ARTIKEL
 

10+ Aplikasi Keuangan Terbaik untuk Android dan iOS di 2023

by William Fernandes - 07 Feb 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Menurut survey yang dilakukan oleh Lifepal pada tahun 2021, ada 90,7% masyarakat Indonesia yang gak punya dana darurat dan hanya bergantung pada gaji.

 

Orang Indo Susah Nabung!

Dari data ini sudah jelas banget, kalau orang Indonesia masih sulit untuk mengatur keuangan bulanan dan juga menabung untuk masa depan

Namun kamu gak perlu khawatir, karena saat ini mengatur keuangan sudah tidak perlu menggunakan pembukuan keuangan, di mana sekarang bisa menggunakan aplikasi keuangan yang lebih praktis. Apa saja aplikasinya? Yuk, kita simak selengkapnya.

 

Aplikasi Keuangan Terbaik di 2023

 

1. Money Lover

Aplikasi ini telah diunduh dan digunakan hampir puluhan juta orang di seluruh dunia, Bahkan aplikasi keuangan terbaik nomor 1 ini masuk ke dalam Editor’s Choice.

Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam pencatatan keuangan pribadi dan pengguna dapat mengelompokkan pengeluarannya berdasarkan kategori tertentu.

Selain itu Money Lover juga punya fitur untuk menganalisis pengeluaran dan pemasukan yang paling besar dari masing - masing kategori.

Bahkan Money Lover juga memiliki fitur canggih yaitu grafit batang dan diagram lingkaran untuk memudahkan pengguna dalam memantau seluruh pengeluaran, pemasukan dan fitur pembayaran tagihan rutin.

 

2. Finansialku

Berikutnya adalah aplikasi mengatur keuangan dari PT Solusi Finansialku Indonesia, di mana kamu bisa  melakukan berbagai aktivitas seperti konsultasi online, tambahan informasi tentang keuangan dan pembelian produk keuangan melalui fitur di aplikasi ini, seperti:

  • Tanya Jawab
  • Rencana Keuangan
  • Edukasi Keuangan
  • Rekeningku
  • Investasi
  • Event
  • Asset
  • Laporan Keuangan
  • Dan Transaksi Berulang

Menggunakan Aplikasi ini untuk mengatur keuangan terbukti akan membuat kondisi finansial kamu jadi lebih baik, di mana pemasukan dan pengeluaran akan lebih tercatat dan dapat diatur sedemikian rupa.

 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Saham Modal Kecil Banyak Untung

 

3. Mint

Jika kamu adalah orang yang suka lupa membayar premi asuransi atau tagihan listrik setiap bulan, aplikasi Mint cocok banget digunakan untuk kamu!

Kenapa harus menggunakan aplikasi Mint? Karena aplikasi ini akan mengingatkan kamu untuk membayar berbagai macam tagihan setiap bulannya.

Selain itu, aplikasi ini juga dipakai untuk menyusun anggaran atau budgeting dan memastikan kalau pengeluaran yang kamu miliki gak lebih besar daripada pemasukan.

Ada satu keunggulan dari aplikasi Mint yaitu kamu bisa memiliki banyak kategori yang dapat mempermudah dalam mencatat pengeluaran.

Misal kamu menghabiskan dana sebanyak Rp25.000 untuk makan siang, maka akan segera tertulis pengeluaran tersebut dalam kategori “Food”.

 

4. Monefy

Selanjutnya adalah aplikasi keuangan yang unik dengan ikan di setiap kategorinya, sehingga membuat tampilan menjadi lebih segar dan menarik.

Di halaman awal, kamu akan melihat diagram lingkaran yang berisi rekap data pengeluaran kamu per kategori.

Mulai dari kebutuhan rumah, transportasi, makanan, pakaian, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Di sana kamu bisa melihat kategori mana  yang paling banyak kamu menghabiskan uang.

Selain itu, kamu gak perlu khawatir jika ingin berganti gadget atau gadget yang kamu miliki rusak, karena dengan aplikasi Monefy kamu dapat menyimpan data di Google Drive dan juga Dropbox.

Kamu juga bisa mengimpor data dari cloud storage tersebut jika ingin memindahkan data ke perangkat baru.

Namun, ada satu hal yang menjadi kekurangan dari Monefy yaitu terbatasnya ketersediaan mata uang untuk ditampilkan dan tidak menyediakan pilihan mata uang rupiah.

 

5. Wallet

Berikutnya adalah aplikasi pengatur keuangan terbaik dan gratis yaitu Wallet.

Namun kamu juga bisa menggunakan fitur lebih lengkap dengan biaya langganan yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp28.000 per bulan.

Terus, apa aja sih fitur yang ada di aplikasi wallet? salah satu fitur terbaik dari aplikasi Wallet adalah memudahkan pengguna mengimpor transaksi dari file jenis spreadsheet. Jadi, kita gak harus memasukan rincian transaksi secara manual lagi.

Pengguna juga bisa menghubungkan Wallet dengan berbagai aplikasi mobile banking, dimana seluruh transaksi yang dilakukan di m-banking akan tercatat dalam Wallet secara otomatis hingga ada juga fitur pembuat rencana pembayaran yang disertai dengan pengingat.

 

6. Penny

Selanjutnya adalah aplikasi keuangan pintar khusus pengguna iOS, di mana salah fitur canggih aplikasi ini bisa diajak untuk ngobrol tentang situasi keuangan yang kamu miliki saat ini.

Dengan pertanyaan yang tepat, aplikasi ini akan menjawab segala masalah keuanganmu dengan tepat juga.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Penny yaitu sebagai berikut: 

  • Informasi tentang berapa banyak uang yang telah dihabiskan.
  • Informasi tagihan apa saja yang harus dibayar.
  • Informasi mengenai tagihan apa saja yang naik tarifnya.

Selain itu, aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis, namun jika kamu ingin membeli versi yang berbayar maka kamu akan mendapatkan fitur tambahan lainnya.

 

Baca juga: 5 Tips Hidup Tenang Tanpa Utang di Usia 20 Tahun

 

7. Spendee

Berikutnya adalah aplikasi mengatur keuangan yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak rencana keuangan di masa depan.

Seperti liburan, biaya pernikahan, dan pendidikan anak. Dengan Spendee, kamu bisa membuat rencana keuangan untuk berbagai momen penting.

Aplikasi ini akan memberikan kamu reminder atau pengingat untuk menyisihkan sebagian pemasukan agar mewujudkan rencana keuangan yang ingin kamu miliki di masa depan.

Selain itu dari segi tampilan aplikasi, Spendee sangat atraktif dan cocok banget untuk anak muda, dimana kamu juga bisa melihat infografis dari keuangan kamu dalam beberapa waktu terakhir.

Kamu juga bisa memilih untuk memperlihatkan data keuangan dalam satu minggu, satu bulan dan, satu tahun terakhir.

 

8. Lunasbos

Berbeda dari aplikasi keuangan yang sudah disebutkan tadi, aplikasi ini menjadi satu-satunya aplikasi untuk mengatur utang piutang.

Dimana aplikasi Lunasbos dikhususkan bagi dua belah pihak yang terlibat dalam transaksi utang piutang atau pinjam meminjam uang.

Cara kerja nya adalah, pemilik utang dan pemberi utang harus sama-sama memasang aplikasi Lunasbos di smartphonenya dan aplikasi ini akan melakukan sinkronisasi transaksi di kedua belah pihak.

Pemberi utang dapat mengatur waktu jatuh tempo atau pelunasan utang. kemudian Lunasbos akan memberikan pengingat secara otomatis kepada pihak yang memiliki utang untuk segera melunasinya.

Jadi, gak ada lagi tuh cerita teman kamu dan gak bayar utangnya.

 

9. 1Money

Kalau kamu adalah orang yang mudah bosan dengan tampilan aplikasi di ponsel, maka 1Money ini cocok untuk kamu dalam mencatat keuangan.

Selain punya fitur pencatatan keuangan yang bagus, 1Money juga memiliki tampilan menarik juga yaitu menyediakan berbagai macam warna yang dapat diganti sesuka hati oleh penggunanya.

Ketika membuka aplikasi ini, kamu akan melihat halaman awal yaitu rangkuman dari seluruh pengeluaran yang kamu lakukan dalam satu bulan.

Setiap kategori digambarkan dengan warna yang berbeda, sehingga memudahkan pengguna untuk membacanya.

Kamu juga bisa menambahkan seluruh data pengeluaran setiap hari dengan lebih mudah. Di bagian ata aplikasi, akan tertera jumlah pengeluaran serta saldo yang masih tersisa.

Jadi, kamu akan bisa lebih bijak dalam mengatur pengeluaran setiap harinya.

 

10. Money+

Selanjutnya adalah aplikasi Money+ yang memiliki fitur serta tampilan yang canggih.

Di halaman awal ketika membuka aplikasi ini, kamu bisa memasukan apa saja pengeluaran dan pemasukan yang kamu miliki dengan icon yang lucu dan menarik mata.

Selain itu ada juga fitur “dompet”, yaitu fitur yang memudahkan kamu untuk menyesuaikan budget seperti khusus untuk pengeluaran, investasi, dan pendidikan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang cukup banyak, namun bisa kamu gunakan secara gratis, tetapi jika ingin memiliki fitur yang lebih banyak kamu bisa menggunakan fitur berbayar.

 

11. InvestasiKu

Dan terakhir adalah aplikasi InvestasiKu, aplikasi ini memiliki fitur yang sangat banyak dan memudahkan untuk mencapai target finansial yang kamu inginkan.

Mulai dari tampilannya yang simple & user friendly, selain itu kamu juga bisa registrasi online untuk membuat akun rekening saham di mana dengan aplikasi InvestasiKu kamu bisa membeli produk keuangan mulai dari Saham, Obligasi, dan Reksadana.

InvestasiKu juga terhubung dengan ekosistem CT Corpora yang memudahkan kamu untuk mendapatkan keuntungan seperti Membership, Point, dan Coupon.

Selain itu, ada fitur Rencana Keuangan yang akan membantu kamu dalam mengatur keuangan. Tunggu apalagi, yuk download aplikasi InvestasiKu sekarang juga!

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO