ARTIKEL
 

Profil & Cara Beli Saham NCKL di InvestasiKu!

by Eunike Ayu Sabatania - 12 Apr 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada tanggal 5 April 2023.

Harga IPO NCKL yang dibandrol senilai Rp1.250 per lembar, menjadi akumulasi dana IPO terbesar ke-5 di Indonesia setelah BUKA, MTEL, GOTO, dan ADRO.

Trimega Bangun Persada mulai melakukan penawaran umum perdana ke masyarakat, dari tanggal 5 April sampai 10 April 2023. Lalu akan dicatat secara resmi, sebagai anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 12 April 2023.

Dalam artikel ini, InvestasiKu akan mengupas tuntas saham NCKL, khusus untuk kamu! Yuk, luangkan waktu 3-4 menit untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan ini.

 

Profil Singkat PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL)

PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pertambangan bijih nikel, pengolahan nikel dan kawasan industri. Di mana NCKL juga merupakan anak usaha dari Grup Harita.

Perusahaan yang berdiri pada September 2004 ini, memiliki 2 lokasi pertambangan, yaitu di Tabuji-Laiwui dan Jikodolong, Maluku Utara. Selain itu, NCKL memiliki proyek pertambangan nikel laterit, di kawasan industri Pulau Obi, Halmahera Selatan.

Pendapatan Trimegah Bangun Persada, berasal dari dua segmen, yaitu dari pengolahan nikel (feronikel) dan penambangan nikel.

Sebagai informasi tambahan, Trimegah Bangun Persada (NCKL) juga ikut diuntungkan, dari adanya perkembangan industri kendaraan listrik dan produk bahan baterai kendaraan listrik saat ini.

 

Berapa Harga IPO NCKL?

Menjadi emiten dengan target dana IPO terbesar di tahun 2023, harga IPO NCKL per lembarnya dibandrol di harga batas atas, senilai Rp1.250.

Dari IPO ini, NCKL berharap dapat meraup dana hingga Rp9,05 triliun. Penawaran ini berlangsung mulai dari tanggal 5 April hingga 10 April 2023.

Apakah kamu sudah tahu? Saat ini, jumlah pembelian saham minimal adalah satu lot (100 lembar). Jadi, perhitungan harga jika kamu ingin membeli 1 lot IPO saham NCKL, yaitu:  Rp1.250 x 1 lot (100 lembar) = Rp125.000 per lot.

 

Berapa Harga Saham NCKL Hari Ini?

Nah, untuk harga saham NCKL hari ini, yakni per tanggal 13 Juli 2023, adalah sebesar Rp915 per lembar. Jadi, jika dihitung per lotnya, harga saham NCKL adalah Rp91.500 per lot.

Jika dibandingan dengan harga IPO April 2023 lalu, harga saham NCKL turun sebesar -26,8 persen. Jika kamu ingin mengetahui update harga saham NCKL setiap harinya, bisa cek di sini: Harga saham NCKL hari ini.

 

Tujuan IPO NCKL

Melalui IPO kali ini, NCKL berpeluang mengantongi sebanyak-banyaknya Rp9,05 triliun dana segar, yang ditujukan untuk:

  1. Smodal dan pinjaman entitas anak, sebesar 50,4%,
  2. Pembayaran utang, sebesar 42,8%,
  3. Capital expenditure, sebesar 3,3%, dan
  4. Untuk modal kerja, sebesar 3,5%.

Saat ini, emiten NCKL milik PT Harita Jayaraya itu, melepas sebanyak 7,99 miliar saham baru atau 12,67% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. 

 

Laporan Keuangan PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL)

Next, kamu perlu ketahui kinerja, serta laba dan rugi perusahaan NCKL, dengan cara membaca laporan keuangan perusahaannya, dalam satu periode.

 

Tabel Laporan Keuangan NCKL (dibandingkan akhir periode 2021)

(Nilai ditulis dalam Rupiah Penuh)

 

30 September 2022

31 Desember 2021

Pertumbuhan

Aset

29,93 triliun

21 triliun

42,5%

Liabilitas (Utang)

17,24 triliun

11,45 triliun

50,6%

Ekuitas

12,69 triliun

9,54 triliun

33%

Sumber: Prospektus NCKL

 

Tabel Laporan Laba Rugi dan Pendapatan NCKL

(Nilai ditulis dalam Rupiah Penuh)

 

30 September


Pertumbuhan

2022

2021

Pendapatan

7,35 triliun

6,4 triliun

15%

Laba Kotor

3,40 triliun

2,71 triliun

26%

Laba Bersih

3,53 triliun

1, 03 triliun

241%

Sumber: Prospektus NCKL

 

Perbandingan Valuasi NCKL dengan Kompetitor

Masuk dalam sektor barang baku (basic materials), NCKL sendiri memiliki kompetitor seperti INCO dan ANTM. 

Trimegah Bangun Persada (NCKL) saat ini memiliki cadangan nikel sebanyak 112,5 juta DMT (Dry Metric Ton). Sehingga, penilaian valuasi saham NCKL dengan kompetitornya, dapat dihitung menggunakan EV/Reserve.

Berikut informasi valuasinya, yang sudah dihitung oleh Tim Riset InvestasiKu:

 

Tabel Perbandingan EV/Reserve


EV/Reserve

Fair

ANTM

INCO

NCKL

27,35

9,25

34,52

38,28

 

Berdasarkan tabel di atas, harga IPO saham NCKL yang ditawarkan saat ini lebih premium dibandingkan kompetitornya. Di mana nilai EV/Reserve NCKL sebesar 38.28 kali, sedangkan INCO 34.52 kali, dan ANTM 9.25 kali.

 

Tabel Perbandingan PBV


P/BV

Fair

INCO

ANTM

NCKL

2,46

1,98

2,12

3,3

 

Begitupun jika valuasinya dibandingkan menggunakan perhitungan P/BV. Nilai PBV dari harga IPO saham NCKL adalah sebesar 3.3 kali, lebih tinggi dibandingkan INCO yang sebesar 1.98 kali, dan ANTM yang sebesar 2.12 kali.

 

Cara Beli Saham NCKL Melalui InvestasiKu

Sebelum kamu beli saham, yuk download terlebih dahulu aplikasi investasi online InvestasiKu, dengan cara klik banner di bawah iniπŸ‘‡πŸ»πŸ‘‡πŸ»

 

trading saham pake investasiku gratis points

 

  1. Registrasi Data Diri

Nah, setelah sudah memiliki aplikasi InvestasiKu, kamu bisa langsung melakukan registrasi, dan login menggunakan username dan password.

Caranya mudah, tinggal isi:

  • Nama lengkap
  • Email aktif
  • Nomor handphone
  • Buat password
  • Konfirmasi password
  • Jangan lupa untuk ceklis syarat dan ketentuan.

Tidak sampai di situ, setelah sudah punya akun, kamu juga wajib buka rekening saham di InvestasiKu atau RDN.

 

  1. Buka Rekening Dana Nasabah

Jika sudah selesai membuka akun, selamat! kamu tinggal satu langkah lagi dengan cara beli saham NCKL, yakni dengan membuka rekening dana nasabah (RDN).

Rekening RDN ini berfungsi untuk melakukan transaksi, di mana modal dan keuntungan nantinya ada di dalam saldo RDN kamu.

 

  1. Verifikasi E-KYC

Untuk membuat rekening RDN, kamu wajib menjalani langkah ini. Pasalnya, pada langkah ini, kamu diwajibkan untuk mengambil gambar KTP.

Upayakan untuk mengambil gambar KTP terbaru, pada kondisi cerah agar terlihat jelas. Hal ini memudahkan InvestasiKu untuk memverifikasi KTP kamu.

 

  1. Biometrik

Setelah ambil gambar KTP, langkah selanjutnya adalah pindai wajah sebagai sistem biometrik (selfie). Setelah itu, kamu hanya menunggu kurang lebih 1 hari jam kerja, jika tidak ada kendala.

Oke, jika rekening RDN sudah jadi, kamu bisa langsung top up saldo RDN mulai dari Rp100 ribu saja! Nah, kalau sudah masuk, RDN sudah aktif dan sudah ada saldo, kamu bisa langsung cari kode saham NCKL di InvestasiKu.

 

  1. Cari Kode Emiten NCKL

Nah, untuk cara beli saham PT Trimegah Bangun Persada Tbk di InvestasiKu, kamu bisa langsung cari kode sahamnya, yakni NCKL! Caranya, dengan klik logo “saham” dan ketik NCKL di kolom pencarian.

Nah, setelah memilih kode sahamnya, kamu bisa atur jumlah lot dan klik tombol “buy”. Nah, itulah langkah cara membeli saham PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau NCKL.

NCKL akan resmi menjadi anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 10 April 2023. Tidak hanya NCKL, masih ada lima perusahaan yang IPO di bulan April 2023 ini antara lain, MBMA, SMIL, AWAN, MENN, dan PIPA.

 

trading saham pake investasiku gratis points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

Β© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO