ARTIKEL
 

Apa itu Saham Blue Chip dan 7 Contohnya

BY David Sebastian - 13 Apr 2022 2:00AM - 5 MINS READ

 

Saham Blue Chip menjadi primadona di antara instrumen investasi di Indonesia. Bagaimana tidak? Saham ini adalah representasi dari perusahaan besar yang memiliki kondisi finansial yang stabil.

Mereka sudah mampu beradaptasi ketika kondisi ekonomi global sedang baik ataupun buruk. Pada tahun 1923, Seorang pekerja yang bernama Oliver Gingold asal Amerika Serikat, yang bekerja di Perusahaan Dow Jones.

Memberi arti “Saham Blue Chip” adalah kumpulan surat berharga yang mahal. Kumpulan saham ini harganya bisa mencapai $200 atau lebih per lembar!

Saham jenis ini paling dilirik dan diminati oleh investor karena berkualitas tinggi. Kenapa bisa gitu? karena capital gain yang positif dan dividen yang didapat rutin dibagikan.

Nah, dari peristiwa itu kata “blue chip” mulai dipopulerkan di banyak media. Sampai sekarang menjadi sebutan umum masyarakat dunia.

 

Apa Saja Saham Blue Chip di Indonesia?

InvestasiKu memberi fasilitas untuk kamu investasi di saham jenis ini. Blue chip juga mampu menghasilkan keuntungan yang rutin bagi investor berupa dividen.

Kita harus tau dong contohnya apa. Berikut daftar Saham Blue Chip di Indonesia 2021 paling baru.

 

1. BBCA

Kalau kamu belum pernah terjun ke pasar saham. Tetap saja kode emiten ini ga asing buat kamu. BBCA adalah singkatan kode saham dari Bank Central Asia (BCA). Salah satu bank swasta terbesar di Indonesia ini terkenal mapan dan stabil.

 

2. ACES

Pernah belanja di Ace Hardware Indonesia? Perusahaan khusus perabotan rumah tangga dan ritel ini masuk kategori indeks IDX30. Karena terus menerus mencetak laba positif dari tahun ke tahun.

 

3. BBRI

Bukan rahasia lagi kalau PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BRI) selalu berada di daftar pertama. Salah satu Perusahaan BUMN ini terus menerus berkontribusi bagi Indonesia. Mencetak Return on Asset (ROA) terbanyak daripada yang lainnya.

 

4. UNVR

PT Unilever Indonesia Tbk adalah anak perusahaan dari Unilever. Telah berkembang pesat dengan produk sehari-hari yang kalian pakai. Tingginya tingkat pembagian dividen sebagai tanda bukti kepada investor.

Masyarakat senang jika punya koleksi saham dari perusahaan ini. Karena cukup menanjikan dalam jangka panjang.

 

5. BBNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dengan kode emiten BBNI. Salah satu Bank BUMN terkemuka dan dipercaya masyarakat Indonesia. Hal ini membuat BBNI terus memberi dampak positif bagi pemegang saham.

 

6. ASII

PT Astra International Tbk dengan kode ASII, mempunyai produk yang sering kamu lihat di jalan. Mungkin, motor atau mobil yang kamu pake bisa jadi dari sini.

Meskipun termasuk blue chip, jika kita lihat grafik saham nya cenderung turun terus. kamu bisa melihat grafik nya dalam periode 5 tahun mengalami penurunan.

 

7. BTPS

PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS) beroperasi di bidang perbankan dengan landasan syariah. Kode emiten ini terkenal menjaga stabilitas kinerja keuangan nya. Pantas saja hari ini tanggal 12 September 2021 saham nya naik 3%. WOW.

 

download investasiku

 

Apa yang Membuat Orang Menyebut Saham Blue Chip?

Alasan saham dikatakan blue chip menjadi pertanyaan banyak orang. Sebelum lebih lanjut, coba kita lihat grafik PT Kimia Farma Tbk (KAEF) di Tahun 2020. Pada situasi tersebut, kita semua tahu bahwa dunia mengalami krisis ekonomi akibat pandemi.

Di sini lah letak kekuatan blue chip. Ketika kebanyakan emiten sedang mengalami penurunan, justru saham KAEF menjadi defensif bahkan melambung tinggi.

Tetap tahan banting pada kondisi yang sangat buruk merupakan kekuatan dari jenis saham ini.

Walaupun ada alasan lain saham tersebut naik karena perusahaan tersebut bergerak di bidang kesehatan.

 

4 Keuntungan Investasi Saham Blue Chip

Kami saranin kamu untuk bertransaksi di saham blue chip dari pada saham gorengan. Karena memiliki berbagai keuntungan di antaranya:

 

1. Kapitalisasi Market yang Besar

Kapitalisasi pasar adalah harga dari keseluruhan saham pada suatu perusahaan. Ketahui terlebih dahulu jika kamu mau membeli sebuah perusahaan.

 

2. Riwayat Pertumbuhan

Saham blue chip memiliki riwayat pertumbuhan yang stabil dari tahun ke tahun. Walaupun ga terlalu signifikan, mereka punya prospek masa depan yang baik dan solid.

 

3. Komponen Indeks Pasar

Saham blue chip berada di indeks pasar utama seperti LQ45, IDX80, dan IDX30.

 

4. Keuntungan Dividen Saham Blue Chip

Bener sih, ga semua saham blue chip membayar dividen. Dividen adalah pembayaran keuntungan rutin kepada investor dari pendapatan perusahaan. Perusahaan yang memberi dividen artinya sudah mapan.

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK