ARTIKEL
 

Cek Profil Saham BRMS Milik Bakrie Group

by Estrin Vanadianti Lestari - 10 Nov 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Kawan Visto sudah tahu belum, kalau kode saham dari PT Bumi Resources Minerals, bukanlah BUMI, melainkan BRMS. Pasalnya, saham BUMI berbeda dengan saham BRMS.

Sehingga, buat kamu yang baru terjun ke dunia saham, pastikan lagi jika kamu mencari saham dari PT Bumi Resources Minerals, dengan kode saham BRMS. Jadi, jangan sampai salah ya Kawan!

Nah, biar semakin kenal, yuk intip informasi lengkap tentang saham tambang emas yang satu ini!

 

Sekilas Tentang PT Bumi Resources Minerals

PT Bumi Resources Minerals Tbk dengan kode saham BRMS berdiri pada tanggal 6 Agustus 2003. PT Bumi sendiri adalah perusahaan yang menjadi entitas induk dari berbagai entitas anak perusahaan dalam bidang eksplorasi dan pengembangan pertambangan sumber daya mineral.

Namun, tepat pada tanggal 1 Juli 2019, perusahaan ini telah mengubah kegiatan usaha utamanya, dari industri perusahaan investasi menjadi pertambangan.

Kantor pusat PT Bumi Resources Minerals sendiri berlokasi di Bakrie Tower, 6th & 10th Floor, Rasuna Epicentrum Complex Jl. H.R. Rasuna Said Kuningan South Jakarta DKI Jakarta 12940.

Sebelum menjadi PT Bumi Resources Minerals Tbk, awalnya bernama PT Panorama Timur Abadi. Lalu, pada 2009 diambil alih oleh Bumi Resource Tbk (BUMI), dan namanya diubah menjadi PT Bumi Resources Minerals (BRMS).

 

Perbedaan Jenis Usaha Saham BRMS dan BUMI

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Bumi Resources Minerals (BRMS) adalah dua saham yang berbeda, meski kedua emiten tersebut masih sama-sama terafiliasi dengan Group Bakrie.

Nah, di sinilah para investor pemula sering tertukar, atau masih bingung dalam membedakan kedua saham tersebut. Kawan Visto juga kebingungan nggak nih? Apalagi, kedua saham ini memiliki jenis usaha yang berbeda. Yuk kita bahas satu-satu!

 

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS)

Perusahaan holding yang mengelola dua perusahaan tambang emas yakni PT Citra Palu Minerals (CPM), perusahaan tambang tembaga dan emas PT Gorontalo Minerals, dan perusahaan tambang seng dan timbal yakni PT Dairi Prima Mineral.

 

PT Bumi Resources Tbk (BUMI)

Perusahaan holding yang mengelolah dua perusahaan tambang Batubara terbesar di Indonesia yakni PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT Arutmin Indonesia (Arutmin), kemudian memiliki anak usaha di bidang tambang minerals seperti emas, tembaga, seng dan timbal melalui PT Bumi Resources Minerals Tbk.

Singkatnya, BUMI adalah induk dari BRMS, usaha yang dijalankan BUMI adalah usaha tambang batubara melalui KPC serta Arutmin dan tambang mineral seperti emas dijalankan oleh BRMS.

 

Grafik Harga Saham BRMS

Harga saham BRMS sendiri per 9 November 2022 adalah Rp186. Untuk cek informasi harga saham lebih lengkap, beserta grafik harganya, kamu bisa intip di sini.

Grafik Harga Saham BRMS

 

Kapan Saham BRMS IPO?

Saham BRMS IPO atau melakukan Penawaran Umum Perdana Saham kepada masyarakat pada tanggal 26 November 2010, sebanyak 3.300.000.000 dengan nilai nominal Rp100/saham.

Untuk harga penawarannya sendiri berada di angka Rp635 per saham. Adapun BRMS sendiri dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 9 Desember 2010.

 

PT Bumi Resources Minerals Milik Siapa?

PT Bumi Resources Mineral Tbk sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Bumi Resources Tbk (BUMI), yang juga bagian dari Group Bakrie. Namun, belum lama ini ada desas-desus bahwa Group Salim mengakuisisi perusahaan tambang milik Group Bakrie tersebut.

Alasan Group Salim mengakuisisi BRMS adalah karena saham tersebut memiliki catatan perdagangan yang bagus. Di mana nilai kapitalisasi pasar BRMS naik 91,38% secara year to date (ytd) dan melesat 122% dalam satu tahun terakhir.

Selain itu, menurut informasi dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Group Salim disebut masuk melalui Emirates Tarian Global Ventures per tanggal 18 Januari 2022. Setelah aktif membeli saham BRMS sejak Desember 2021, yakni sebesar 4,78 miliar.

Lantas siapa nama dibalik PT Bumi Resources Minerals Tbk? Nah, di tengah isu akuisisi, terdapat satu nama yakni Agus Projosasmito, di mana tepat pada tahun 2022 secara resmi ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Bumi Resources Minerals (BRMS) yang baru.

 

Transaksi Saham Mudah InvestasiKu Solusinya!

Gimana nih? Kamu tertarik buat beli saham tambang dari BRMS? Biar nggak kalah cepat sama investor lain, yuk cek update harga saham BRMS di InvestasiKu!

Bahkan, di setiap transaksi kamu bisa dapat points loh! Mulai dari Rp100 ribuan saja, kamu sudah bisa investasi, di InvestasiKu! Download aplikasinya sekarang yah!

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO