ARTIKEL
 

Cara Screening Saham Untuk Swing Trading Jangka Panjang

by Dany Mauriz Gibran - 14 Jan 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Cara screening saham untuk swing trading adalah sebuah upaya merekap saham yang berpotensi mendapatkan imbalan optimal. Tentu saja membutuhkan banyak waktu jika kita menyaringnya secara manual.

Untuk melakukan screening saham kita butuh menggunakan aplikasi. Biasanya, platform investasi terbaik dan resmi di Indonesia seperti Investasiku bisa bantu kamu untuk melakukan aktivitas ini.

Sebagai seorang swing trader, mempelajari strategi dasar bisa mempermudah kamu mengambil keputusan jangka panjang. Terdapat lima teknik tentang bagaimana cara screening saham untuk swing trading.

Termasuk contoh cara membuka perdagangan swing trading menggunakan retracement Fibonacci dan membantu Anda mengidentifikasi titik masuk dan keluar transaksi.

 

Apa itu Swing Trading?

Swing trading adalah sebuah aksi membeli saham yang berfokus pada keuntungan dari kenaikan harga selama beberapa minggu. Swing trader akan mencoba menangkap kenaikan dan penurunan harga saham.

Posisi biasanya ditahan selama satu hingga enam hari, meskipun beberapa dapat bertahan selama beberapa minggu jika perdagangan tetap menguntungkan. Cara screening saham untuk swing trading bisa menggunakan berbagai indikator teknis untuk mengidentifikasi pola, arah tren, dan potensi perubahan tren jangka pendek. 

Untuk membahas dasar-dasar swing trading, kunjungi apa itu swing trading?

 

Contoh dari Cara Screening Saham untuk Swing Trading

Ada banyak strategi yang dapat Anda gunakan untuk perdagangan saham swing. Dalam contoh ini kami telah menunjukkan trading berdasarkan sinyal dari retracement Fibonacci

Tiga poin terpenting pada grafik yang digunakan dalam contoh ini termasuk titik masuk perdagangan (A), level keluar (C) dan stop loss (B). Setiap sistem perdagangan swing harus mencakup tiga elemen kunci ini.

Keterangan:

A – Titik masuk perdagangan

B – Stop loss

C – Perkiraan harga (level keluar)

D – Analisis teknis Fibonacci

Level stop loss dan titik keluar tidak harus tetap pada level harga yang ditetapkan dan ini tergantung pada jenis strategi swing trading yang Anda gunakan. 

Perkiraan jangka waktu untuk perdagangan saham ini adalah sekitar satu minggu. Sangat penting untuk menyadari kerangka waktu harian sampai mingguan. Sehingga, Anda dapat secara efektif memantau perdagangan yang sedang berlangsung. Serta memaksimalkan potensi perdagangan Anda untuk menjadi menguntungkan.

 

Lima strategi untuk Cara Screening Saham untuk Swing Trading

Kami telah merangkum lima strategi swing trade di bawah ini yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi peluang trading dan mengelola perdagangan Anda dari awal hingga akhir. 

Terapkan teknik swing trading ini ke saham yang paling Anda minati untuk mencari kemungkinan titik masuk perdagangan. Anda juga dapat menggunakan 5 alat ini untuk cara screening saham untuk swing trading. Supaya membantu Anda mengidentifikasi saham. Baca lebih lanjut tentang alat perdagangan kami.

Cara Screening Saham untuk Swing Trading Dengan Fibonacci Retracements Rasio 61.8%

Cara Screening Saham Untuk Swing Trading dengan Pola Fibonacci retracement dapat kamu gunakan untuk membantu pedagang mengidentifikasi level support dan resistance. Oleh karena itu, kamu akan tahu kemungkinan besar level pembalikan naik pada grafik saham.

Saham sering cenderung menelusuri kembali persentase tertentu dalam tren sebelum berbalik arah lagi, dan memplot garis horizontal pada rasio Fibonacci klasik 23.6%, 38.2% dan 61.8%. Pada grafik saham dapat mengungkapkan tingkat pembalikan potensial.

Trader sering melihat level 50% juga, meskipun tidak sesuai dengan pola Fibonacci, karena saham cenderung berbalik arah setelah menelusuri kembali setengah dari pergerakan sebelumnya.

Seorang pedagang swing saham dapat memasuki posisi jual jangka pendek jika harga dalam tren turun menelusuri kembali dan memantul dari level retracement 61,8% (bertindak sebagai level resistensi). 

Tujuannya keluar dari posisi jual untuk mendapatkan keuntungan saat harga turun. ke dan memantul dari garis Fibonacci 23,6% (bertindak sebagai level support).

Cara Screening Saham untuk Swing Trading Dengan Support and Resistance

Garis support dan resistance mewakili landasan analisis teknis dan Anda dapat membangun strategi perdagangan swing saham yang sukses.

Level support menunjukkan level harga atau area pada grafik di bawah harga pasar saat ini. Bisa juga untuk mengetahui pembelian cukup kuat dari pelaku pasar untuk mengatasi tekanan jual. Akibatnya, penurunan harga terhenti dan harga kembali naik.

Seorang pedagang swing saham akan melihat untuk memasuki perdagangan beli pada pantulan dari garis support, menempatkan stop loss di bawah garis support.

Resistensi adalah kebalikan dari support. Ini mewakili tingkat harga atau area di atas harga pasar saat ini di mana tekanan jual dapat mengatasi tekanan beli, menyebabkan harga kembali turun melawan tren naik. 

Dalam hal ini seorang swing trader dapat memasuki posisi jual pada pemantulan dari level resistance, menempatkan stop loss di atas garis resistance.

Hal utama yang perlu diingat ketika harus memasukkan support dan resistance ke dalam sistem swing trading Anda adalah ketika harga menembus level support atau resistance, mereka berganti peran – yang dulunya support menjadi resisten, dan sebaliknya.

Channel Trading

Strategi swing trading ini mengharuskan Anda mengidentifikasi saham yang menunjukkan tren kuat dan diperdagangkan di dalam channel.

Jika Anda telah memplot saluran di sekitar tren bearish pada grafik saham, Anda akan mempertimbangkan untuk membuka posisi jual saat harga memantul turun dari garis atas saluran. 

Saat menggunakan saluran untuk memperdagangkan saham, penting untuk berdagang dengan tren, jadi dalam contoh ini di mana harga dalam tren turun.

Anda hanya akan mencari posisi jual – kecuali harga keluar dari saluran, bergerak lebih tinggi dan menunjukkan pembalikan dan awal dari tren naik. Pelajari lebih lanjut tentang saham breakout di sini.

SMA 10 dan 20 hari

Salah satu strategi perdagangan ayunan paling populer melibatkan penggunaan rata-rata bergerak sederhana (SMA). SMA menghaluskan data harga dengan menghitung harga rata-rata yang terus diperbarui yang dapat diambil pada rentang periode waktu tertentu, atau panjang. 

Misalnya, SMA 10 hari menjumlahkan harga penutupan harian selama 10 hari terakhir dan membaginya dengan 10 untuk menghitung rata-rata baru setiap hari. Setiap rata-rata terhubung ke yang berikutnya untuk membuat garis halus yang membantu untuk memotong kebisingan pada grafik saham. 

Panjang yang digunakan (10 dalam hal ini) dapat diterapkan pada interval grafik apa pun, dari satu menit hingga mingguan. SMA dengan jangka waktu pendek bereaksi lebih cepat terhadap perubahan harga daripada SMA dengan jangka waktu yang lebih lama.

Dengan sistem swing trading SMA 10 dan 20 hari, Anda menerapkan dua SMA dengan panjang ini ke grafik saham Anda. Ketika SMA yang lebih pendek (10) melintasi di atas SMA yang lebih panjang (20) sinyal beli dihasilkan karena ini menunjukkan bahwa kenaikan sedang berlangsung. 

Ketika SMA yang lebih pendek melintasi di bawah SMA jangka panjang, sinyal jual dihasilkan karena jenis persilangan SMA ini menunjukkan ayunan ke bawah.

MACD Crossover

Sistem trading swing crossover MACD menyediakan cara sederhana untuk mengidentifikasi peluang untuk mengayunkan saham. Ini adalah salah satu indikator swing trading paling populer yang digunakan untuk menentukan arah trend dan pembalikan. 

MACD terdiri dari dua rata-rata bergerak – garis MACD dan garis sinyal – dan sinyal beli dan jual dihasilkan ketika kedua garis ini bersilangan. 

Jika garis MACD melintasi di atas garis sinyal, tren bullish diindikasikan dan Anda akan mempertimbangkan untuk memasuki perdagangan beli. Jika garis MACD melintasi di bawah garis sinyal, tren bearish mungkin terjadi, menunjukkan perdagangan jual. 

Seorang pedagang ayunan saham kemudian akan menunggu dua garis untuk menyeberang lagi, menciptakan sinyal untuk perdagangan di arah yang berlawanan, sebelum mereka keluar dari perdagangan.

MACD berosilasi di sekitar garis nol dan sinyal perdagangan juga dihasilkan ketika MACD melintasi di atas garis nol (sinyal beli) atau di bawahnya (sinyal jual).

 

Baca Juga: Konsolidasi Saham: Pengertian, Ciri, Penyebab, & Tips Trading

 

Bagaimana cara melakukan swing dalam perdagangan saham?

Sekarang kami telah meninjau strategi perdagangan swing yang paling populer, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuka akun dengan kami, sehingga Anda dapat memulai perdagangan saham swing.

Buka Akun Perdagangan Langsung

Buka akun trading live pada investasiku untuk memulai swing trading saham. Anda juga dapat membuka akun demo jika Anda ingin mempraktekkan strategi swing trading di atas dalam lingkungan bebas risiko.

Riset Pasar Menggunakan Analisis Teknikal

Memanfaatkan alat seperti pemindai pengenalan pola kami, Anda dapat melihat pembalikan trend dan sinyal harga lainnya untuk membantu menginformasikan upaya perdagangan ayunan Anda.

Cara Screening Saham untuk Swing Trading yang Berpotensi Bagus untuk Perdagangan Jangka Panjang

Setelah Anda melakukan riset, putuskan aset dan kerangka waktu mana yang ingin Anda ayunkan. Juga, tentukan strategi masuk dan keluar Anda berdasarkan sinyal perdagangan ayunan Anda. Misalnya, untuk membeli emiten tertentu saat harga menyentuh level support.

Gunakan Manajemen Risiko

Sertakan stop loss dan take profit order untuk mengurangi risiko apa pun. Alat manajemen risiko ini membantu menjaga perdagangan Anda tetap konsisten dan relevan dengan strategi perdagangan Anda.

Pantau Posisi Anda

Awasi perdagangan Anda saat terbuka. Waspadai gap dan slippage, serta perubahan dalam sentimen pasar. Pelajari lebih lanjut tentang perdagangan celah.

Keluar dari Perdagangan

Jika perdagangan belum keluar dari stop loss Anda, tutup perdagangan sesuai strategi perdagangan swing Anda.

Cara Screening saham untuk Swing Trading

Saat mengayunkan saham, penting untuk memilih aset yang tepat untuk diperdagangkan, karena pemilihan pasar yang buruk bisa menjadi kelemahan utama dalam strategi perdagangan Anda. Manfaatkan tips ini untuk meningkatkan upaya pemilihan pasar Anda.

Manfaatkan Pola Grafik

Gunakan pemindai pengenalan pola kami yang dapat membantu Anda mengidentifikasi pola pembalikan seperti pola grafik double top atau triple top. 

Pantau Kalender Ekonomi

Mengawasi kalender ekonomi, yang dapat membantu Anda menentukan kesehatan ekonomi suatu negara, dan peluang atau risiko perdagangan potensial di masa depan.

Faktor Dalam Mendapatkan Kalender

Kalender penghasilan akan membantu Anda memperhitungkan pergerakan harga tiba-tiba ke strategi trading swing Anda.

Berhati-hatilah Saat Memperdagangkan Saham Gorengan

Saham gorengan adalah investasi yang sangat spekulatif, jadi berhati-hatilah saat memperdagangkannya. Meskipun volatilitas pasar saham gorengan menghadirkan peluang perdagangan dengan pertumbuhan tinggi, hal itu juga menghadirkan risiko yang lebih besar.



 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO