investasi, kamu bisa mempertimbangkan aset dialokasikan.

 

9 Manfaat Portofolio Investasi

Tidak hanya bisa membantu untuk mengetahui riwayat aktivitas investasi. Portofolio ini juga memiliki manfaat lainnya, salah satunya adalah untuk mengukur keuntungan atau kerugian, dari berbagai aset yang investor alokasikan.

Berikut ini ada beberapa manfaat atau kelebihan dari portofolio investasi, yang bisa kamu dapatkan antara lain:

 

1. Membuat Pilihan Investasi yang Tepat

Manfaat portofolio investasi yang pertama adalah sebagai alat yang membantu investor, dalam memilih portofolio aset yang tepat. Hal ini bisa membantu kamu, untuk membuat keputusan yang lebih tepat, mengenai rencana investasi sesuai dengan maksud dan tujuan (misalnya untuk investasi atau trading).

 

2. Memaksimalkan Pengembalian

Manfaat portofolio investasi yang kedua adalah membantu memaksimalkan pengembalian. Maksudnya gimana? Manfaat yang satu ini, menjadi  salah satu peran penting, yang dimainkan oleh portofolio investasi.

Dalam portofolio, biasanya akan menyediakan kerangka kerja yang terstruktur, untuk melakukan analisis dan memilih kelas aset terbaik. Tidak hanya itu, para investor juga dapat memperoleh pengembalian yang tinggi, dengan dana terbatas.

Investasi? Ya, InvestasiKu! Yuk, Download Aplikasi InvestasiKu Sekarang! Dapatkan Dividen Lewat Saham!

 

download investasiku

 

3. Menghindari Bencana

Karena digunakan sebagai acuan, manfaat portofolio investasi juga bisa membantu menghindari investor dari bencana, yang mungkin berisiko besar. Selain itu, panduan portofolio dalam berinvestasi itu berfokus pada kelas aset yang berbeda.

Jika seorang investor berinvestasi hanya pada satu jenis sekuritas, lalu menganggapnya gagal, maka investor tersebut akan menderita kerugian besar. Namun, hal tersebut dapat dihindari jika investor tersebut berinvestasi di antara aset yang berbeda.

 

4. Melacak Kinerja Aset

Selanjutnya, portofolio investasi juga bermanfaat untuk membantu manajemen, dalam melacak kinerja portofolio investasi milik para investor.

Investasi konsolidasi yang diadakan dalam portofolio, bisa dievaluasi dengan cara yang lebih baik, dan ketika terjadi kegagalan juga dapat dengan mudah untuk dideteksi.

 

5. Mengelola Likuiditas

Likuiditas bisa dikelola? Bisa! Dengan portofolio investasi, memungkinkan investor untuk bisa mengatur investasinya secara sistematis. Selain itu, investor juga dapat memilih aset dengan pola sedemikian rupa.

Di mana mereka dapat menjual beberapa diantaranya dengan mudah, kapanpun mereka membutuhkan dana. Jadi sangat fleksibel bukan?

 

6. Menghindari Risiko

Seperti yang diketahui, bahwa investasi di saham menjadi jenis investasi yang cukup berisiko, ketimbang jenis investasi lain. Mengapa?

Hal tersebut dikarenakan, volatilitas pasar saham bisa mengakibatkan kerugian, apalagi jika investor tidak mengenali risiko-risikonya.

Nah, maka dari itu, portofolio investasi membantu mengurangi risiko melalui diversifikasi risiko, di antara aset keuangan lainnya.

 

Baca juga: Kenapa Banyak Investor Tertarik Membeli Saham Bank BCA?

 

7. Meningkatkan Pemahaman Tentang Keuangan

Di dalam sebuah portofolio, kamu akan menemukan banyak konsep keuangan. sehingga, portofolio investasi bisa bermanfaat karena membantu kamu meningkatkan pengetahuan tentang keuangan.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk mempelajari cara kerja pasar keuangan, yang akan meningkatkan pemahaman keuangan secara keseluruhan.

 

8. Tujuan Portofolio Investasi

Untuk apa, ada portofolio investasi? Dalam berinvestasi, portofolio ini dirancang dengan baik, dan memiliki potensi, untuk memenuhi tujuan jangka pendek atau jangka panjang.

  • Tujuan jangka pendek: Berupa bisa membantu kamu memaksimalkan keuntungan.
  • Tujuan jangka panjang: Mampu membuat keseluruhan investasi kamu stabil, meskipun ada beberapa instrumen yang mengalami kerugian.

 

9. Komposisi Portofolio Investasi

Lalu, di dalam portofolio investasi tuh ada apa saja sih? Jadi, komposisi portofolio dalam investasi itu, tergantung pada sejumlah faktor.

Namun, yang paling penting adalah toleransi kamu sebagai investor, terhadap risiko dan jangka waktu investasi, yang dijalankan.

Apakah kamu seorang investor yang berusaha membayar kebutuhan hidup sehari-hari, atau tujuannya adalah menabung untuk masa pensiun?

Atau, menggunakan aktivitas investasi ini, sebagai masa pensiunan untuk bisa mendapatkan penghasilan? Ada banyak tujuan yang bisa kamu pilih.

Mereka yang memiliki toleransi risiko yang lebih besar, mungkin menyukai investasi pada saham yang sedang tumbuh. Sementara, untuk para investor mungkin akan lebih konservatif, untuk dapat memilih obligasi pemerintah dan saham blue chip.

 

Simak juga: Tips Manajemen Portofolio

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO