ARTIKEL
 

Pilih Mana, Beli Cash atau Pakai Kartu Kredit?

by Estrin Vanadianti Lestari - 13 Jan 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Masyarakat zaman sekarang, sukanya tinggal gesek pakai kartu kredit, benar nggak sih? Soalnya, kalo beli tunai atau cash, langsung nggak punya uang buat hidup sebulan ke depan!

Hahaha, emang iya ya? Gimana nih Kawan Visto, benar begitu nggak?

Mungkin iya, tapi semua kembali lagi pada kebutuhan dan gaya hidup masing-masing.

Pasalnya, ada yang wajib banget beli kopi Starbucks setiap pagi, ada yang selalu upgrade gadget keluaran terbaru, bahkan ada juga yang nggak mau berteman kalo tumbler-nya bukan Corkcicle.

Buat yang hidupnya sedang-sedang saja, alias menyesuaikan kemampuan, mungkin penggunaan kartu kredit sangat jarang dilakukan. Kecuali, untuk membeli barang penting dengan harga yang terlampau mahal.

Tapi, kalau disuruh pilih beli pakai cash atau gesek pakai kartu kredit, kira-kira Kawan Visto pilih mana? Hmm, daripada menerka-nerka, yuk coba intip perbedaan beli cash dan kartu kredit, beserta kelebihan dan juga kekurangannya.

 

Perbedaan Utama Beli Cash dan Kartu Kredit

Perbedaan utama antara membeli dengan uang tunai atau cash dan menggunakan kartu kredit adalah cara pembayarannya. Saat membeli dengan uang cash, kamu harus membayar seluruh jumlah harga barang atau jasa yang dibeli saat itu juga.

Sedangkan saat menggunakan kartu kredit, kamu hanya perlu membayar sebagian dari total harga dan sisanya dibayar dalam waktu yang telah ditentukan (biasanya dalam bulan-bulan berikutnya).

Namun, saat menggunakan kartu kredit, kamu akan dikenakan bunga dan biaya lainnya jika tidak membayar dalam waktu yang ditentukan. Hayoo, gimana? Pilih cash atau kartu kredit?

 

Baca juga: Tips Hidup Sesuai Kemampuan Bukan Kemauan, Jangan Maksa!

 

Kelebihan dan Kekurangan Beli Cash atau Tunai

 

Kelebihan

Kelebihan utama dari membeli dengan uang tunai (cash) adalah kamu tidak perlu khawatir tentang bunga atau biaya yang dikenakan saat menggunakan kartu kredit. Selain itu, membeli dengan uang tunai juga dapat membantu kamu mengontrol pengeluaran kamu dan menghindari overspending.

Beberapa toko atau penjual juga mungkin memberikan diskon atau potongan harga untuk pembeli yang membayar dengan uang tunai. Membeli dengan uang tunai juga dapat membuat kamu merasa lebih yakin dan aman dalam pengeluaran Kamu.

 

Kekurangan

Beberapa kekurangan dari membeli dengan uang tunai (cash) adalah:

  • Kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki cukup uang tunai saat akan melakukan pembelian.
  • Kamu tidak dapat menyimpan catatan pembelian yang sama seperti kartu kredit, sehingga dapat sulit untuk mengatur pengeluaran kamu atau mengecek pembelian kamu.
  • Kamu mungkin kesulitan dalam membeli barang atau jasa yang memerlukan jumlah uang yang besar, seperti pembelian, gadget, furniture, properti atau mobil.
  • Kamu tidak akan dapat mengumpulkan poin atau mengambil keuntungan dari program reward yang ditawarkan oleh kartu kredit.
  • Beberapa transaksi hanya dapat dilakukan dengan kartu kredit atau debit.

 

Baca Juga: Pengen Belanja? Kenali Dulu Perbedaan Kartu Kredit dan Paylater Ini

 

Kelebihan dan Kekurangan Beli Pakai Kartu Kredit

 

Kelebihan

Beberapa kelebihan dari menggunakan kartu kredit adalah:

  • Fleksibilitas dalam pembayaran: Kamu dapat membayar sebagian dari total harga barang atau jasa yang dibeli dan menyisihkan sisanya untuk dibayar dalam waktu yang telah ditentukan.
  • Manajemen pengeluaran: Kamu dapat mencatat dan melacak pembelian kamu dengan mengecek statement kartu kredit kamu.
  • Perlindungan pembelian: Banyak kartu kredit menawarkan perlindungan pembelian, yang melindungi kamu dari kerusakan, kehilangan atau pencurian barang yang dibeli dengan kartu kredit.
  • Reward dan poin: Beberapa kartu kredit menawarkan poin atau program reward yang dapat ditukar dengan hadiah atau diskon.
  • Kredit histori: Jika kamu selalu membayar tagihan kartu kredit kamu tepat waktu, ini dapat membantu kamu membangun histori kredit yang baik.
  • Kemudahan dalam transaksi: Kartu kredit dapat digunakan di berbagai tempat dan untuk berbagai jenis transaksi seperti online shopping, travel booking, dll.

 

Kekurangan

Beberapa kekurangan dari menggunakan kartu kredit adalah:

  • Bunga dan biaya: Jika tidak membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, akan dikenakan bunga dan biaya yang tinggi.
  • Risiko overspending: Dengan kartu kredit, kamu dapat membeli barang atau jasa yang mungkin tidak inginkan atau tidak dapat membayar, yang dapat menyebabkan masalah keuangan.
  • Risiko penyalahgunaan: Kartu kredit dapat digunakan tanpa persetujuan kamu jika kehilangan atau dicuri, sehingga kamu harus berhati-hati dalam menjaga kartu kredit kamu.
  • Ketergantungan: Beberapa orang menjadi terlalu bergantung pada kartu kredit untuk membayar pengeluaran mereka dan kesulitan dalam mengatur pengeluaran mereka tanpa kartu kredit.
  • Mempengaruhi kredit score: Jika kamu sering membayar tagihan kartu kredit kamu terlambat atau gagal membayar, ini dapat mempengaruhi skor kredit kamu.
  • Biaya tambahan: Beberapa kartu kredit memerlukan biaya tahunan, biaya pengiriman, dll.

 

Nah, itu dia beberapa informasi dari penggunaan cash dan kartu kredit beserta kekurangan dan kelebihannya. Baik dengan cash maupun kartu kredit, penting untuk digunakan dengan bijak dan dikelola dengan baik.

Mau hartamu berkembang biar masa depan nggak suram, meski hedon sekarang? Coba deh investasi! Kamu boleh kok beli apapun yang kamu mau, asal sisihkan beberapa persen untuk kebutuhan dan juga untuk investasi.

Kalau sudah disisihkan untuk investasi, kamu tinggal cari platform investasi yang aman dan terpercaya, seperti InvestasiKu!

Selain aman dan terpercaya, InvestasiKu juga memiliki fitur-fitur unggul, yang mungkin tidak dimiliki platform investasi lain.

Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan point di setiap transaksinya lho! Point bisa kamu gunakan, untuk membeli saham, obligasi atau reksadana, dan juga untuk belanja di jaringan CT Corp!

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO